Reportase Kursus: Kaldu Bakso, Penentu Rasa Bakwan Malang

Bagaimana sih menyajikan Bakwan Malang yang benar? Nah, ini diskusi yang sangat menarik. Bakwan malang adalah sajian makanan lengkap gizi. Termasuk jenis sup-supan, makanan berkuah ini kondimennya sangat lengkap. Ada Bakso Sapi, Bakso Goreng, Bakso Tahu, Siomay dan Pangsit Goreng. Kelengkapan sajiannya kemudian adalah Mie kuning, mie putih yang diikat-ikat, dan sawi hijau serta daun bawang seledri. Kurang lengkap apa coba? Ada karbohidrat, ada protein, dan ada serat sayuran.

Kursus Bakwan Malang di Natural Cooking Club (NCC), diajarkan cara membuat semua kondimen itu. Mulai step menyiapkan daging untuk membuat baksonya. Dipilih daging haas dalam tanpa lemak untuk mendapatkan hasil bakso yang paling sempurna, sampai menyiapkan tepung sagu khusus yang digunakan beserta bumbu-bumbu lainnya. Hingga ketika adonan daging siap dibentuk menjadi bakso bulat, serentak para peserta kursus berseru “oohhh, seperti itu to caranya. Bagus ya, seperti bakso beneran”. Aha, tentu saja bukan hanya persis seperti bakso beneran, tapi ini adalah bakso natural tanpa bahan tambahan yang membahayakan kesehatan tubuh.

Selanjutnya berturut- turut dipraktekkan oleh seluruh siswa kursus, cara membuat bakso tahu, Siomay dan pangsit goreng. Praktek bersama ini juga mempererat tali persaudaraan diantara mereka. Sambil bekerja seru sekali senda gurau diantara para siswa. Dua orang Bapak yang ikut serta dalam kelas ini, tampak ikut bersemangat praktek bersama.

Ketika bakso goreng dibuat, suasana menjadi seperti pertunjukan menggoreng. Karena dari bulatan adonan kecil yang dicelupkan kedalam minyak goreng panas, bisa menggembung menjadi besar dan kopong.

Nah, saat penyajian. Kaldu menjadi kunci utama sajian Bakwan Malang. Bila kaldu berhasil dibuat menjadi gurih dan harum yang pas. Pasti bakwan malangpun akan terasa sangat lezaat. Kaldu dapat dibuat dari daging sup, atau daging sengkel yang mengandung banyak lemak. Atau bisa juga dibuat dari dengkul sapi. Bahan ini direbus bersama air mendidih selama beberapa saat, hingga gurih kaldu keluar. Untuk memastikan kelezatan kaldu bakwan malang, gunakan selalu Knorr Chicken Powder. Percayalah, pasti kaldu bakwan malang akan terasa lebih lezaat dari biasanya. Knorr chicken powder juga digunakan sebagai bumbu yang selalu ikut dalam pembuatan kondimen bakwan malang diatas.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment