Reportase Kursus: Siapa Tak Kenal Lemper dan Arem-arem?

Sebut deh dua macam snack asin populer itu, pasti semua orang akan mengenalnya. Lemper dan arem-arem, merupakan “Sushi” a laa Indonesia. Bila lemper berkulitkan nasi Ketan, maka Arem-arem berkulitkan Nasi Gurih. Kedua jenis snack asin ini hampir selalu ada pada sajian snack box, coffee break, acara piknik, maupun prasmanan dibagian meja kue.

Kursus Snack Asin Populer Sepanjang Masa ini secara berkala diadakan oleh Natural Cooking Club (NCC) hampir setiap bulan. Mengingat penggemar kelas ini sangatlah banyak dari waktu kewaktu. Bisa dimengerti karena bisnis snack asin ini tak pernah lekang oleh waktu.

Kroket misalnya. Saat ini dapat dibuat dengan cara yang sangat mudah. Tidak harus pergi kepasar membeli kentang, mengupas, mengukus atau menggoreng, menghaluskan, dan mebuat adonan hingga bisa dipulung. Masihpun berhadapan dengan resiko meletus saat digoreng. Dengan hadirnya Knorr Mashed Potato, membuat Kroket menjadi sangat mudah. Cukup menggunakan perbandingan 1:4 antara Tepung kentang Knorr Mashed Potato dengan air panas, aduk rata, langsung bisa kita dapatkan puree kentang yang siap diolah menjadi kroket. Masih ditambah jaminan anti meletus saat digoreng. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak menyajikan kroket dalam sajian snack asin.

Pada kursus yang dikerjakan secara semi demo ini, setiap peserta ikut serta praktek membuat setiap snack. Ada lima macam snack asin yang dibuat yaitu : Lemper, Arem-arem, pastel, kroket, dan sosis solo. Jika lemper dan Arem-arem sudah diketahui kulitnya nasi ketan dan nasi gurih. Kroket berkulitkan puree kentang. Pastel berkulitkan adonan tepung yang digilas tipis dan sosis solo berkulitkan crepes atau dadar gurih. Sehingga kelas dikerjakan bersama saat membentuk, sementara isian didemokan terlebih dahulu.

Jadinya seperti apa? Hoho, lihatlah barisan lemper dan para sahatnya pada foto-foto berikut.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment