Cereal Chocolate Chips Cookies

Kukis ini gak cuma seru buat lebaran, tapi juga cucok buat nyamikan sehari-hari. Enak, bikinnya mudah, bisa barengan si kecil. Aduk-aduk yuuk..

Cereal Chocolate Chips Cookies

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

100 gr        sereal coklat, blender halus
50 gr          chocolate chips
300 gr        mentega
250 gr        gula halus
4 btr           kuning telur
350 gr        tepung terigu
30 gr          tepung maizena
40 gr          susu bubuk full cream
1 sdt           Baking powder

Cara membuat:

  1.  Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, ayak, sisihkan.
  2. Kocok mentega dan gula hingga lembut, tambahkan telur, kocok sebentar, tambahkan baking powder, kocok lagi satu menit.
  3. Masukkan campuran terigu, aduk rata. Masukkan sereal coklat dan chocolate chips, aduk rata.
  4. Bentuk bulatan dan susun diatas loyang yang sudah dipoles mentega tipis, beri jarak satu dengan lainnya, tekan sedikit dengan garpu.
  5. Panggang dalam oven hingga matang, kurang lebih 30 menit dengan suhu 150 derajat Celsius.

 

Tips:

Coklat chips dapat juga ditata sebagai hiasan diatas cookies selain dicampur kedalam adonan.

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

27 Comments

  • Reply
    dian
    December 26, 2013

    enak, dah nyoba bareng gadis cilikku (4 tahun). dia ikutan asyik bikin buletan2 kukisnya.

  • Reply
    itsna
    May 20, 2014

    mbak fat mau tanya..
    itu sereal coklat yg dimaksud itu seperti c*c* cr*nch gt yaa?
    makasiihh

  • Reply
    itsna
    June 11, 2014

    kalo mau lebih nyoklat dan agak manis lg ditambahi coklat bubuk sama gula bisa kan? coklat bubuknya seberapa yaa kira2..takut pait klo kebanyakan..
    makasiii..

  • Reply
    sekar
    June 11, 2014

    Kalo tidak pakai wisjman, bisa pakai merk apa y? Yg salted atau unsalted? Maklum newbie.. Makasih tante 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 15, 2014

      Pakai mentega merk apa saja bisa. Salted boleh, unsalted boleh. Kalau unsalted, tambahkan garam 1/2 sdt. Baiklah, keponakan 🙂

  • Reply
    itsna
    June 22, 2014

    bu fat..ini kukisnya memang agak atos yaa? bukan tipe2 kayak go*dt*me kah?
    oiya..chocochip nya pake merk apa biasanya bu?
    terima kasih..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 23, 2014

      Weits, ini kukisnya crispy loh, gak atos sama sekali. Iya seperti goodtime cookies tapi rasa sereal. Chocochips pakai tulip atau collata. #bukankomenberbayar

  • Reply
    itsna
    June 24, 2014

    brarti kesalahan saya kira2 dimna yaa bu kok sampe bikin kukis ini jd atos? hihii

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2014

      Cereal Choco chipsnya atos bgmana? kalau sampai sekeras batu bisa jadi ada yg salah di takaran bahan atau sebab lain, coba diingat lagi prosesnya, simak Jurus Sukses Membuat Cookies berikut ini: http://ncc-indonesia.com/?p=148. Idealnya cookies ini kokoh dan renyah.

  • Reply
    selvy
    July 4, 2014

    Mba Fat….itu kalo pengen lbh coklish dan manis kan tambahin coklat bubuk 2sdm..kalo gulanya brp banyak? Maksudnya gula pasir kan ya? Makasiihh…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Maksimal 50 gram, lebih dari itu harus berubah pula komposisi bahan lainnya.

  • Reply
    malda
    July 13, 2014

    Assalamualaikum ibu fat. klu menteganya diganti margarin blh g ya. Apa akan merubah rasanya. Trima kasih.

  • Reply
    Ana
    July 26, 2014

    Assallamu3laikum
    Mbak fatima, makasih banyak ya. resepnya oke” and in shaa Allaah gampang. Saya belum pernah bikin kue kering sebelumnya, tapi karena ketemu situs ini alhamdulillaah lebaran tahun ini bikin kue kering sendiri. Websitenya saya simpan di favorit tab di komputer saya loh! Thanks NCC :* 🙂

  • Reply
    Ivone
    November 7, 2014

    Mantab nih keliatannya cookiesnya…^_^ btw, kenapa ini cookies2 ini ditulisnya hanya utk hari raya Lebaran aja ya occasion nya? kan ada Natal, dan hari raya keagamaan lainnya. 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 8, 2014

      Karena waktu ini diposting adalah menjelang hari raya idul fitri, Ivone :). Iya donk, tentu juga cocok untuk hari raya lainnya. 🙂

  • Reply
    lenny
    November 19, 2014

    mba fat, ini mengocok menteganya sampai lembut itu mksdny sampai pucat kah spt proses membuat lidah kucing keju? oh ya mau tanya, ncc ada jual spuit wilton gk ya? soalny TBK tempat saya gk ada yg jual.. terima kasih…

  • Reply
    Inge
    July 10, 2015

    Bu fat, susu bubuknya kpn dimasukkan?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Oiyaaa.. Ma’aaaap. Udah dikoreksi di atas ya. Susu bubuk dicampur bersama bahan kering di langkah 1. Terimakasih koreksinya.

  • Reply
    henny
    June 1, 2016

    Bu fatmah yg baik ..
    Cookies nya bisa ditambah choco crunch ga di atas nya, atau ini resepnya bisa untuk resep chocho crunch yg biasa dijual dipasaran. atau beda resep?
    Ada ga resep choco crunch nya?
    Makasih sblmnya

  • Reply
    Dwi
    December 3, 2016

    Bu fatmah,
    Ini pakai tepung terigunya merk apa? Tepung terigu protein rendah, sedang atau tinggi? Saya kmarin buat cookies keras sekali.. Haha..
    Dan mengaduk menteganya pakai mixer boleh ndak? Saya smuanya mengaduk pakai mixer, sebelum sereal dan chochips masuk. Apakah itu yg buat kue jadi keras? Maklum ni saya baru belajar bikin kue.. Hehe..
    Trimakasih bu fatmah..

Leave a Comment