Semprit Cokelat

Ingat ya, tulisan yang benar adalah COKELAT, bukan COKLAT. Cokelat = chocolate, coklat = brown. Hayuukkkk, segera dieksekusi!

Tahukah anda? menguasai dua resep semprit saja sebetulnya anda telah menguasai banyak resep. Karena dari resep ini anda bisa modifikasi menjadi beragam rasa kue kering lain. Misalnya dicampur kacang mede, corn flake dan lain-lain. Cihuiiyyy, ceriakan lebaran dan semangat menambah varian jenis kue kering jualan kita dengan selera jadul yang tidak lekang oleh waktu.. *langsung menerawang inget masa kecil*

Semprit Cokelat

By Fatmah Bahalwan

Bahan:

300 gr margarin
350 gr tepung terigu protein rendah
50 gr cokelat bubuk
2 butir kuning telur
200 gr gula halus
1 sdt vanilla

Bahan tambahan:

Chocolate chips

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan gula bubuk sampai lembut.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan terigu, coklat bubuk dan vanilla yg sudah diayak, aduk rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, cetak menggunakan spuit bintang nomor 4B. Beri hiasan chocolate chips ditengahnya.
  5. Panggang dengan suhu 140 derajat Celsius  selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang dan renyah.
  6. Menghasilkan 2,5 toples ukuran 500gr.

Bravo semprit jadul *kalem*

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

70 Comments

  • Reply
    Menik
    August 1, 2013

    Bu Fat yang cantik….

    Klo boleh nanya, apakah perbedaan antara kue semprit yang menggunakan metode kocok telur dan gula dulu (spt resep semprit jadul) bila dibandingkan dengan semprit yang metodenya kocok mentega dan gula seperti semprit coklat ini?

    Maturnuwun…….

    Love,
    Menik

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 2, 2013

      Hallo Menik,
      Pada kue kering sebetulnya kedua teknik ini akan menghasilkan adonan dan hasil jadi yang mirip saja. Jumlah telur yang hanya sedikit tidak, terlalu signifikan mempengaruhi hasil jadi kue kering.
      Pada teknik pengocokan telur gula terlebih dahulu biasanya akan menghasilkan adonan yg lebih liat dibanding dengan teknik pengocokan mentega dan gula.

  • Reply
    Ina
    August 5, 2013

    Minta petunjuknya..kira kira brapa lama waktu pengocokan mentega dan gula sampai bisa dikatakan lembut bu?trima kasih sebelumnya

  • Reply
    yetty
    August 9, 2013

    Assww, B’ Fat,

    Klu coklat sy ganti dengan kacang bisa?….. trus takaran terigunya sama?

    Thx Ibu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 10, 2013

      Halo Yetty, cokelat bubuk adalah bahan bubuk, sehingga dia hanya bisa digantikan dengan bahan bubuk juga, seperti terigu, susu bubuk, maizena, dll. Kalau ingin digantikan dengan kacang, maka kacang harus digiling hingga halus.

  • Reply
    Nur
    October 12, 2013

    Bu Fat, itu yg bener pake margarin atau mentega? Alhamdulillah kmrn aku praktek semprit jadul dan lgs ada yg pesen 2kg, lebaran kmrn kue kering yang aku bikin semua resepnya aku ambil dari resep NCC dan semu bilang kuenya enaaaaakkkkk, insya allah secepatnya mau ikutan kursus juga biar tambah pengetahuan tentang memanggang dll….

    salam hormat, semoga seluruh kru NCC selalu diberikan kesehatan, aamiin 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 13, 2013

      Margarin, sesuai resep. Kalau ingin diganti mentega boleh-boleh saja.
      Alhamdulillah, semoga berkah dan manfaat selalu untukmu ya. Sukses, amiin untuk doa indahnya.

      • Reply
        dewi
        June 30, 2015

        Maaf mengganggu jam sibuknya ya Mba. Jika berkenan dan ada waktu, minta sedikit masukan ttg beda margarin dan mentega ya Mba. Trma kasih.

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          July 1, 2015

          Ada di rubrik Artikel. Silakan klik menu Artikel, Indeks Artikel.

  • Reply
    santy
    April 9, 2014

    Dear bu Fat.
    Kuenya cantik sekali. Bisa seragam gitu hasil cetakannya pakai spuit kah?

  • Reply
    Endang
    April 17, 2014

    Tanya dong. Kenapa saya kalo bikin kue semprit hasil cetaknya garis2 bunganya gak bisa tegas spt di gambar ya. Kadang pas di cetak bisa bagus tp setelah di panggang jd mleber garis2 bunganya jd samar2 saja.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 19, 2014

      Mengocok mentega/margarinnya jangan terlalu lama, cukup 1 menit saja.

  • Reply
    May 16, 2014

    Ass bufat.. untuk loyang sebaiknya dialas dengan kertas roti atau hanya dengan dioles mentega? Apa mempengaruhi hasil akhir? Terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 18, 2014

      Oles mentega cukup, atau alas kertas baking. Kalau pakai baking paper tidak perlu oles mentega lagi. Pengaruhnya ke lengket atau tidak 🙂

  • Reply
    riza
    May 29, 2014

    Bedanya margarine dgn mentega apa bu ? Bisa kasih contohnya?

  • Reply
    June 26, 2014

    Halo Bu,kalo semprit coklat hanya pakai margarine saja ya ?bole ga tambahin mentega ?kalo bole kira-kira brp gram ya..?makasih Bu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2014

      Tentu boleh. Butter bisa menggantikan margarin hingga separuhnya. Seluruhnya juga bisa, tapi tekstur akan lebih rapuh.

  • Reply
    July 12, 2014

    halo Bu Fat,kemarin sy coba buat kue ini rasanya enak sekali anak2 suka tp kok kuenya retak2 sedikit dan melebar ya…? maklum masih pemulah perlu bimbingannya Bu,makasih..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Mengocok mentega/margarin jangan terlalu lama supaya kukis tidak terlalu melebar ketika dipanggang.

  • Reply
    dian
    July 13, 2014

    gula halusnya itu yg dipakai utk donat bukan ya? atau gula pasir diblender sampai halus?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 14, 2014

      Bukan gula donat, bukan gula pasir, tapi gula bubuk.

  • Reply
    Eva
    July 14, 2014

    Ass. Ibu Fat yang pandai.
    Saya mau membuat cookies sagu, tanpa keju juga tanpa kacang mede. Adonan nya jadi bagaimana ya bu. Satu lagi permintaan saya bu posting kue kering rasa asin selain keju dong bu. Kursus di Bandung kapan bu?
    Terimakasih. Wass, Eva

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 14, 2014

      Cookies sagu bisa saja sibuat tanpa keju. Seperti kue bangkit misalnya atau abaikan saja kejunya tetap jadi koq kue keringnya. Tidak perlu juga diberi kacang mede.
      Kue kering asin tanpa keju? lucu juga ya. Insya Allah deh nanti saya coba buatkan resepnya ya. Mohon sabar.
      Awal september insya Allah saya akan ke Bandung. Tunggu jadwal pastinya ya diwebsite kami.

  • Reply
    caca
    July 14, 2014

    Dear Bu Fatmah
    Kalo misalnya mau ditambahin cornflake komposisinya jd gimana? Thanks

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2014

      Tambahkan mulai dari 25-50 gram. Kami belum pernah mencobanya, ditunggu laporannya ya.

  • Reply
    July 15, 2014

    Bu tepung terigunya harus yg protein rendah ya kalo pakai yg tepung segitiga bisa ga?mempengaruhi tekstur kuenya atau tidak?makasih bu…

  • Reply
    Nia
    July 19, 2014

    Ass.Bu, mau tanya mengocok dlm pembuatan semprit ini memakai mixer atau secara manual dengan alat pengocok biasa? trmksh

  • Reply
    hesty
    November 16, 2014

    Bunda fat…
    Klo saya punya margarinnya 200gr dan tp 250gr itu gmn..takaran gula halus nya dan telornya…?
    makasih bun..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 1, 2014

      Buat setengah resep saja bu, bagi dua semua ukuran bahan.

  • Reply
    Maria S.
    December 9, 2014

    Bu Fatmah, adonan kue ini bisa dicetak pakai cetakan kue semprit yang model press/tekan itu, nggak ? Terimakasih sebelumnya… ☺

  • Reply
    indah
    June 5, 2015

    Cuma mau laporan aja bu fat..
    Saya sudah praktek resep ini dan hasilnya enak..
    Kalau saya mau bikin cookies cokelat yg ada choco chipnya yg dicampur mete, apa resep ini bisa jadi adonan dasarnya?

  • Reply
    puspa
    June 10, 2015

    Dear bu Fat, bisakah saya menambahkan bubuk kayu manis pada resep ini? Jika bisa, komposisinya kira2 brp gr ya bu?
    Soalny ibu saya dulu pernah dikasih temanny kue kering seperti ini & ada aroma kayu manisnya…
    Terima kasih sebelumnya…

  • Reply
    ILA
    June 12, 2015

    assalamu’alaikum..bu fatma, saya udah beberapa kali coba bikin kue semprit, termasuk yg ini. cuma satu kendalanya, susah pas ngebentuk pake spuit, semua sudah sesuai takaran, adonan lembek tp tdk selembek butterkrim. tolong dong kasih tipsnya
    ,,,makasih sebelumnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 26, 2015

      Masukkan tepung jangan sekaligus. Bertahap sedikit demi sedikit. Kalau adonan sudah bisa disemprit dengan enak, hentikan penambahan tepung, tidak perlu memasukkan semua tepungnya.

  • Reply
    Elisa
    August 28, 2015

    Salam kenal bu, mau tanya, membedakan terigu protein rendah, sedang atau tinggi bagaimana? Lihat di bagian apa ya bu? Contoh merknya apa?
    Maaf, masih belajar jd belum tau. Terimakasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Protein rendah, misalnya Kunci Biru.
      Protein sedang, misalnya Segitiga Biru.
      Protein tinggi, misalnya Cakra Kembar.
      Lihatnya di keterangan penggunaannya. Cake dan Cookies => Protein Rendah. Aneka makanan (serba guna) => protein sedang. Roti dan Mie => Protein tinggi.

  • Reply
    Amel
    December 31, 2015

    Salam kenal IBU…saya Mau Tanya, jika ditambahkan baking powder dalam bahan2 kue di atas apakah hasilnya akan lebih baik? Sebenarnya perlu atau tidak menambahkan baking powder untuk membuat kue-kue kering? Terima Kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 13, 2016

      Salam kenal kembali, Amel. Tidak perlu penambahan baking powder dalam kukis ini. Kukis lain yang memerlukan pengembangan mungkin saja diperlukan. Ikuti saja resep dengan patuh, ya.

  • Reply
    Hifnelda
    May 13, 2016

    Assalamualaykum
    Ibu fatimah, kalau ingin kue semprit non cokelat, seperti gambar di sebelah kiri itu apakah hanya tinggal skip cokelat bubuk saja?atau bagaimana?
    Wassalamualaykum

  • Reply
    titik
    May 27, 2016

    Mau tanya bun, tepung trigunya bisa diganti dengan tepung larut gak?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 30, 2016

      Bisa saja, bu titik. Kami belum pernah mencobanya. Yuk dicoba saja, terus ceritakan yaaa..

  • Reply
    Ayie
    June 10, 2016

    Assalamualikum bu fat…laporan kemaren membuat semprit ini dengan menambahkan chococrunh yg di blender kasar sebanyak 50 gram hasilnya enakkkkk sekali dan crunchy…makasih bu fat resepnya…wassalam

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2016

      Masya Allah.. Alhamdulillah.. Sukses untukmu ya.

  • Reply
    June 10, 2016

    Ncc resepnya bagus2, cocok di bulan ramadhan ini.

  • Reply
    Melin
    June 17, 2016

    Halo bu saya ingin bertanya, untuk kue ini apakah bisa ditambahkan bumbu spekuk ? Kalau bisa takarannya berapa ya ? Terimakasih bu

  • Reply
    Anas
    September 28, 2016

    Halo Bu, mau nanya.. kemarin sempat buat semprit pakai resep ini.
    Untuk kereyahannya nampak kurang renyah..
    Namun ketika saya coba masukkan cookies ini ke kulkas,
    kerenyahannya menjadi pas..
    Apa yang salah ya?
    Apa saya bisa mengurangi jumlah tepung terigu yang digunakan dan mensubtitusi dengan tepung maizena?
    Berapa yang kira2 tepung maizena yang harus saya tambahkan dan brp yang harus saya kurangi dari tepung terigu?
    Apakah dengan mensubtitusi tepung terigu menjadi tepung maizena, bisa menambah kerenyahan cookies ini?

  • Reply
    November 17, 2016

    Yang bener cokelat ya bu bukan coklat? wah berarti selama ini saya salah ya ^_^. Thanks sudah diingatkan. Nice artikel.

  • Reply
    Reza
    March 2, 2017

    Bu Fatmah, mohon pencerahan. Kenapa saya bikin semprit pake resep ini, slalu beleber yah bu? Bagaimana teknik mengaduknya yg benar yah bu?
    Waktu itu saya coba pakai mixer, ngaduk sebentar. Dan pernah jg ngaduk bahannya pake spatula saja, tanpa mixer. Dan hasilnya sma selalu beleber. Saya tambahin tepun biar ga bleber maksudnya, tapi malah keras. Gimana ya bu cara mensiasatinya? Terimaksih

Leave a Comment