Hovering Effect pada Cake 3 Dimensi

Pernah melihat cake 3 dimensi dengan efek seolah-olah ia mengambang di udara? Ia terlihat kokoh walau hanya disangga roda atau kaki kecil. Seperti pada bentuk mobil, pesawat, meja, dan lain-lain. Atau bahkan bajay dan piano seperti contoh di atas.

Ini dikenal dengan hovering effect atau efek mengambang.

Efek mengambang diperlukan untuk pembuatan bentuk-bentuk yang memiliki kaki atau roda, seperti cake piano, mobil, bajay, dll. Teknik ini membuat kue seolah-olah mengambang atau berdiri di atas kaki atau rodanya.

Sebetulnya cara membuat efek ini mudah saja. Tidak hanya David Copperfield yang pintar memainkan ilusi, tukang kue juga loh! Kesan mengambang ini terjadi karena ilusi. Sebetulnya kue disangga di tengah-tengah, hanya saja besar penyangga lebih kecil dari kue yang disangga, sehingga tidak terlihat dan memberikan kesan seolah-olah kue mengambang. Inilah step-by-step pembuatannya:

teknik-mengambang-1-small-tile

  1.  Siapkan styrofoam yang sudah dipotong lebih kecil dari ukuran kue. Tempelkan styrofoam pada cake board menggunakan double tape.
  2. Gilas fondant lebih kurang 3 mm, ukur luasnya sesuai luas cake board dan permukaan styrofoam. Tutup cake board dan styrofoam, rapikan, potong pinggirnya.
  3. Potong impraboard seukuran styrofoam. Basahi fondant dengan sedikit air, letakkan impraboard di atas tonjolan styrofoam. Impraboard ini berfungsi sebagai alas kue, sehingga jika kue dipotong, ia tidak akan langsung mengenai styrofoam.
  4. Letakkan kue yang sudah ditutup dengan fondant di atas impraboard. Ta-da! Kue seolah-olah mengambang di udara! 🙂 Lanjutkan melengkapi kue dengan roda, kaki, dan lain-lain sesuai keinginan.

 

2 Comments

  • Reply
    tin
    July 15, 2013

    bu pingin jadi anggota NCC gimana caranya????sy pingin kursus bu. sy di kota kecil

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 15, 2013

      Kalau kursus tidak perlu menjadi anggota, langsung datang saja ke Jakarta 🙂
      Untuk menjadi anggota milis, silakan akses linknya pada menu Community di atas, klikdi “NCC”

Leave a Comment