Kelas Bakwan Malang Bersama Tapioka Bola Deli

Kursus Natural Cooking Club sudah mulai aktif kembali pada tanggl 10 Juni 2019 setelah melewati libur lebaran selama kurang lebih dua minggu. Alhamdulillah semangat sekali kami menjalankannya dan disambut semangat pula oleh para peserta kursus yang berdatangan dari berbagai daerah.

Kelas Bakwan Malang misalnya yang berjalan dihari Sabtu, 15 Juni 2019 kemaren sangat ramai. Terhitung 21 orang yang ikut kelas ini, melebihi perkiraan kami sebelumnya. Kelas kali ini kebetulan mendapatkan sponsor dari BOLA Deli sebagai produsen Tepung Tapioka berkualitas bagus untuk bahan baku pembuatan Bakso Sapi, Bakso Goreng, Bakso Tahu, Siomay dan Pangsit Goreng, sebagai kondimen utama Bakwan Malang.

Kelas dimulai dengan teori sukses membuat Bakso Sapi. Dikatakan bahwa semakin segar daging sapi yang digunakan, semakin kenyal akan didapat bakso sapinya. Tetapi bila kita belanja pagi jam 05.00 misalnya, kemudian baru diolah jam 10.00 sebagaimana dicontohkan. Dapat ditambahkan bahan pembantu untuk mendapatkan bakso Sapi yang tetap kenyal sempurna yaitu 1 sdt Baking Powder double Acting. Bahan yang tak boleh berubah adalah penggunaan Tepung Tapioka Bola Deli. Dalam keadaan tertentu, misalkan ingin mendapatkan hasil Bakso yang lebih banyak, Tepung Tapioka dapat dilipat gandakan jumlahnya, tapi adonan ditambah juga putih telur.

Praktek membuat Bakso Sapi sangat seru, dikerjakan oleh seluruh peserta kursus. “waahh, ternyata hanya dengan bantuan sendok saja bisa bulat sempurna ya”, demikian kata beberapa peserta kursus yang baru pertama kali melihat teknik membuat bakso sapi bulat-bulat.

Selanjutnya kelas lebih semangat lagi karena harus praktek bersama membuat kondimen Bakwan Malang lainnya. Mulai dari Bakso Tahu, Pangsit Goreng dan Siomay.

Bakso Goreng menjadi materi terakhir yang didemokan, karena membuat bakso goreng sangat tricky. Harus telaten saat menggoreng. Bila salah teknik, akan didapat Bakso Goreng yang mengempis. Sukses membuat Bakso Goreng sangat jelas dapat dilihat oleh peserta kursus.

Kursus Bakwan Malang selesai tepat pukul 14.00 dengan kepuasan para peserta kursus atas pelajaran dan motivasi yang diberikan. Setelah foto bersama, dibagikan hasil praktek dan goodybag dari PT.FKS Bola Deli.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment