Reportase Kursus: Indonesian Batik Roll Cake Class

“Waaah, ternyata tidak pandai menggambarpun, jadinya bagus-bagus juga ya!”, seru beberapa siswa kursus Bolu gulung batik di NCC (Natural Cooking Club) Indonesia, Minggu 14 Februari 2016, di Jl. Matraman Dalam III Jakarta.

Kelas yang sangat digemari ini dimulai tepat pkul 10.00 dengan pelajaran teori tentang Batik Indonesia. Pemahaman tentang batik dijelaskan secara runut sambil bersenda gurau agar mudah dipahami oleh para siswa. Dilanjutkan kemudian dengan membebaskan siswa memilih motif batik sesuai keinginan. Motif-motif batik telah disediakan beragam. Mulai batik parang, kawung, pekalonganan, sida mukti, sido dadi, dan lain-lain.

Setelah selesai membuat adonan dekorasi, lalu mewarnai adonan. Kelas kemudian hening. Semua siswa serius dan konsentrasi menggambar batiknya masing-masing. Outline batik dibuat persis layaknya seorang pengrajin batik membuat outline batik menggunakan canting. “Habis ini kalau beli kain batik nggak berani nawar rewel lagi ah”, sambil bercanda seorang siswa nyeletuk. Iya, karena ‘menulis’ batik memang membutuhkan ketelitian yang luar biasa.

Tigapuluh menit kemudian, motif-motif batik telah tersaji diatas loyang-loyang yang siap dituang dengan adonan bolu gulungnya. Kali ini semua siswa memilih rasa Mocca, karena harum dan warnanya natural seperti kain batik yang digulung. Blue Band Master Cake Margarine, menjadi salah satu bahan baku yang sudah siap dituangkan kedalam adonan bolu gulungnya. Sudah bisa diramalkan, roll cake yang dihasilkan pasti akan bertekstur halus dan lembab.

Nah, lihatlah hasil akhirnya. Bolu Gulung batik yang sungguh cantik luar biasa.

Batik Indonesia merupakan kekayaan negri yang sangat kami banggakan. Sebagai ‘tukang kue’ kamipun bangga ikut mempromosikannya dalam bentuk karya makanan.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

Leave a Comment