Reportase Kursus: Saya Ingin Sukses Membuat Lapis Surabaya

“Pokoknya saya ingin sukses membuat Lapis Surabaya”, begitu salah satu peserta kursus berkata dengan semangat sejak saat mendaftar melalui telepon. Rupanya obsesi sukses membuat Lapis Surabaya ini, banyak sekali berada dalam pikiran banyak orang. Terutama mereka yang menetap diluar negri , rindu kue dan makanan buatan Ibunya. Hadir pada kelas cake Dasar kali ini beberapa peserta kursus yang datang dari Australia, Amerika, Qatar, Dubai, dan tentu saja dari sekitaran Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor. Wajah-wajah semangat yang ingin menaklukkan telur, tepung, margarine dan gula menjadi kue yang lezat membuat pagi itu semakin cerah.

Di Surabaya tidak ada Lapis Surabaya lho!, Fatmah Bahalwan sambil bergurau membuka kelas yang disambut tawa para peserta kursus. “Masa sih bu?”, iya betul, disana di Surabaya, kue ini disebut dengan nama Spiku. Ahaa, mendengar itu semua makin tertawa. Gembira sekali selalu setiap mengawali kelas cake Dasar.

Kelaspun dimulai dengan pengetahuan dasar mengenal sponge cake, butter cake dan cake irit telur. Sangat detail dijelaskan mengapa menggunakan tepung jenis protein tertentu untuk mendapatkan cake yang teksturnya pas. Gula yang cocok untuk cake dan juga telur seperti apa yang harus digunakan.

Memodifikasi resep, dari resep dasar menjadi beragam resep baru. Rumus menambahkan bahan baru kedalam adonan agar tetap sesuai, dan detail pengenalan loyang, oven dan ilmu dasar lainnya. Pelajaran awal ini menjadi kunci utama seseorang untuk sukses membuat cake.

Tanya jawab berlangsung sangat bermanfaat. Dari pengalaman peserta kursus yang masih gagal membuat kue, langsung didiskusikan dan ditemukan solusinya.

Selanjutnya pengajar mendemokan cara yang benar. Mulai memecahkan telur, memisahkan kuning dan putih telur, mengocok dan mengaduk. Semua dipraktekkan hingga menjadi sponge cake, Butter Cake, Cinnamon cake dan Brownies Kukus.

Nah, giliran yang ditunggu-tunggu: Lapis Surabaya! Jenis cake yang menggunakan banyak telur ini tampil paling akhir. Adonan autentik, tanpa obat dan tanpa bahan tambahan lainnya tapi tetap kental adonannya dan tekstur cake yang didapat halus sekali. Saking halus dan lenturnya, sehingga dibuat bolu gulungpun sangat mudah. Tidak ada kata patah, dan tidak boleh takut mencobanya. Apalagi bahan yang digunakan berkualitas prima. Membuat Lapis Surabaya dan Bolu Gulung sangatlah menantang. Kata kuncinya adalah pada penggunakaan Blue Band Master Cake Margarine. Warna Kuning dan aroma harum khas Lapis Surabaya hanya bisa didapat bila kita menggunakan Margarine ini. Bahan lainnya mungkin boleh yang lain, tapi margarine-nya harus Blue Band. Karena Lapis Surabaya dan Bolu Gulung merupakan jenis cake yang satu type.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment