Sukses Membuat Roti Unyil

Sungguh sedih ketika mendapati roti unyil yang sudah dibuat beragam model cantik, tiba-tiba matang kering setelah keluar dari oven. “Apa yang terjadi ya?” Selidik punya selidik, ternyata ada beberapa hal yang belum dilakukan secara benar.

Roti Unyil adalah jenis roti biasa, dengan teknik membuat roti apa saja, tapi ukurannya super kecil. Timbangan tiap adonannya adalah 8 s/d 10 gram saja. Karena ukuran yang super kecil inilah kemudian masyarakat menamakannya Roti Unyil. Unyil dalam bahasa sehari-hari artinya sama dengan sangat kecil.

Dari pengalaman berkali-kali membuat roti, dapat disimpulkan bahwa sukses membuat roti unyil minimal harus melewati proses sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan sesuai resep. Bahan berkualitas bagus akan menghasilkan roti yang bagus pula.
  2. Lakukan proses pembuatan adonan roti persis seperti yang diminta resep. Pastikan adonan yang dihasilkan kalis dan elastis. Tanda-tandanya:
    – bila dibulatkan akan licin permukaannya; dan
    – bila ditipiskan tidak akan mudah robek.
  3. Timbang potong adonan @8 atau 10 gram, lalu bulatkan mulus. Diamkan selama 15 menit.
  4. Kempiskan tiap bulatan, lalu isi dan bentuk sesuai selera. Tata roti diatas loyang yang sudah dipoles mentega atau dialas baking paper.
  5. Lakukan fermentasi akhir selama 1 jam disuhu ruang. Bila roti sudah terlihat mengembang sempurna dan terasa ringan. Segera poles permukaannya dengan susu, kemudian panggang dalam oven yang sudah panas, suhu 180’C. selama 15 menit saja.

Waktu pemanggangan menjadi perihal yang sangat penting, mengingat ukuran roti yang sangat kecil.
Bila pada umumnya roti membutuhkan waktu panggang 20 s/d 30 menit disuhu 180ºC, pada roti unyil cukup dipanggang hingga terlihat bagian atasnya kuning kecoklatan saja, langsung angkat. Waktu rata-rata yang dibutuhkan saat memanggang roti unyil adalah 10 s/d 15 menit saja.

Kasus roti unyil yang matang tapi kering, dipastikan karena waktu fermentasi akhir kurang lama dan dipanggang dalam oven terlalu lama. Roti menjadi garing dan kriuk.

Nah, ketahuan deh salahnya dimana. Jangan sedih lagi ya! Yuk, semangat bikin lagi! (fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

Leave a Comment