Nastar

Lebaran sebentar lagi. Saatnya resep-resep klasik dibongkar keluar dari tumpukan arsip, terutama resep-resep kue kering! Kue kering jadul yang satu ini sudah terlalu iconic dengan event lebaran. Yaaaahhh, kira-kira samalah derajatnya dengan ketupat.. Kunci sukses bikin nastar yang cantik mulus terletak pada pengolesan kuning telur pada saat kue sudah dipanggang setengah matang. Ingat ya, gula untuk selai nanas dimasukkan terakhir jika ingin mendapatkan warna selai yang kuning terang.

Jadi deh nih lebaran..

Nastar

Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:

250 gr margarin
250 gr mentega
100 gr gula halus
4 btr kuning telur
700 gr tepung terigu
4 sdm susu bubuk fullcream

Bahan olesan:

3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair

Cara membuat:

  1. Kocok sebentar margarin, mentega, gula dan telur, cukup sampai tercampur saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
  4. Oven dengan suhu 140’C selama lebih kurang 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
  5. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat.

 

Selai Nanas

Bahan:

4 bh nanas palembang, parut atau blender
200 gr gula pasir
1 sdt garam
1 potong kayu manis

Cara membuat:

  1. Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.

 

136 Comments

  • Reply
    indah
    April 21, 2015

    Ibu Fatmah saya mau tanya untuk susu bubuk full cream bisakah diganti dgn yang lain?karena saya belum menemukan toko yang jual susu bubuk full cream…rata2 susu cair…makasih ibu Fatmah

  • Reply
    sri
    April 27, 2015

    Bunda klo roombutternya pake yang curah (kiloan ) bisa ga bund soalnya klo pakau wjisman mahal bgt bund

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2015

      Bisa.

      • Reply
        indah
        December 23, 2015

        bun…kalo semua diganti maargarine berati margarine nya 500gram ya
        trus nnti rasa nya tetap lembut n ngga keras kan bun

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          December 25, 2015

          Ya, betul sekali, Indah.
          Tidak keras, dia akan tetap lembut.

  • Reply
    kartika
    May 28, 2015

    Assalamualaikum ibu fatma….
    saya suda co2k sekali pake resep nastarnya ibu…. enak sukses buat bakulan, terima kasih ibu….
    Rencananya saya mau tmbh varian utk jualan black nastar…. yang mau saya tnykan klo memakai resep ini utk coklat bubuknya bisa dtmbh brp gram ya ibu?
    Terima kasih ibu fatma ☺

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2015

      Bisa dicoba 30-50 gram, kurangi terigu sejumlah sama.

  • Reply
    serly
    June 9, 2015

    maaf mau nanya unutk resep ini, butternya dimasukin pas kapan ya? soalnya g ada diketerangannya.. tq

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2015

      Mosyok sih? Coba baca lagi. Kali ini gak pake kedip ya.

  • Reply
    rani
    June 30, 2015

    Kilo buat setengah resep bisa g?

  • Reply
    mely
    July 10, 2015

    Halo mau nanya.. tepung terigunya pakai protein rendah / sedang ya? Thanks

  • Reply
    chatarina
    July 28, 2015

    Bu untuk selai nanas pakai 4 buah banas itu kira2 berapa kilo ya?

  • Reply
    Yan
    August 6, 2015

    Siang bu Fatmah …
    1. saya pakai oven biasa, nah gimana caranya bikin nastar tp bagian bawahnya tidak terlalu gosong?
    2. kalau butternya diganti dengan margarine semua bagaimana tekstur nastarnya?
    3. kemarin saya membuat perbandingan butter dg margarine 1:1, tetapi saya ingin nastarnya sedikit lebih keras, tidak terlembut (bisa dikunyah bbrapa kali). kira” bahan apa yg harus saya tambah dan saya kurangi?
    4. ketika saya mengoleskan kuning telur pada nastar yang sudah 3/4 matang, terkadang adonan nastarnya ada yg menempel pd kuas. apakah itu wajar? atau ada cara mengoleskan yg benar?
    5. menurut ibu fatmah, jika dilihat dari warna, rasa, tekstur, bau dan kriteria yg lainnya, nastar yg baik/bagus itu yg bagaimana? karna ketika saya meminta komentar *dari org awam* mereka ada yg bilang enak dan ada pula yg berkomentar ini itu, saya bertanya pd ibu fatmah karena ibu kokinya. hhe

    terimakasih ibu Fatmah, maaf pertanyaannya terlalu buanyak 😀
    #I’m only a newbie

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      1. Letakkan loyang di rak tengah. Letakkan loyang lebar berisi pasir (alasi dulu loyang dengan aluminum foil) di dasar oven untuk meredam panas berlebihan dan meratakan panas.
      2. Tekstur akan lebih kokoh.
      3. Gunakan margarin full atau tambahkan tepung hingga sesuai tingkat kepadatan yang kamu inginkan.
      4. Wajar.
      5. Selera manusia tidak akan pernah sama. Seenak apapun kue kita, akan selalu ada yang bilang enak dan tidak enak. Gunakan satu standar penilaian yang mewakili banyak orang atau ambil suara terbanyak.

  • Reply
    niek
    October 23, 2015

    ga pake maizena y bu?

  • Reply
    Imelda
    December 16, 2015

    Bu, apakah akan lebih baik kalau tepung di sangrai terlebih dahulu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Untuk nastar tidak perlu. Untuk kuker lain yang karakternya renyah, ya.

  • Reply
    Irawati
    January 11, 2016

    Bu..kl saya tak pki susu bubuk bisa jadi gak nastar nya ??tq

  • Reply
    ammal
    February 11, 2016

    Hai Bu Fatmah, sy sdh bikin resep ini berkali2 dan alhamdulillah membawa rejeki juga, hehe
    tp sy pengen bikin nastar yg isi keju dan nastar isi coklat, ini caranya gmn ya bu? keju nya diapain ? dan coklatnya juga diapain buat isiannya? apa blok dipotong2 aja trus dibgkus kulit ky nastar nanas ? Dan pakainya keju apa dan coklat apa?
    Mohon pencerahannya ya Bu, terima kasih 😀

  • Reply
    henny
    March 14, 2016

    Assalamualaikum bunda, ak lebaran tahun lalu bikin pake resep bunda, cuocok dweh, siap bikin lg buat lebaran tahun ini, niat nya buat jualan ^_^ yg mau ditanyain mertua ku kalo buat nastar telor nya direbus dulu trs di ambil kuning nya saja, sang kuning telur itulah yg dipakai dlm bahan pembuatan nastar, kata nya kl direbus nanti kue nya awet lbh dr sebulan pun tdk berbau,
    Pendapat bu fatmah gmn? Untuk rasa kue nya enak, lembut dan gurih butter berasa sekali, mohon pencerahannya

Leave a Comment