Reportase Kursus: Lezatnya Siomay dan Batagor Pasti Karena Bumbunya

Ketika disebut kata Siomay dan atau Batagor, pasti setiap orang akan ingat kota Bandung. Benar sekali, karena oleh-oleh makanan yang paling terkenal dari kota Bandung salah satunya adalah siomay dan batagor. Rasanya yang khas ikan gurih dengan tekstur yang lembut, tak seorangpun mampu menolaknya. Akan tetapi kedua makanan ini takkan terasa lezat bila tidak disajikan lengkap dengan bumbu kacangnya yang lezat. Nah, kelezatan bumbu kacang inilah yang menjadi rahasia tersendiri dalam membuatnya.

Kursus Memasak dan Membuat Kue Natural Cooking Club (NCC), secara rutin setiap bulan mengadakan kursus Siomay Bandung dan Batagor. Dalam kelas yang menjadi salah satu favorit ini, selalu dipenuhi dengan peserta yang semangat sekali ingin menjadikan siomay Bandung dan Batagor sebagai salah satu varian jualannya atau sajian makanan istimewa dirumah.

Kali inipun demikian juga. Peserta semangat membuat adonan pada kelompoknya masing-masing. Kemudian merekapun membentuk siomay dengan beragam bentuk sesuai pelajaran yang didemokan terlebih dahulu oleh Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur saat itu. Mulai membuat Siomay yang menggunakan kulit pangsit. Siomay tahu. Siomay telur. Siomay pare. Siomay kol. Kemudian dilanjutkan dengan membuat Batagor yang mirip modelnya seperti Batagor Bandung. “Ayo jangan lupa dihitung, berapa banyak siomay didapat dalam setiap resep!”, Fatmah mengingatkan agar setiap peserta kemudian dapat menghitung harga jual. Ditemukan kemudian bahwa satu resep menjadi  50 buah siomay aneka model.

Dalam kesempatan itu juga diberikan pelajaran bagaimana caranya memilih jenis ikan yang cocok digunakan untuk membuat Somay Bandung & Batagor. Ikan Tengiri menjadi pilihan yang paling mudah didapat. Apalagi bila peserta berdomisili di Jakarta. Karena di ibu kota negara ini ikan tengiri hampir selalu ada disepanjang tahun. Meskipun musim angin barat tiba, ikan tengiri tetap ada. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membuat siomay.

Pelajaran yang paling dinanti adalah membuat bumbu Siomay. Bagaimana sih membuat bumbu siomay yang tekstur kacangnya masih terasa tapi bumbunya tetap krimi dan lezatnya?. Semua pertanyaan terjawab saat didemokan dan diberi pelajaran membuat bumbu siomay dimulai. Semua peserta tampak takjub dan baru kali ini mengetahuinya. Knorr Chicken Powder menjadi salah satu bumbu andalan untuk mendapatkan bumbu yang gurih tajam dan sangat enak.

Kehadiran Knorr chicken Powder tidak hanya untuk mendapatkan bumbu yang lezaat, tapi juga rasa siomay dan batagor yang sempurna.

Nah, jangan pernah menguasai cara membuat siomay dan batagor, tanpa menguasai cara membuat bumbu kacangnya. Semangat ya!.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Kuis: 

  1. Berapa jumlah Siomay didapat pada satu resep kursus Siomay & Batagor NCC
  2. Selain Chicken Powder, Knorr memiliki rasa lain. Apakah itu?

 

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment