Reportase Kursus: Roti Unyil, Bisnis Dengan Keuntungan Luar Biasa

“Saya ingin diajarkan cara menguleni adonan roti tanpa mesin”, demikian permintaan Ibu Sari ketika mendaftar ikut serta belajar pada kelas Roti Unyil Aneka Model di Natural Cooking Club. “oh iya, dengan senang hati akan kami ajarkan juga”.

Demikianlah, yang terjadi pada kelas roti Unyil aneka Model-pun, diajarkan cara menguleni adonan roti menggunakan tangan langsung, selain juga tetap diajarkan menguleni adonan menggunakan mikser roti. Ibu Sari yang berencana pergi keluar negeri dan bertempat tinggal disana untuk beberapa waktu lama, rupanya khawatir bila suatu saat tak mendapatkan mikser sesuai keinginan, tapi ingin tetap bisa membuat roti, menjadi tahu persis bagaimana mengerjakannya. Tidak terasa hal ini juga menyemangati para siswa lain yang masih belum memiliki mikser yang kuat untuk menguleni adonan roti, tapi tetap semangat ingin membuatnya.

Pada kelas ini diajarkan dua macam resep roti. Yaitu adonan roti ekonomis dan adonan roti premium. Perbedaan resep mulai terlihat dari bahan baku yang digunakan. Demikian juga dengan jumlah telur dan protein lainnya. Setiap siswa diajak mengenali bakal jadinya roti sejak membaca resep. Step by step menyiapkan bahan, menimbang tepat, dan mencampur adonan, langsung bisa dipelajari dengan seksama. “Ingat ya, masukkan Blue Band Master Cake Margarine setelah semua bahan kering dan bahan basah tercampur rata dan bergumpal-gumpal”. Karena Blue Band Master ini menjadi kunci utama untuk mendapatkan roti yang harum, lembut, lembab dan enak sekali.

Setelah melalui proses rounding dan fermentasi kedua, giliran membentuk dan memberi isi.  Semua peserta kursus tampak semangat melaksanakan tugas masing-masing. Sebelumnya tentu saja didemokan cara membuat 16 model roti. Masing-masing kemudian sibuk membuka video rekamannya, meniru dan praktek ulang membuat model roti yang diinginkan.

Hasilnya? Lihat pada foto-foto terlampir. Semua bagus-bagus. Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur dikelas ini, mengambil dua buah roti yang sudah matang. “Ayo kita lihat bersama tekstur dan serat rotinya ya!”. Woww, seratnya sempurna, aromanya harum. Yuk, kita cicip! Rasanya sungguh enak dan lembut.

Mari kita coba hitung, dengan modal 500 gram tepung terigu, didapat 100 buah roti unyil. Jika satu roti kita jual seribu Rupiah saja, berapa keuntungan yang akan didapat?. Sungguh merupakan bisnis dengan keuntungan yang luar biasa.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 Kuis:

  • Apakah yang menjadi kunci utama untuk mendapatkan roti yang harum, lembut, lembab dan enak sekali?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment