Semprit Jadoel alias Semprit Dahlia

Tahukah anda? menguasai dua resep semprit saja sebetulnya anda telah menguasai banyak resep. Karena dari resep ini anda bisa modifikasi menjadi beragam rasa kue kering lain. Misalnya dicampur kacang mede, corn flake dan lain-lain. Cihuiiyyy, ceriakan lebaran dan semangat menambah varian jenis kue kering jualan kita dengan selera jadul yang tidak lekang oleh waktu.. *langsung menerawang inget masa kecil*

Semprit Jadoel alias Semprit Dahlia

By Fatmah Bahalwan

Bahan:

300 gr margarin
75 gr mentega
250gr gula halus
3 btr kuning telur
500gr tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm susu bubuk
200 gr selai strawberry

Cara membuatnya:

  1. Kocok gula dan telur sampai pucat, tambahkan margarin dan mentega, kocok lagi sampai pucat. Matikan mikser. Masukkan terigu, maizena dan susu bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Pasang spuit nomor 1B. Sempritkan pada loyang kue kering yg sudah dipoles mentega.
  3. Semprotkan sedikit selai dibagian tengah hingga menyerupai bunga.
  4. Panggang dalam oven suhu 160 derajat Celsius, selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang dan renyah.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

43 Comments

  • Reply
    Dahlia
    July 31, 2013

    Aish… berasa dipanggil… Kalo untuk kue semprit ini, apakah mengocok gula dan menteganya sampai mengembang Bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 1, 2013

      Tidak usah sampai mengembang, Dahlia. Cukup sampai lembut saja.

  • Reply
    Dewi
    August 9, 2013

    hallo, mo numpang tanya yg dimaksud dgn margarin = margarine dan mentega = butter?takut keliru gitu dgn istilahnya. Trima kasih seblomnya

  • Reply
    Nur
    September 5, 2013

    Dulu saya kurang tertarik dengan kue ini, karena rasanya tak semenarik tampilannya, rasanya kurang gurih dan agak keras… tapi kalo resep NCC masak iya enggak enak? Jadi tertantang untuk mencoba nih…

  • Reply
    Andri
    June 11, 2014

    Bisa pake butter semua?

  • Reply
    July 5, 2014

    bu fatma,mo tanya..saya sdh coba pake resep ini tapi adonan kue sempritnya kurang lunak ya bu…pas d.spuit agak susah(adonan keras)
    bagaimna spy adonannya bisa lunak &mudah d.spuit? terima kasih pencerahannya bu 😉

  • Reply
    nurul
    July 12, 2014

    Bu Fatma,
    saya juga sudah mencobanya, takaran sesuai dg resep yang tertera..
    dan ketika saya coba spuit juga keras, apa takaran terigu yang harus dikurangi ya? terimakasih. nurul

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Mungkin pengocokan mentegra/margarin kurang lama. Terigu bisa dikurangi hingga 10%.

  • Reply
    Kristi
    July 19, 2014

    Bu Fat, saya juga mengalami hal yg sama. Adonan kue ini saat di spuit keras. Kalau karena pengocokan menteganya yg kurang lama, kira-kira waktu pengocokan menteganya berapa menit ya bu?
    terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 24, 2014

      15 menit.

      • Reply
        January 20, 2017

        hai mbak fatma.. maw curhat dikit ni.. bbrp hari ini aku sibuk bolak balik cobain bbrapa resep kue semprit dahlia.. uda ikutin resep.. tapi semprit yg uda masuk oven selalu jadi melebar, kelopak2 bunganya jadi ga kliatan, (jelek hasilnya)
        tapi habis liat resep mbak fatma aku pengen coba lagi,
        cuma yg mau aku tanyain knp ya semprit q bisa melebar gitu pas masuk oven?
        kocok mentega nya kelamaan ya ?
        harus sampe pucet ga ?
        soalnya habis baca2 jawaban mbak atas questions temen2, kan di atas ada yg nanya kocok mentega bagus nya brapa lama ?
        ada jawaban yg 15mnt n ada jawaban 1-2 mnt?
        gimana ya itu mbak?
        mohon pencerahan nya ya
        salam/..

  • Reply
    hani
    September 15, 2014

    Bu Fat Dan teman-teman,

    Kl says bikin semprit, campuran tepungnya ditambahkan sedikit2 k adonan mentega, alhamdulillaah gk keras Dan gampang du spuitnya. Dulu saya juga mengalami half yg sama, setiap bikin semprit pasti selalu cepat mengeras Dan susah di spuit. Sedikit tricky memang, kira2 metode INI benar gaj Bu Fat?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 16, 2014

      Aaah, ibu ini jempol deh. Trick yang ibu lakukan tentu saja benar selama tetap didapat kue semprit yang renyah dan enak. Ibu cerdas selalu memiliki cara cerdas saat memasak dan membuat kue.

  • Reply
    Lenta
    November 9, 2014

    Teksturnya gimana ya bu?apakah keras atau memprul?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 11, 2014

      Dear Lenta untuk semprit Dahlia ini teksturnya padat tapi tidak keras. Enak dikunyah. Cobain deh!

  • Reply
    Yanyan
    November 9, 2014

    Siang bu fat ..
    Saya td nyoba mbuat kue ini tp qo hasilnya jelek (beleber) ..
    itu kenapa ya bu ?
    Apakah karna kurang tepung atau terlalu lama mengocok margarine dan butternya ?
    Terimakasih ^^)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 11, 2014

      Kamu gak mengurangi jumlah tepung kan? Kalau resep tidak diutak-atik, ya, bisa jadi terlalu lama mengocok margarin/menteganya. Cukup 1-2 menit sudah cukup. Yuk dicoba lagi 😊

  • Reply
    cartika
    January 29, 2015

    Kalo pertama iti mengocok mentega dan gula halus dulu baru kemudian telur dan tepung apakah hasilnya akan beda?

  • Reply
    novi
    March 24, 2015

    Bu fat pd jwban pertama mengocok mentega dn margarin kira2 slma 15 menit kmdian pd jwban kedua mengocok mentega dn margarin slma 2 mnit. Maaf bu yg benar mengocok mentega nya brp menit yaa?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 13, 2015

      Dua-duanya benar, hehehe. Lama pengocokan tidak pernah bisa distandarisasi selama miksernya juga macam-macam. Jadi, untuk yang mengeluh adonan terlalu bleber, kocoknya 2 menit saja. Mungkin dia pakai mikser yang kuat. Untuk yang mengeluh adonannya keras, kocoknya 15 menit, mungkin ia pakai mikser yang lemah dayanya.

  • Reply
    Admin
    June 1, 2015

    resep kue semprit mawar dengan semprit jadul apakah sama mbak ?

  • Reply
    Ina
    June 11, 2015

    Ini metodenya memang gula & telur dikocok dulu ya bu? Karena kebanyakan bikin kuker khan gula & mentega dulu yg dikocok
    kalo memang iya,brarti gula & telur dikocok selama 15menit? Mirip sponge cake ya…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2015

      Betul, Ina. Tidak, hasil akhirnya tidak seperti sponge cake. Yuk dicoba saja biar gak bingung dan makin mengenal berbagai metode pembuatan kukis.

  • Reply
    w
    June 20, 2015

    Selalu melebar. Padahal udah berapa kaliiii nyobanya. Tetapi rasa selalu enak, Bu. Renyah.

  • Reply
    June 29, 2015

    Ibu Fat,

    Tadi sy ke TBK yg di BSD, disana ada keemasan Royal Palm (50:50 margarine mentega). Nah utk adonan Semprit Dahilia yg caem ini, sy mau pakai Royal Palm sebanyak 250 gram aja, Tlg dikoreksi ya betul apa salah krn sy mau eksekusi di Ahad ini …. 🙂

  • Reply
    NCC Indonesia Author
    July 19, 2015

    Ya, bisa, bu. Asal total jumlahnya tetap 300 gr. 50 gramnya mentega?

  • Reply
    ratna
    August 17, 2015

    Tepung terigunya protein rendah atau sedang bu?mksh

  • Reply
    lidya
    September 3, 2015

    Baru x ini buat semprit sambil senyum bahagia, begitu dipanggang, aroma nya wangiiiii bangettttt…..enak, gurih, manisnya pas, aroma susu, selai n strawberry nya suka bgt. Sedikit Tips supaya adonan tidak mengeras : ambil adonan sekucupnya sj sesuai kapasitas oven, kemudian campur dg tepung sampai tekstur yg diinginkan (adonan yg sudah tercampur tepung, semakin lama akan semakin mengeras, jdi adonan tidak boleh mengantri. Begitu dicampur dg tepung harus lgsg hbs dicetak dan langsung dipanggang). Klo komposisi tepung dan adonan pas, yakin gak akan melebar pd saat dipanggang. Thx resepnya bu fat….kiss….kiss..,

  • Reply
    liza
    December 17, 2015

    Kl mentega nya diganti margarin apa ukurannya tetap sama ? 50 gr mentega = brp gr margarin ?

  • Reply
    tasya
    January 18, 2016

    Bu Fat, jika ingin di tambahkan keju, berapa banyak keju yang di perlukan bu..?
    Trimakasih

  • Reply
    ratna
    May 30, 2016

    Alhamdulillah saya sudah eksekusi kue ini, hasilnya enak, wangi dan renyah. Dari yang tidak ngerti sama sekali cara buat kue, saya jadi mengerti sekarang. Malah saya nekad terima orderan, Kue ini jadi andalan jualan saya, terimakasih bu fatmah sudah berbagi resep, semoga pahalanya berlimpah. (peluk yang erat)

  • Reply
    Ratu
    June 14, 2016

    Bu fatmah, kue ini jadi berapa gram?

  • Reply
    Devi
    June 5, 2017

    Saya mau testi ya bu, saya bikin adonan resep ini pas malam hari lalu karena udah kecapean adonan saya masukkan ke kulkas. Alhamdulillah keesokan harinya adonan tetap bagus bagus aja. Oia untuk butter nya saya tambah jadi 125 gr, maksudnya biar tambah enak dan wangi. Hasilnya jadi lebih enak, alhamdulillah. Emang rada bleber dikit, tapi dikit aja kok 🙂 makasih ya Bu Fatmah 🙂

  • Reply
    Melda
    September 14, 2018

    Maaf Bu Fatma, mau tanya, apakah mentega sebelumnya dikocok dahulu, setelah itu baru digabungkan ke kocokan telur dan gula yg sudah mengembang? Terima kasih.

Leave a Comment