Enting-Enting Kacang

Enting-enting Kacang ini dibuat kemarin, gegara stock nougat kacang untuk taburan bolu gulung masih banyak tapi saya harus tetap ajarkan cara membuatnya. Lalu tiba-tiba saya teringat Jidah, nenek saya Allahyarhamha- yang sungguh luar biasa. Beliau duluuu.. jaman saya kecil sering membuat Enting-enting seperti ini untuk dijual. Untuk mendapatkan penghasilan, untuk menolong ekonomi keluarga, untuk tetap berkarya dari dapur. Saya kecil suka menunggui disampingnya. Menunggu potongan pinggiran untuk dicemil-cemil. Nggak bantuin malah nakal ngambilin cuilannya melulu.

Jadilah begitu selesai bikin karamel, aduk dengan kacang, saya langsung minta tolong pegangin sutil sama mbak Gemi Miranti, salah satu pengajar NCC yg kebetulan datang, tuang adonan diatas Seven Papers, tutup lagi diatasnya dengan Seven Papers, laly saya gilas tipis dengan rolling pin. Segera potong-potong. Yuhuuuu,.. caooo, glethaaaak.. *cengkok Waljinah*

ENTING-ENTING KACANG

By: Fatmah Bahalwan

Bahan:

250 gr kacang tanah panggang pecah
250 gr gula pasir
1 sdm air
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuatnya:

  1. Siapkan wajan tebal. Masak gula pasir, air dan air jeruk nipis hingga menjadi karamel alias gula gosong. Jangan diaduk sebelum menjadi karamel semua.
  2. Masukkan kacang tanah panggang. Aduk rata.
  3. Angkat. Langsung tuang diatas meja atau loyang yang sudah dialasi Seven Baking Paper.
  4. Tutup atasnya dg baking paper lagi. Gilas tipis. Segera potong-potong. Sisihkan.
  5. Setelah dingin dan mengeras. Patah-patahkan sesuai lajur potongan. Bungkus dengan plastik.
  6. Kemas dalam wadah cantik. Jadikan salah satu varian bisnis anda. Insya Allah, bakal cepet kaya.

About the author  ⁄ NCC Indonesia

2 Comments

  • Reply
    May 1, 2018

    Ini memang jajanan tradisional yang sangat enak. Manis sekali, saya juga sering makan cemilan waktu ibu saya sering beli di toko.

  • Reply
    May 6, 2018

    Enak banget ini resep yang aku tunggu”.

Leave a Comment