Martabak Manis Mini

Jajanan yang satu ini sungguh legendaris dan sepertinya sih hanya ada di Indonesia. Bikin sendiri yuk.. Dicetak kecil-kecil lebih enak buat di-lep dalam 2-3 kali gigitan. Kunci suksesnya, gunakan cetakan martabak yang tebal bagian bawahnya, lapisi lagi dengan besi tebal di bawahnya sehingga panas stabil dan pori-pori bisa terbentuk tanpa acara hangus.

Martabak Manis Mini

By Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr tepung terigu protein sedang
15 gr tepung sagu/tapioka
100 gr gula pasir
25 gr susu bubuk full cream
700 ml air
10 gr soda kue
1 sdt vanilli cair
3 btr telur
50 gr santan kental

Bahan Topping:

Gula pasir
Mentega
Susu kental manis
Cokelat meises, Keju cheddar parut

Cara membuatnya:

  1. Larutkan soda kue dengan 50 ml air, aduk, sisihkan.
  2. Campur tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, susu bubuk, aduk rata.
  3. Tuangi dengan telur, santan, campuran air dan soda, aduk rata sambil dituangi air sedikit demi sedikit sampai habis, hingga menjadi adonan yang cair. Saring.
  4. Kopyok-kopyok selama 10 menit hingga terlihat banyak gelembung udara. Diamkan 30 menit.
  5. Panaskan cetakan martabak manis mini (bisa menggunakan cetakan kue lumpur). Tuang 1 sendok sayur adonan, tekan sedikit agak terjadi bibir disekeliling cetakan. Masak terus hingga terlihat bersarang hampir matang.
  6. Taburi 1 sdt gula pasir, lalu tutup cetakan. Masak hingga matang.
  7. Angkat, segera poles dengan mentega, taburi meisis, dan parutan keju. Kucuri susu kental manis. Sajikan.

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

62 Comments

  • Reply
    September 19, 2013

    Lezatnya martabak manis.

  • Reply
    Dwi
    September 27, 2013

    Boleh copy resepny bu fatmah? Ijin dlu….heheee😊

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 28, 2013

      Boleeeeh.. Alhamdulillah, semoga bermanfaat 🙂

  • Reply
    siani
    September 29, 2013

    Bu Fatimah, numpang tanya. Dimana saya bisa beli cetakan martabak yang seperti itu? Terima kasih sebelumnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 2, 2013

      Cetakan Martabak Mini seperti itu dapat dibeli di toko bahan kue atau toko peralatan kue. Ibu juga dapat memanfaatkan cetakan kue lumpur sebagai alternatif penggantinya.

  • Reply
    Dwi
    September 29, 2013

    Waaah…mkasih, pngin nyobain bkin drmah ni bu,😉

  • Reply
    October 2, 2013

    Pernah buat tp klo dingin kok keras, kenapa?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 2, 2013

      Kemas dalam wadah kedap udara agar mertabak tetap lembut.

  • Reply
    Farhana
    October 12, 2013

    Kak Fatmah….bingung manggilnya apaan ya, hahaha….klo bikin martabaknya pake pan teflon bisa gak? Klo pake teflon, sekali tuang adonan berapa banyak? Teflonnya ukuran berapa? شكرا يا امي

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 13, 2013

      Asal jangan panggil Oom aja, Farhana, hihihi.. Pakai teflon gak bisa deh, kurang tebal alasnya. Harus pakai loyang martabak dan bagian bawahnya dialasi seng atau besi tebal.

  • Reply
    aisyah
    December 23, 2013

    Bu fat,tadi di resep martabaknya saya baca ada santan kental 50ml..itu santannya direbus dulu atau langsung dari perasan kelapa pakai air mentah?thank you

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Pakai santan siap pakai atau santan segar direbus dulu dan didinginkan sebelum digunakan.

  • Reply
    aisyah
    January 11, 2014

    Klo mslnya hbs buat adonan trs adonannya dimasukkan lemari es,dicetak nanti atau besuk gt bisa bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 18, 2014

      Adonan martabak manis mengandung ragi. Bila didiamkan terlalu lama akan terjadi.over fermentasi yg mengakibatkan rasa asam terlalu tajam dan basi.
      Sebaiknya buat adonan selalu segar dan secukupnya saja sesuai kebutuhan. Bila satu resep dirasa terlalu banyak. Buatlah setengah resep.
      Tetap semangat ya!

  • Reply
    aisyah
    January 25, 2014

    Di resepnya kok tidak ada ragi nya bu?apa soda kue itu kah?mohon balasannya..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 30, 2014

      Resep ini memang jenis yang tidak menggunakan ragi, Aisyah. Yuk, dicoba saja.

  • Reply
    rezma
    April 19, 2014

    bu maksudnya adonan dikopyok2 tu gmn? apalah diaduk atau dimixer begitukah?

  • Reply
    Ziza
    April 30, 2014

    Bu Fatma sy jg kurang mengerti dengn kata di “kopyok2″….gmn crx ditepuk2 dngn telapak tngn kan adonanx cair bu’…..ap bs terjadi gelembung-gelembung udara jika cmn ditepuk2 dengan telapak tangn? Maaf bu’ pertanyaan sy asal, tp sy benar2 tidak mengerti…terima kasih sebelumx

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 2, 2014

      Hihihi.. Berarti ini generasi muda semua yaaa.. Ini adalah teknik jaman dulu kala, yg digunakan oleh para nenek kita yang hebat itu dalam membuat aneka kue.
      Ya betul, adonannya cair. Ditepuk-tepuk bisa juga menggunakan sendok kayu. Mudahnya, coba perhatikan tukang martabak manis, sesekali dia mengopyok2 adonannya sengan sendok besar.
      Apakah bisa terjadi gelembung udara? Bisa, pake banget.
      Teknik ini juga dilakukan dalam pembuatan kue mangkok, bika ambon, serabi, dll.
      Bila harus melakukannya untuk waktu yang lama, bisa digunakan mikser listrik.

      • Reply
        ina
        April 17, 2016

        bu Fatmah, kalo pakak mixer listrik ‘ngopyok’ nya berapa lama ya? nuwuun

  • Reply
    Diana
    May 31, 2014

    Bu fat..kalau soda kue dilarutkannya pakai air dingin, hangat, atau suam-suam kuku?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 1, 2014

      Kalau tidak disebutkan apa-apa, berarti air suhu ruang biasa.

  • Reply
    nur
    August 29, 2014

    moga dilimpahkan pahala atas resep2 yg sangat sangat membantu.

  • Reply
    Risma
    September 1, 2014

    Bu Fatmah…..bs gak ya kl santan nya di skip dan di ganti susu cair ?

  • Reply
    Elise
    November 3, 2014

    Bu Fatmah, apakah resep martabaknya, bisa untuk martabak garing tipis yg crispy ga?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 3, 2014

      Halo elise, kami belum pernah mencobanya, tapi secara teori seharusnya bisa. Dicoba saja ya, kami tunggu laporannya 🙂

  • Reply
    Elise
    November 4, 2014

    Aq tunggu ya, Bu. Krn suka banget makan martabak yg tipis n garing gitu … Tq

  • Reply
    anisah
    November 13, 2014

    10g soda kue kira2 brp sdt ta bu?

  • Reply
    January 1, 2015

    Asslmkm.wr.wb
    Bu Fatma kok martabakku jadi ‘pancake raksasa’?? Martabaknya gagal bersarang, apa ya penyebabnya?? Laris manis sih dimakan. Kata keluarga meski nggak jadi tapi rasanya enakk… Mohon pencerahannya ya…
    Terima kasih bu..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 3, 2015

      Martabak harus dimasak dengan cetakan/loyang martabak yang tebal bagian bawahnya, kalau tidak martabak akan keburu matang sebelum sarangnya terbentuk. Bisa juga karena adonan kurang dikopyok atau kurang lama didiamkan.

  • Reply
    Rayhan
    April 21, 2015

    Klo resepnya dipake buat bikin martabak biasa ukurannya bisa kan. Dan klo wajannya ketebalannya hampir sama dgn cast iron pan bisa kan???

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2015

      Ukuran biasa, bisa.
      Cast pan iron sepertinya masih kurang tebal sedikit pak.

  • Reply
    martini
    May 17, 2015

    bu fatma salam kenal semoga ibu berlimpah pahala telah berbagi resep dg kami pemula hehe

  • Reply
    Dody
    July 10, 2015

    Bu Fatma, ini saya sudah mencoba adonannya tapi kok ngga ngembang ya bu? Pdhal sudah 1 jam.
    Lalu saya mau nanya utk kursus di NCC di Surabaya dan Sidoarjo kpn diadakan?
    Maturnuwun.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2015

      Dear Doddy, perhatikan baik-baik resepnya. Tidak ada bahan pengembang sama sekali bukan? Resep ini memang tidak untuk mendapatkan martabak manis mini yang mengembang tapi martabak manis mini yang kenyal dan bersarang. Persis seperti pada umumnya martabak manis ukuran besar tapi mini. Ada soda kue di dalamnya yg akan membantu agar martabak kenyal dan bersarang bagus. Fermentasi tidak ditujukan untuk mengembangkan adonan tapi untuk membentuk gas dari soda. Bila sarang kurang banyak terbentuk anda cukup membantunya dengan cara menepuk-nepuk adonan atau memukul adonan menggunakan balloon whisk. Akan didapat martabak mini yg bersarang kenyal dan enak sekali. Tetap semangat mencoba lagi ya!

  • Reply
    Vera
    August 13, 2015

    Halo bu Fatmah, diatas disebutkan pemakaian wajan martabak, bawahnya dilapisi lagi sama besi.. Apakah itu berlaku jg jika wajan yang digunakan terbuat dr teflon? Besi yang digunakan kira kira ad dijual dimana ya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Sebaiknya iya.
      Besinya bisa dibeli di toko bahan kue atau toko-toko oven dan loyang di pasar.

  • Reply
    August 23, 2015

    pegen bisa buat martabak ngembang kayak gitu juga….

  • Reply
    arie novia
    August 29, 2015

    Bu fat… itu melarutkan soda kuenya airnya diambilkan dari resep atau air terpisah ya? Terima kasih

  • Reply
    Elise
    November 27, 2015

    Bu Fatmah, intinya martabak manis ini harus dikopyok lama ya? Td sy coba resep, alhasil itu martabak jadinya bantet spt cake bantet gitu. Tetap sy kopyok n diamkan lbh dr 30 menit. Cm ya kopyoknya ga lama. Mohon pencerahannya. Tq.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 30, 2015

      Kalo nurut resep in syaa Allah jadi deh. Kopyoknya 10 menit.

  • Reply
    Aldi
    January 26, 2016

    Terima kasih buat resepnya, sangat membantu sekali. Btw, saya mbuatnya pake teflon (soalnya ga punya alatnya hehe) dan Alhamdulillah berhasil. Caranya niru abang2 penjual martabak manis yaitu waktu adonan ditungkan ke wajan, apinya digedein dikit (mungkin biar cepet panas dan gelembungnya lebih cepet keluar) baru kalo udah banyak dikecilin lagi sambil dikasih gula, semoga membantu.

  • Reply
    Nduk
    March 1, 2016

    bu apakah resep ini bisa di tambahkan Blueband cair pada adonanya…???dan kapan waktu yang tepat
    untuk mencampurkanya?terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 11, 2016

      Tidak perlu, Nduk. Mentega diberikan ketika martabak diangkat dalam keadaan panas.

  • Reply
    April 8, 2016

    Assallamu’allaikum Ibu..
    Mohon pencerahannya, saya ndak punya cetakan martabak tapi punya cetakan kue apem. Ibu pasti tau kue apem kan? (kue yang biasanya selalu ada di kotak jajanan untuk acara selametan orang meninggal)
    Bisa menggunakan cetakan itu ndak bu?
    Terimakasih sebelumnya untuk kesediaan Ibu menjawab pertanyaan saya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 11, 2016

      Bisa saja, hanya bentuknya nanti beda.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 11, 2016

      Asalkan dasarnya tebal, bisa. Kalau dasarnya tipis, martabak akan cepat hangus sebelum lubang-lubangnya jadi.

  • Reply
    pinch
    May 14, 2016

    Haloo bu fatmah, kira2 1 resep adonan ini jk dibuat dgn cetakan martabak uk. 20 terlalu tebal/terlalu tipis ya ?
    Thnks

  • Reply
    hafifa
    June 15, 2016

    Ada yang bilang kalau soda kuenya dicampur saat hendak di pinggang martabaknya, krn kalau dicampur diawal Dan didiamkan lama nanti hilang manfaat sodanya, apa bener bu fatma?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 30, 2016

      Resep ini justru didiamkan 30 menit setelah dikopyok. Benar semua, tergantung pengalaman masing-masing. Silakan dicoba kedua metode, in syaa Allah jadi semua 🙂

  • Reply
    Nadhifa Justine
    June 30, 2016

    Bu Fatimah, izin bertanya boleh? Kalau tepungnya pake tepung segitigabiru aja bisa kan? Kalau pake santan itu emang ga basi? Makasih , semoga dijawab:)

  • Reply
    Inne
    October 22, 2017

    Selamat malam bu/pak , saya mau tanya untuk kursus ini apakah ada untuk lokasi surabaya/sidoarjo?
    Misalkan ada lokasinya dimana ya?
    Terimakasih

  • Reply
    December 3, 2017

    Sangat Bermanfaat

Leave a Comment