Putri Salju

Salah satu jenis kue kering klasik yang wajib hadir di setiap hari lebaran. Lembut dan crunchy karena adonan dicampur dengan kacang mede cincang. Balutan gula halus yang putih bersih, membuat penampilannya bak putri salju.

Putri Salju

Fatmah Bahalwan

Bahan:

250gr mentega
100gr gula halus
200gr kacang mete (panggang, haluskan)
250gr tepung terigu

Bahan taburan:

150gr gula bubuk, aduk dengan 1/2 sdt vanilli (optional)
gula donat secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega dan gula halus hingga lembut, tambahkan kacang mete dan tepung terigu, aduk rata.
  2. Bulatkan adonan, simpan dalam kulkas ½ jam, bentuk bulan sabit.
  3. Susun dalam loyang tipis (loyang cookies), panggang dalam oven selama lebih kurang 20 menit, hingga matang.
  4. Panas-panas, gulingkan dalam gula bubuk biasa. Setelah terbalut rata, gulingkan dalam gula donat.

 

27 Comments

  • Reply
    Myrtha
    July 26, 2013

    ​لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Bu, saya mau tanya mengenai gula…
    Apa bedanya gula halus, gula bubuk, gula donat dan tepung gula…
    Mohon pencerahannya Bu… *bingung*
    Wassalam

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2013

      Gula halus = gula icing = gula bubuk = tepung gula = gula murni yang dihaluskan menjadi bubuk. Digunakan untuk membuat kue, topping, dll.
      Gula donat = gula halus yg sudah diberi esence mint untuk efek dingin di lidah. Digunakan untuk topping.

  • Reply
    Puspa
    July 26, 2013

    Mb, saya kan pengen bikin putri salju keju. Semisal tanpa pake kacang mete bisakah?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2013

      Bisa saja, tapi namanya bukan lagi putri salju donk, kukis salut gula saja.

  • Reply
    chariza
    August 3, 2013

    mb kenapa putri salju yang saya buat hasilnya tdk lembut ya. keras kaya biskuit. apa kira2 penyebabnya. thx

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 5, 2013

      Jika semua bahan sesuai resep sebetulnya sangat mustahil putri salju bisa keras. Kecuali ada penggunakan bahan lain spt kacang tanah untuk menggantikan kacang mede.
      Coba diperiksa lagi mungkin ada salah takaran. Adonan puteri salju NCC yg benar adalah lembek. Bahkan supaya bisa dibentuk harus dibekukan dulu minimal 30 menit dalam kulkas.
      Setelah dipanggang matang menjadi renyah.
      Tetap semangat ya bu, dicoba lagi.

  • Reply
    August 4, 2013

    Ternyata putri salju gak pake telur ya, pantas saja kemarin saya buat adonannya lembek. Akhirnya dicetak jd semprit deh.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 4, 2013

      Ya betul, puteri salju adalah jenis kue kering tanpa telur. Yuk dibikin lagi :)

      • Reply
        August 21, 2013

        Sudah kucoba bikin lagi. Hasilnya……sangat memuaskan (sebagai pemula). Terima kasih banyak ya bu atas sarannya.

  • Reply
    Myrtha
    August 4, 2013

    Dijelaskan dsini untuk membuat putri salju dibutuhkan mentega (butter semacamnya orchid wisman dll). Bisa ngga kalau kita ganti menggunakan margarin (BB forvita palmia dll)?

  • Reply
    Retno
    August 6, 2013

    Mbak Kalo metenya digoreng aja tdk dipanggang mempengaruhi hasil akhir gak? Makasih….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 6, 2013

      Mempengaruhi. Mete akan mengandung minyak goreng dan adonan akan lebih basah dan tidak serenyah yang metenya dipanggang. Memanggang mete jauh lebih simple dibanding menggoreng loh, retno :)

  • Reply
    paulina
    August 14, 2013

    Tolong tanya bagaimana cara menghaluskan kacang metenya supaya tidak keluar minyaknya. Terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 15, 2013

      Dear Paulina,
      Blender atau haluskan kacang mete sampai ia menjadi bubuk kasar saja. Hentikan penggilingan sebelum ia menjadi terlalu halus.

  • Reply
    latifah
    September 5, 2013

    Bu mau nanya bedanya margarin sama mentega apa yah

  • Reply
    Nur
    September 5, 2013

    Alhamdulillah, sudah mencoba beberapa kali… dan berhasil… enak sekali. Terima kasih NCC… :-)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 7, 2013

      Alhamdulillah. . Senang sekalii.. semoga terus bermanfaat.

  • Reply
    September 15, 2013

    Saya sudah praktekkan mba dan hasilnya sangat memuaskan..Alhamdulillah seneng banget rasanya. Pengen bikin lagi nih rencananya buat lebaran haji :)

  • Reply
    Sisca
    September 22, 2013

    Bu, saya ingin tanya pada saat dipanggang dalam oven selama 20 menit dalam suhu berapa derajat celcius ya? Terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 23, 2013

      kue kering cukup dipanggang di suhu rendah saja, sekitar 140 derajat celsius.

  • Reply
    Devi
    January 24, 2014

    Bu, klo kacang mete diganti kacang tanah hasilnya bagaimana ya?ada pengaruh ke adonan ga bu?makasih^__^

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 30, 2014

      Kue tetap jadi, meski rasa dan teksturnya sudah beda.

  • Reply
    Ulin
    March 25, 2014

    Mohon pencerahannya,setelah sy coba resepnya kok lembek sekali,bahkan setelah dipanggang & matangpun msh lembek

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 29, 2014

      Adonannya memang lembek, karena itu harus masuk kulkas minimal setengah jam sebelum dibentuk, agar adonan mudah dipulung. Bila hasil matangnya terlalu rapuh, bisa jadi terlalu lama mengocok mentega. Bisa juga disiasati dg mencampur dengan margarin 1:1.

Leave a Comment

Current day month ye@r *