Kaastengels Bunga

Bosan bentuk stick? Cetak saja dengan cetakan kuker bunga, jadinya cantik lho!

Kaastengels Bunga

Fatmah Bahalwan

Bahan:

300 gr  mentega
200 gr  keju tua parut
400 gr  tepung terigu protein sedang
2 sdm   susu bubuk
2 btr     kuning telur

Bahan olesan:

3 btr     kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair

 Taburan:

Keju cheddar parut

 Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, asal tercampur rata. Masukkan keju, aduk rata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata.
  2. Tipiskan adonan dengan bantuan plastik lembaran, oles dengan bahan polesan, taburi keju cheddar parut.
  3. Cetak bentuk bunga, tata di loyang. Oven hingga matang dengan suhu 125 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang.

 

68 Comments

  • Reply
    artanti
    June 21, 2013

    Assww,
    Mo tanya Bu…. Cara Membuat untuk poin ke 2, jadi mengoles n menaburkan kejunya sebelum dicetak? Begitu Bu….?

    Thx sblmnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 22, 2013

      Bisa sebelum atau sesudah dicetak, yang mana yang mudah buat kamu aja 🙂

      • Reply
        artanti
        June 22, 2013

        Thx Ibu, maaf Bu usia saya ….55 tahun ..

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          June 24, 2013

          Oooh, maafkan saya memanggil nama. Salam kenal dan salam manis 🙂

  • Reply
    Ririn
    July 15, 2013

    Assalam, bu mau nanya nih. keju parut tua itu apa yah maksudnya ? terus kalau pakai tepung terigu yang biasa (tidak berprotein sedang) bisa gak yah ? terimakasih 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 15, 2013

      Keju tua yang diparut. Keju tua contohnya keju edam yang bola merah itu. Bisa pakai tepung terigu biasa.

      • Reply
        Nur
        July 18, 2013

        Bunda, selain Keju Edam, jenis keju tua yang lain yang bisa digunakan untuk Kastengel apa lagi ya ?

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          July 21, 2013

          Keju parmesan blok, keju gouda tua,.. Saat ini sih dua jenis itu yang tersedia di Indonesia.

  • Reply
    Astri
    July 17, 2013

    Dear NCC,
    Saya mau tanya:
    1. Kapan susu bubuk dimasukkan ke adonan? Apakah perlu dicampur rata dgn tepung terlebih dahulu?
    2. Seandainya tidak ada susu bubuk, apa alternatifnya?
    Terima kasih.. 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 21, 2013

      Hi Astri,
      Susu bubuk dimasukkan bersama terigu, sudah dikoreksi di atas ya, terimakasih sudah diingatkan. Betul, sebaiknya dicampur rsta dulu dengan terigu. Untuk penambah aroma, susu bubuk tidak ada penggantinya. Namun bisa saja diskip, diganti terigu sejumlah sama. Kue akan tetap jadi.

  • Reply
    Maharani
    July 30, 2013

    Gimana caranya agar kastangelnya renyah serta keju yang ada didalam terasa parutan kejunya, soalnya aku bikin sukanya kejunya g kerasa parutan keju( biar keju di dalam kastangel kering),tks

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2013

      Parut keju kasar-kasar, angin-anginkan atau dinginkan sebentar di kulkas agar kering. Panggang kaastengels dengan suhu rendah 125-140 derajat Celsius hingga renyah.

  • Reply
    intan
    July 30, 2013

    Apa betul suhu panggangnya cukup 125 C? karena setelah saya coba 2 kali, suhu 125 derajat itu bikin kuenya tidak matang di bagian tengah, sudah dipanggang lebih lama tetap saja hasilnya kurang matang.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2013

      Betul, Intan. Jika kurang matang, bisa jadi suhu ovenmu terlalu rendah atau memanggangnya kurang lama. Kamu bisa naikkan sedikit temperatur panggang menjadi 130-140 derajat, atau panggang lebih lama lagi. Oven tiap orang berbeda-beda, kenali dan sesuaikan. Untuk hasil yang renyah, kue kering sebaiknya dipanggang suhu rendah dengan waktu yang lama.

  • Reply
    Dewi
    August 30, 2013

    waah kastengelnya ok sekali, saya suka dgn warna sesdh di oven keliatan menarik.
    gimana caranya ya?ada yg bilang selain kuning telur plus susu, juga dikasih garam dan mentega cair sedikit. Tp apa nggak bikin kukisnya jadi basah?kira-2 perbandingannya berapa gitu biar pas. Trimakasih banyak seblomnya mbak

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 31, 2013

      Kukis tidak akan menjadi basah karena dipanggang hingga kering. Kurang lebih 2 kuning telur + 1 sdm susu +1 sdt mentega cair. Garam tidak perlu lagi, kecuali selera anda menyukai tambahan rasa asin.

  • Reply
    irma
    December 19, 2013

    bu mau tanya, pakai apinya bawah saja atau api bawah dan atas ?
    untuk pembuatan nastar juga menggunakan api apa ?
    terima kasih yaa bu, salam hangat….

  • Reply
    reni
    March 27, 2014

    Bu maaf mau Tanya ,di resep Bu fatmah satu lagi ada bahan menggunakan whipped cream itu fungsinya buat apa ya Bu ,Dan whipped creamnya yang cair atau yang bubuk,mohon pencerahannya ya Bu ,terima kasih banyak bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 29, 2014

      Fungsinya untuk penambah rasa lezat, bu. Whipping cream cair ya..

      • Reply
        ratna
        June 29, 2015

        Assalamu alaikum bu fatmah…apabila diberi tambahan whipping cream,apakah jumlah telur dikurangi apa tidak dan berapa jumlah whipping cream yg ditambahkan…terima kasih

  • Reply
    isma
    April 13, 2014

    hai mba, sy sdh cb resep nastarnya sm bolu meranti nya ueeenak sekali hehehe mksh y pdhl sy msh belajar bikin kue tp Alhamdulillah sukses… cm sy cb resep kastangelnya kok agak2 pait y? apa karna rasa keju edam spt itukah? atau ada yg slh di adonan sy? tp sy sdh merasa sesuai step by step… oh y sy msh rancu perbedaan margarin sm mentega ini. karna penapsiran orng trnyata beda2…. klo di resep ncc ini mentega=butter y? spt wisman gt? tp sy pakenya blue band , wisman paling sy tmbhin 1 sdm saja… blm prnh sih nyoba pk wisman scara keseluruhan, pasti enak skali y mba, dan mahaaaal hhehe sy mau cb lg resep kastangelnya next time mdh2 an gada sdikit rasa pait lg…. tp sy menduga sih dr kejunya y mba? sy pk keju apel merah itu… mksh bnyk pencerahannya mba. sukses sll

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 19, 2014

      Rasa pahit biasanya muncul dari keju yang sudah kurang baik atau agak hangus ketika dipanggang. Beda mentega dan margarin ada di arsip artikel, coba cari di index artikel deh.

  • Reply
    Dini
    June 2, 2014

    Halo mbak 😊, mau tanya dong Kenapa kastengle yang saya buat rapuh ya? Pengaruh dari adonan, bentuk atau pemanggangannya ya?Kalau kastengle nya agak tebal jadi tidak garing, tp kalau terlalu tipis jadi rapuh.. Mohon info nya yah thank you ☺️

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 3, 2014

      Terlalu rapuh bisa disebabkan karena pemakaian full butter tanpa ada campuran margarin sama sekali, atau pengocokan terlalu lama, atau memang terlalu tipis. Kaastengels yg tebal membutuhkan waktu panggang lebih lama dengan suhu rendah 140 derajat celsius, in syaa Allah garing.

  • Reply
    asri
    July 2, 2014

    Asslkm. Bu Fat kalau saya pingin tekstur kastengelnya yg ngeprul atau lumer dimulut spt nastarnya bu fat untuk resep di atas yg perlu ditambah apanya bu. Mohon pencerahannya terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 4, 2014

      Resep ini tidak perlu diubah lagi, karena tekstur kaastengels memang ngeprul, tidak lumer di mulut seperti nastar.

  • Reply
    July 6, 2014

    Kalau kejunya diganti dg keju cheddar aja bisa ga?pengaruhnya thd kue gimana or cm mmpengaruhi rasa aja?gimana caranya agar kastangel tahan lama disimpan (tidak buluk or tengik)?? Mhon pnjelesannya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Pengaruh besar terhadap rasa.
      Panggang suhu rendah hingga renyah betul, dinginkan hingga dingin betul, simpan wadah kedap udara bersama silica gel. Jika kadar air minimal, kue akan tahan lama.

  • Reply
    eva
    July 11, 2014

    assalamu’alaikum bu fatmah. resep kuenya hanya pakai mentega ya bu? apa perlu pakai margarin juga? seperti dalam adonan kue nastar.
    thx

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Bisa dicampur margarine, bisa margarine semua. Sesuai selera saja.

  • Reply
    Gusty
    July 12, 2014

    Hay mba,,mw nanya saya bingung nigh mentega n margarin itu paa beda x ??
    makasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 14, 2014

      Beda. Penjelasannya ada di menu artikel, cari judulnya Beda Mentega dan Margarin.

  • Reply
    dina
    July 13, 2014

    Siang..
    Mbak, maaf kalau pertanyaannya OOT. adakah resep kue kering akar kelapa dr NCC? dari dulu pengen bgt coba bikin kuenya sendiri hehe. Terima kasih

  • Reply
    Ari
    July 16, 2014

    Cuma mau bilang,,,, resep2 nya ncc itu ajib banget,,,,, thanks ncc,,,,

  • Reply
    iedha
    July 17, 2014

    ass bun….tnya lg ni soal kastangeelnya..
    lo seandainy keju edamnya diganti cheddar biasa,,brpkah komposisinya,plus gmn perlakuannya..pa bnr klo pke keju cheddar biasa hrus dtmbah garam lg,dn brpa pnambahannya. thanks bun…www.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2014

      Bila diganti cheddar biasa, jumlahnya sama dengan edam. Masukkan keju cheddar parut ke dalam kulkas sebentar supaya lebih kering. Aroma dan rasa cheddar tidak sekuat edam, karena itu orang menambahkan garam. Ini tergantung selera saja. Jika ingin ditambah garam, ukurannya bisa 1/2 hingga 1 sdt.

  • Reply
    Annisa
    July 22, 2014

    Bu hasil kastengel saya ko melebar ya bentuknya stlh di oven, tolong pencerahannya dong bu 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2014

      Terlalu lama mengocok margarin. Kocok 1 menit saja.

  • Reply
    Wiwi
    July 24, 2014

    Kalo pengen ditambahin keju bubuk komposisi nya seperti apa ya mbak? Tks

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 24, 2014

      Tidak perlu ditambah keju bubuk, karena penggunaan keju edam dalam jumlah yg cukup significant sudah menghasilkan rasa keju yang kuat.

  • Reply
    October 7, 2014

    Bu. Kalo saya pingin kastengelnya crisspy garing gt apa bs kuning telurnya ditiadakan? Krn kan kuning telur dikenal utk membuat kue jd moist. Apa diganti putih telur atau penambahan sedikit emplex? Krn selama ini saya tidak pernah bs membuat kastengel yg garing crisspy gt pdhl adonan sudah tipis. Lalu kalo saya ingin edamnya lebih nggigit pengaruhnya apa kalo edamnya saya tambah komposisinya? Apa jd benyek? Mohon infonyaa 😘

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 22, 2015

      Hallo Nanda, sudah dibuat kaastengelnya? Coba dibuat dulu persis seperti perintah yg ada diresep insya Allah anda akan mendapatkan kaastengel yg krispi tanpa harus merubah apapun. Percaya deh!.

  • Reply
    June 25, 2015

    Mbak, untuk kastengel bisa nggak ya kita bikin dengan campuran nanas parut ?

  • Reply
    Rena
    June 26, 2015

    Satu resep itu jadi berapa toples ya?

  • Reply
    Dilla
    July 1, 2015

    ●๋•αѕѕαℓαмυ’αℓαιкυм..●๋• bu fatma saya мαů tanya pemakaian keju Чªñg di parut dan di angin2 kan itu posisi keju udah ditimbang 200 gram атôω belum di timbang

  • Reply
    Yani
    August 18, 2015

    Bu saya sudah coba resepnya. Bener Bu renyah banget tp jadi rapuh sekali, dicolek aja hancur. Itu kira kira karena kesalahan dimana ya Bu? Terima kasih

  • Reply
    Indri
    May 14, 2016

    Selamat malam bu Fatimah, salam kenal…sy baru kali ini mau coba buat kuker lebaran.. cari2 resep nemu NCC ini. Mdh2an resepnya bisa sy aplikasikan buat anak2 dan suami tercinta skalian buat usaha kalo bisa 🙂
    Karena saya ga ngerti sama sekali jd mau tanya suhu oven listrik saat panggang kue apakah selalu setel api atas dan bawah bu? mhn pencerahan.. terima kasih bu Fatimah, Salam Sukses selalu buat Ibu

  • Reply
    henny
    June 2, 2016

    Bunda, kalo mengolesi si kuning telur ketika 3/4 pemanggangan mempengaruhi tekstur si kastangel nya ga yA? Soalnya aku kmrn buat sblm dipanggang sudh sy olesin kuning telor nya, pas sy cek di oven wrn nya krg kuning mencilat gitu, jd diolesin lg lah pas hampir matang, cuma kok keju di atas nya jd ga renyah ya bun, setelah matang dan dingin .. Mohon bantunnnya bunda.. Mksh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 17, 2016

      Pengaruh si topping kejunya jadi tersaput telur lagi, jadi kurang renyah. Si kaastengels gak perlu sekinclong nastar, karena yg jadi hiasan utama adalah keju parut.

  • Reply
    Kiky
    June 7, 2016

    Assalamu’alaikum bu fatma, boleh saya tanya soal mentega 300 gram yg sesuai resep ibu, yg bagus merek apa? Orchid, anchor atau yg lain?.. Apa kalo full mentega rasanya lebih mantap dan gak mudah hancur?
    Saya masih suka galau soal penggunaan mentega ini, mengingat harganya yg mahal. Kalo diganti dengan RBS perbandingan dgn margarin segimana bu? Apa rasanya akan beda? Mohon pencerahannya.. Wassalam

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 17, 2016

      Paling aman gunakan 1:1 dengan margarin. Atau gunakan margarin semua juga aman. Bisa pakai wijsman atau anchor.

  • Reply
    Dina
    June 11, 2016

    Assalamualaikum ibu..untuk terigunya harus disangrai dulu ndak ya?
    Cara memanggang, apa setengah matang dikeluarkan dulu lalu dioles telur, tabur keju? Kadang keju cheddar cpt gosong. Terima kasih bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2016

      Wa ‘alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh. Bisa juga seperti itu. Tapi saya tidak pernah melakukannya. Keju cepat gosong biasanya untuk keju merk tertentu saja atau kalau api atas terlalu kuat.

  • Reply
    Adesti
    June 28, 2016

    Assalammualaikum bu, mau tanya kalo mentega di ganti full butter gmn? Atau full margarine, karen di tempat ku ndak ada mentega bu…terimakasih

  • Reply
    April 19, 2017

    enak tuh gan keliatannya

  • Reply
    enny
    May 10, 2017

    Bu Fat, ini sebaiknya pakai terigu protein rendah atau sedang ?

  • Reply
    Vinna
    May 17, 2017

    Salam
    Bunda bisa kan resep ini di bagi 2, saya takut gagal jd mau bikin setengah resep nua

Leave a Comment