Sus Isi Vla

Pastikan tepung terigu teraduk rata, kalis dan matang. Panggang dalam oven suhu tinggi dan selalu gunakan tepung terigu protein tinggi untuk hasil yang sempurna.

Sus Isi Vla

by Fatmah Bahalwan

Bahan Kulit:

225 ml        air
100 gr        margarin
1 sdm         gula pasir
125 gr        tepung terigu protein tinggi
4 btr           telur

Cara membuat:

  1. Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.

Bahan Vla:

700 cc        susu cair
150 gr        gula pasir
50 gr          tepung maizena
¼ sdt          garam
2 btr           kuning telur
1 sdm         mentega
Rum secukupnya bila suka

Cara membuat:

  1. Cairkan maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, cairkan dengan sedikit susu, satukan dengan cairan maizena, sisihkan.
  2. Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran maizena, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Angkat. Panas-panas, masukkan 1 sdm mentega, aduk rata. Tutup permukaan vla dengan plastik agar vla tidak “berkulit”, biarkan hingga dingin.

Penyelesaian:

  1. Sobek atau gunting sedikit setiap kulit sus.
  2. Masukkan vla kedalam plastik segitiga, isikan pada kulit.
  3. Taburi dengan gula halus, sajikan.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

68 Comments

  • Reply
    Danica
    August 25, 2013

    Mbak Fatmah, untuk memanaskan oven itu biasanya butuh waktu berapa lama sebelum adonan dimasukkan ya? Kalau menggunakan oven listrik, apakah sama waktu pemanggangan dan suhu yang digunakan?
    Terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 28, 2013

      Minimal 15 menit untuk oven ukuran sedang. Semakin besar oven, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskannya. Waktu pemanggangan dan temperatur untuk oven listrik sama. Namun demikian, kenali ovenmu dengan baik untuk mendapatkan hasil sempurna.

  • Reply
    Anna
    September 8, 2013

    Mba Fatimah,
    Dalam resep bahan isi Vla nya ada 1 sdm mentega, tapi tidak dijelaskan dlm cara membuatnya. Tolong diperjelas kembali ya mba. Terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 15, 2013

      Hi Anna, terimakasih atas koreksinya. Sudah dikoreksi di atas ya.

  • Reply
    lilyn
    October 31, 2013

    hi mba Fatimah,

    hasil kulit sus yg saya buat dgn resep ini sedikit keras, agak seperti kulit roti tawar. pertanyaan saya apakah texture kulit sus dgn resep ini memang seperti itu? karena kue sus yang biasa saya beli di pasar texture kulitnya lembut tidak seperti kulit roti tawar. apakah tepung terigunya boleh saya ganti dengan tepung segi tiga biru (all purpose flour).

    Makasih,
    Lin

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 11, 2013

      Boleh saja diganti tepung segitiga biru, lalu tambahkan 1 sdt baking powder ke dalam tepung, agar kue sus tetap kokoh berongga. Kulit sus resep ini memang seperti demikian, namun dia akan menjadi lembut ketika dingin.

  • Reply
    wulan
    December 10, 2013

    Bu Fat, kalau jenis ovennya oven tangkring bagaimana, panasnyakan sesuai dengan besarnya api, tapi kalau api besar biasanya gosong duluan..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 10, 2013

      Untuk kue sus gunakan api besar. Beri pasir di bagian bawah oven supaya kue tidak cepat gosong dan panas oven lebih merata. Kenali dengan baik ovenmu.

  • Reply
    Sevly
    March 31, 2014

    Selamat malam Bu Fatmah. Saya mau tanya apakah memang di resep kulit soes memakai gula pasir ya. Gunanya utk apa Bu?
    Saya mencoba dari resep kulit yg lain, kalau sdh dingin kenapa kulitnya jadi lembek ya. Gimana caranya supaya kulit soes tetap garing? Terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 2, 2014

      Ada resep kulit soes yg memakai gula pasir, ada yang tidak. Gula berfungsi memberi keseimbangan rasa dan tekstur. Umumnya kulit soes yang memakai gula memang teksturnya sedikit lembut, tidak garing total. Kalau ibu mencari yang crispy seperti kulit soes merdeka, bisa coba resep lain yg tidak menggunakan gula, contohnya resep ini pennylanekitchen.wordpress.com/2005/07/31/choux-pastry-aka-kue-sus/

  • Reply
    anne
    May 26, 2014

    bu, saya ingin menanyakan beberapa hal:
    – margarin pada resep kulit apakah bisa diganti dgn mentega? apakah penggunaan mentega akan mempengaruhi kelembutan kulit?
    – kalau saya ingin menambahkan rhum pd resep vla apakah mentega disa dihilangkan? atau dipakai saja keduanya, rhum dan mentega?

    trima kasih bu, maaf pertanyaannya banyak hehehe…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 27, 2014

      Halo Anne,
      – bisa. Pakai mentega mempengaruhi rasa lebih enak, dan harga lebih mahal, haha..
      – mentega pada vla tidak perlu dihilangkan, gunakan saja dua-duanya.
      Dimaafkan. Maafkan kami juga ya. Mau bulan Ramadhan nih 🙂

  • Reply
    Annisa
    July 29, 2014

    Bu mau tanya nih, klo bikin vla dgn resep ini berarti telurnya mentah ya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2014

      Matang. Coba baca lagi resepnya dengan seksama.

  • Reply
    sari dewi
    August 19, 2014

    bu fatmah, klo mo bikin vla durian gimana caranya? apakah daging duriannya langsng dimasak bersama semua bahan2 vlanya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 23, 2014

      Vla Durian dapat dibuat dengan menambahkan langsung daging durian yg sudah diblender kedalam vla yang sudah jadi. Aduk rata.

  • Reply
    Muzalifah
    August 23, 2014

    Saya sudah coba.. Rasanya mantap.. Terimakasih untuk resepnya bu..

  • Reply
    Rizky
    September 9, 2014

    hai, bu Fatmah…
    Saya baru pertama kali nyoba resep ini dan alhamdulillah lumayan sukses, rasanya juga enak sekali..!
    Tapi setelah saya panggang dlm waktu 1-2 jam buih2 pada permukaan soes tdk kering2, akibatnya kulit soes terlalu garing tetapi bagian dalamnya terlihat kurang matang..
    Saya panggang dgn panas 200 C di 20 menit pertama, selanjutnya 170 C sampai buih2 tsb mengering.. Apa penyebabnya krn adonan tdk dikocok dgn mixer dan penggunaan telur yg krg byk ya, bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 16, 2014

      Lho apakah kamu tidak mengocok adonan dan mengurangi telur? Bila kamu buat sesuai resep dan panggang sampai buihnya hilang pasti kulit kue sus akan garing lembut dan enak. Jangan rubah resep ya. Ikuti saja persis insya Allah pasti jadi bagus.

  • Reply
    Annisa
    October 10, 2014

    Bu fatmah waktu memanggang sus ini kira2 brp menit ya? Dan apakah saat memanggang terus memakai suhu 200’C atau ada saatnya diturunkan suhunya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 12, 2014

      Suhu tidak perlu diturunkan. Kurang lebih 30-40 menit.

  • Reply
    Retno
    October 23, 2014

    Salam kenal bu Fatmah. Senang sekali saya menemukan resep kue sus ini. Saya sudah mencobanya dan berhasil membuat sus yang indah dan enak. Tapi ada sayangnya lho bu…. bagian bawah susnya GS alias gosong. Bagaimana ya bu caranya supanya tidak gosong. Apa harus mengurangi suhu oven atau mengurangi waktu memanggang ? Oya, saya memangganggangnya dengan suhu 200 dercel selama 35 menit. Terimakasih banyak bu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 26, 2014

      Umumnya gosong di bagian bawah sus dikarenakan letak api cukup dekat dengan loyang. Atasi dengan meletakkan loyang di rak tengah atau rak atas, atau letakkan loyang besar berisi pasir di rak paling bawah atau di dasar oven untuk meredam panas berlebih. Suhu oven sudah benar.

  • Reply
    Devi
    October 30, 2014

    Bu, saya udah buat kue sus ini tapi kenapa ya bu, pas dingin kue-nya jadi kempes/ menyusut lalu berat kaya bantat gitu. Apa karena saya ganti mentega jadi butter ya bu? kalo rasanya sih enak… Sebelumnya makasih ya bu =)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 7, 2014

      Pemanggangan kurang lama. Sus sudah harus kokoh dan kering ketika dikeluarkan dari oven. Cirinya, sudah tidak mengeluarkan buih lagi di permukaannya.

  • Reply
    Chita
    November 4, 2014

    Bu Fatmah,

    Kalo sus matang disimpan di freezer bisa ga ya, bu? Saya rencana mau bikin 1 hari sebelum dihidangkan. Terima kasih banyak.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 7, 2014

      Bisa, dalam keadaan kosong ya. Di freezer tahan hingga satu bulan. Kalau hanya satu hari, kulit sus cukup disimpan di kulkas bawah juga bisa, dalam wadah tertutup rapat. Isikan vla ke dalam kulit sus sesaat sebelum disajikan/diantar.

      • Reply
        Uni
        September 16, 2016

        Kalau vla nya, bisa bertahan 1 bulan juga kalau di taruh di freezer ?

  • Reply
    Henny
    November 21, 2014

    Selamat pagi bu, kalo vla nya mau spt soes merdeka, gimana komposisi resepnya?
    Terima kasih atas perhatiannya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 1, 2014

      Soes merdeka dibuat dari campuran buttercream dan vla. Kami tidak memiliki resepnya secara spesifik. Ibu bisa mencampur buttercream siap pakai dengan vla ini sebanyak 1:1, lalu menambahkan rum jika suka.

  • Reply
    December 31, 2014

    Ibuuu… huhuhu… kenapa ya pas saya bikin soes ini nggak bisa dispuit? Adonannya encer banget, padahal saya udah ikutin sesuai resep dan ukuran telur pun tida terlalu besar.
    Really need your advice. Thanks

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 3, 2015

      Kurangi telurnya. Terkadang harus menggunakan pengamatan kita sendiri, ketika adonan terlihat sudah cukup kentalnya, telur tidak perlu digunakan semua.

      • Reply
        April 21, 2015

        Bismillah.
        Bu. Saat ini saya sedang bikin.pakai 4telur kecil. Tapi adonannya cair sekali. Waktu di oven tdk ada textur.jadi kayak kue polos.. (Masih proses) sisa adonan bisa ditambah tepung g bu?
        Memixer trll lama pa juga mempengaruhi textur terll encer ini?

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          July 22, 2015

          Bila dikerjakan dengan benar resep ini pas, tidak terlalu encer. Yakin kamu sudah benar menimbang semua bahan?

  • Reply
    yuni
    February 18, 2015

    Asslmualaikum bu fat..alhammdulillaahh ketemu sm resep ini..pertama kali bikin gagal bu telurnya 4 ternyata kelembekan..dan kedua kalinya bikin suksessss…fla nya pun enak sekaliii..terimakasih banyaakk resepnya buu..pelukdarijauh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Alhamdulillah, ikut senaaang.. *peluk panjaaaang*

  • Reply
    Marsha
    March 5, 2015

    Bu, mau nanya oven saya ada pengaturan untuk menggunakan api atas atau bawah. Kalo untuk sus pakai api mana ya? Ato dipakai keduanya?

    Terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Tiap oven beda dan tergantung juga pada besar kecilnya loyang yang kamu pakai. Kamu harus coba di kedua setting tersebut.

  • Reply
    devyna
    March 8, 2015

    Assalamu’alaikum,
    Bu, tlg bantu saya, ku sus saya dioven dg oven listrik dg suhu 200°C, saya memanggangnya menggunakan api atas & bawah bersamaan, klo nunggu buihnya hilang kue nya jd gosong.
    Saya coba mengurangi suhu nya jd 190°C stlh 15 menit dipanggang, kue sus nya kempes meski masih dlm oven.
    Bagaimana ya caranya biar kie sus nya gak gosong tp gak kempes?
    Terima kasih sebelumnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 23, 2015

      Gunakan suhu 200 derajat. Setelah kue sus terlihat kecokelatan matang tapi buih belum hilang, kecilkan sedikit menjadi 180 derajat, lanjutkan memanggang hingga buih hilang dan kulit sus benar benar kering kokoh.

  • Reply
    Okta
    March 24, 2015

    makasih bu Fatmah.. resepnya oke banget. sekali nyoba langsung jadi.. tekstur dan rasanya mantep loh.. hehe tapi saya cuma pakai 3 telur karna kalo 4 kayaknya terlalu lembek. makasih yaaaa..

  • Reply
    shella
    April 7, 2015

    Salam kenal bu fatmah . saya mau agak kebingungan nih .. Pertama kali buat dengan resep ini berhasil dan enak sekali . coba untuk dijual dan menerima pesanan , tapi ketika dibuat berikutnya kok adonan kental sekali aga sulit di spuit , di oven tidak mengembang. Saya akali dengan tambah telur pun tidak mengembang . bisa tolong bantu masukan nya ? TrImakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 11, 2015

      Ovennya sudah betul panasnya? Harus panas sekali, bu. Biasanya titik kritisnya di situ.

  • Reply
    rhania
    May 20, 2015

    salam kenal bu fat yang cantik. minta resep sus kering donk. makasih sebelumnya.

  • Reply
    Rini
    July 29, 2015

    Assaalamu alaikum Bu Fatmah
    mau tanya, untuk hasil resep kue sus ini kira-kira jadi berapa banyak yaah.

    makasih

  • Reply
    Triana
    August 6, 2015

    Ass. Bu fatmah saya mau tanya dalam pembuatan kue sus ini untuk kulitnya memakai terigu protein tinggi itu yang kunci biru, segitiga biru atau cakra ya bu, trimakasih sebelumnya

  • Reply
    satri
    August 6, 2015

    ass,bu fat saya mau tanya waktu dulu isi kue sus ada yg memakai whippe cream di resep yg lama.Boleh minta lagi donk bu.Trimakasih sblmnya

  • Reply
    fannyla
    September 5, 2015

    Salam kenal mbak,
    kalau air diganti susu cair di pmbuatan adonan apakah bisa?apa tdk mempengaruhi teksturnya?
    dan kalau inginkan tekstur soes yg lembut bagaimana caranya mbak?
    Terimakasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Bisa. Pengaruh, hasilnya akan lebih lembut lagi. Sementara kulit sus sebaiknya kokoh.
      Bisa dengan mengganti margarine dengan mentega, air dengan susu, dan menambah sedikit gula.

  • Reply
    wendy
    September 17, 2015

    malam bu fat, yang saya ingin saya tanyakam sene armya kenapa ya adonan saya setelah dipanggang, bentuknya jadi melebar ke mana 2 ? padahal rasa tekstur sih mantap banget cuma jadi ga berbentuk, maksih ya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Terlalu cepat diangkat. Panggang dengan api besar, 200-220 derajat celsius, hingga buih-buih di permukaan sus hilang. Coba keluarkan satu saja, kalau tidak kempes di luar oven, maka aman dikeluarkan semuanya. Catat waktu dan temperaturnya, jadikan patokan. Karena tidak semua oven sama perilakunya.

  • Reply
    nuniek
    January 11, 2016

    Saya sudah coba resepnya rasanya mantap sekali tp ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan bu
    1.penggunaan air untuk kulit soes apa bsa diganti dg susu cair dg takaran sama
    2. Untuk hasilnya apa memang di luar agak kering dn di dlm nya lembut dan sedikit lembab
    3. Resep ini apa bsa untuk membuat eclairs.
    Terima kasih bu

  • Reply
    Ane
    March 27, 2016

    Dear Bu Fatmah,

    Baru aja selesai bikin. Hasilnya bikin nangis, bu… Nangis kegirangan karena kue susnya jadi menul2 dan rasanya bikin mereka melek. Takut saya liat timbangan berat badan, bu… Terima kasih banyak, Bu Fat 😉

  • Reply
    fajria
    May 21, 2016

    assalamualaikum bu fatma,misal tepung maizena di ganti tepung custart bisakah bu ? klu bisa berapa takarannya ? sebulumnya termakasih bu fatma

  • Reply
    bint
    November 3, 2016

    assalamualaikum bu fatmah,sy pernah membaca d website ncc jenis2 vla untuk soes pastry ,kok ga ada lg y bu ,,?dmn bs sy cari bu,lagi perlu bgt

  • Reply
    mayang
    November 19, 2016

    assalamualaikum bu, mau tanya. kalo vla bisa bertahan lama ya dalam lemari es?
    terima kasih sebelumnya

  • Reply
    Rina
    July 4, 2017

    Bu Fat, untuk isi vla kue sus, kalau tidak ada maizena, apa bisa diganti dengan terigu?
    Terima kasih

Leave a Comment