Sagu Keju

Jangan tertukar tepung sagu dengan tapioka ya, nanti keju sagunya berbunyi “klethak” dan bukan “prul” 🙂

Sagu Keju

Fatmah Bahalwan

Bahan:

300gr   tepung sagu (sagu tani)
2 lbr     daun pandan
100 gr  margarine
50gr     mentega
150gr   gula halus
1 btr     kuning telur
100gr   keju edam, parut
50ml     santan kental

Cara membuat:

  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  2. Kocok margarine dan mentega hingga lembut, masukkan gula, kocok rata. Tambahkan kuning telur, kocok rata. Masukkan keju parut, kocok sebentar saja, matikan mikser.
  3. Masukkan tepung sagu secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik  segitiga, pasang spuit bintang, semprotkan kedalam loyang kue kering yg sudah dioles mentega.
  5. Oven selama kurang lebih 40menit.

 

229 Comments

  • Reply
    artanti
    May 21, 2013

    Dears NCC:
    sudah lama juga tidak buka2 web nya NCC, ternyata sdh berganti “baju”.
    Btw, untuk resep Sagu Keju diatas, berapa menit kira2 untuk mengocoknya, karena sy pernah bikin sagu keju tsb n ngocok menteganya, ternyata setelah dibakar meleber gitu.
    Thx sblmnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 21, 2013

      Iyaaa, baju yang lama udah kesempitan, hihihi..
      Mengocoknya tidak bisa ditentukan menitnya karena tergantung kekuatan mikser masing-masing. Mentega cukup dikocok sampai lembut saja, kalau pakai hand mixer Signora kurang lebih 5 menitan. Pengocokan yang terlalu lama akan mengakibatkan kukis mbeleber terlalu lebar ketika dipanggang.

  • Reply
    amy
    June 1, 2013

    kalau enggak ada tepung sagu(sagu tani) bisa diganti dengan apa mbak?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 1, 2013

      Gak bisa, Amy. Kalo diganti donk namanya bukan sagu keju lagi 🙂

  • Reply
    Lina
    June 10, 2013

    Mbak,
    Suhu oven brp?
    Untuk toples 350gr kira2 bisa jadi brp toples?
    Makasih 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 12, 2013

      Suhu oven 140 derajat, Lina. Kira-kira 2 toples.

  • Reply
    June 10, 2013

    Assalammualaikum bu Fat, kue ini bener2 lumer dimulut dan uenak, tapi mengingat bhn2 yang mulai “ngetril” ngga merangkak lagi nih, saya ingin mengganti keju tua dengan keju cheddar? apa berpengaruh ke bentuk? dan kemarin coba buat kok gampang sekali hancur nggih?

    matur nuwun

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 12, 2013

      Keju tua bisa diganti keju cheddar tanpa mengubah bentuk, hanya perbedaan di rasa.
      Memang kuenya rapuh, bu, hehehe.. ngocoknya jangan kelamaan, cukup sampai lembut saja.

  • Reply
    artanti
    June 21, 2013

    Assww B’ Fat,
    Saya bbrp waktu yl beli tepung……, tapi di kemasannya “TAPIOKA, sagu Pak Tani Gunung”. Kemasannya tsb dominan ada warna kuningnya, yg suka ada di iklan TV. Itu bisakah untuk dibuat Sagu Keju?
    Thx Ibu sblmnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 22, 2013

      Dear Artanti,
      Gak bisa, karena tepung tsb adalah tepung tapioka, bukan tepung sagu.

      • Reply
        artanti
        June 22, 2013

        Ok dech…. thx ya Bu…… dari pd mubazir sy bikin cheese stick (unt campuran) bisa kali ya Bu.

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          June 24, 2013

          Ok, sama-sama bu Artanti. Sukses selalu dan salam manis 🙂

  • Reply
    ventea
    June 30, 2013

    Berarti tepung tapioka itu bukan tepung sagu ya bu?

  • Reply
    dinda
    July 3, 2013

    Ibu, mau tambah info untuk yang susah nemu keju edam, resep ini bisa pake cheddar. Parut cheddar-nya dan taruh di kulkas (bukan freezer) semalaman. Hasilnya lumer2 dilidah dengan keju yang krenyes2. Dirumah kami selalu pake cheddar untuk kue ini udah dari dulu. Eh pas nemu resep Bu Fatmah ternyata asline pake Edam Cheese ya *excited*

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 3, 2013

      Terimakasih infonya, Dinda. Insya Allah bermanfaat buat yang kesulitan cari keju edam, atau ingin menekan harga jual. Salam manis 🙂

    • Reply
      Kamelia
      May 18, 2020

      Assalamualaikum bunda Fat, setelah di pangganb, adonan saya meleber, ya mungkin ngocoknya terlmpau kelamaan, bagaimanakah menyiasati adonan sisanya? Apakah masih bisa diperbaiki dg menambah tepung sagu atau hrs jadi penghuni tong sampah? Mohon sarannya ya bun. Terimakasih sebelumnya.

  • Reply
    yetty
    July 7, 2013

    Assww Ibu,
    Saya sudah bikin cookies ini, tapi pada saat dibakar koq meleber ya…padahal saya ngocoknya cuman 2 menit lho dgn speed 2 (sy menggunakan mixer Philip).

    Thx Ibu sebelumnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 9, 2013

      Terkadang jenis sagu tertentu menjadikan sagu keju melebar. Sagu tani merk Alini dan Merbabu hasilnya bagus *bukan post berbayar 🙂 *. Atau coba kurangi lagi waktu pengocokannya.

  • Reply
    Ginda
    July 12, 2013

    Bu.. kl santan nya di skip boleh kah? mengurangi rasa gak?

  • Reply
    mariam
    July 13, 2013

    Assalamualaikum bu…
    Bu Fat.., kalo adonannya dibikin malem, trus dimasukkin kulkas, besoknya baru dipanggang, boleh gak Bu?? Trims infonya bu….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 15, 2013

      Adonan akan semakin sulit dispuit. Kalau mau menghemat waktu, lebih baik nimbang bahannya saja malam sebelumnya. Besok pagi tinggal nyampur dan panggang. Membuat adonannya tidak makan waktu lama. Persiapan bahan terlebih dahulu akan menghemat banyak waktu.

  • Reply
    Savitri
    July 16, 2013

    assalamualaikum bu fatma, saya nyobain resepnya kemarin dan rasanya uenak banget, cuma sayang kok meleber ya pas dipanggang? 🙁
    sebetulnya waktu kocok 5 menit itu cuma margarin + mentega atau sudah tercampur semua? lalu ga bisa di spuit pake plastik segitiga, plastiknya jebol, jadi pake cetakan yang bahannya kayu untuk ngedorongnya itu.
    Tipsnya gimana ya bu biar ga meleber? soalnya saya udh coba 3 resep dan semuanya meleber 🙁

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 16, 2013

      Sudah tercampur semua.
      Kalau susah dispuit, tambahkan sedikit saja santan sampai lebih mudah dispuit. Tapi jangan sampai keenceran adonannya ya.
      Selain pengocokan yg cukup sebentar saja, pemakaian sagu tani kualitas baik juga mempengaruhi. Gunakan merk Alini atau Merbabu. Hati-hati jangan tertukar dengan tepung tapioka.

  • Reply
    rini
    July 21, 2013

    Ibu maaf ini awam bgt, beda mentega dengan margarin apa ya bu? Pernah tanya di toko yg jual bahan2 kue, katanya sama. Ada merk apa bu yg bagus? Thxs

  • Reply
    risa
    July 21, 2013

    bu fatma salam kenal saya sudah buat resepnya rasanya enak cmn hasilnya bleber,soalnya saya pakai mentega semua..
    sebaiknya apakah kalau buat kue ini bahannya suhu ruang ataukah boleh dari kulkas langsung dipakai?
    bagaimanakah kalau mencampur adonanny tidak pakai mixer bu?
    mohon sharingnya terima kasih bu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 21, 2013

      Sebaiknya suhu ruang. Kalo suhu kulkas donk mentega dan margarinnya susah dikocok.
      Mencampur adonan dengan sendok kayu boleh-boleh saja, itung-itung fitness, hihihi..

  • Reply
    Jessi
    July 22, 2013

    Halo ibu, dulu saya sering buat sagu keju ini baik dengan tepung sagu maupun tapioka (di tempatku ga ada tepung sagu) dan hasilnya selalu bagus, rasanya pun sama. Minggu lalu baru buat lagi dan kuenya meleber dengan suksesnya. Karena sudah kemalaman dan sebal, adonannya aku masukan kulkas dan diteruskan beberapa hari kemudian. Ajaib, kali ini adonannya ga meleber. Karena penasaran, hari ini aku buat lagi dengan suhu oven rendah, ternyata malah meleber lagi. Kira-kira kenapa ya?

  • Reply
    Myrtha
    July 25, 2013

    ​لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

    Bu,
    Saya mau tanya…saya baru liat komen” ini…dan mau tanya mengenai tepung sagu….
    Tepung yg saya beli itu tepung merk “Liauw Tjoei Kang” Tapioka No.1 cap pak tani… Dari Tirta Kencana, Bogor. Apakah itu tepung sagu ataukah tapioka? Bisakah dipake u/ bikin kue sagu ini? Makasih Bu…

    Wassalam,
    Myrtha

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 26, 2013

      Alaykumussalam warrahmatullah..
      Dear ibu Myrtha,
      Kami belum pernah menggunakan tepung sagu merk tersebut. Sebaiknya ibu minta penjelasan dari toko tempat ibu membelinya. Jika benar termasuk tepung sagu berkualitas baik maka akan sangat cocok digunakan sebagai bahan baku membuat sagu kerju resep kami.

    • Reply
      Eco
      September 1, 2016

      Hai myrtha, saya lagi nyari sagu cap tani merk “liaw tjoei kang” liat comment Myrtha.. klo boleh tay beli dimana yah Myrtha? Soalnya susah banget nyarinya.. thanks before.. 🙂 🙂

  • Reply
    roo
    July 26, 2013

    assalamualaikum..

    salam kenal bu, klo misalkan cuma pake margarin aja tanpa mentega , dan keju yang di pakai bukan keju edam itu gimana ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2013

      Bisa. Dicoba saja. Soal selera saja. Keju edam (keju tua) tentu lebih nendang rasa kejunya dibanding keju cheddar.

  • Reply
    rita
    July 27, 2013

    Salam kenal bu, tepung sagunya disangrai dulu baru ditimbang atau ditimbang dulu 300 gr baru di sangrai, soalnya saya pake cara yg kedua ternyata hasil adonan lembek sekali tp jd mudah dispuit. Apa betul bu tepung sagu itu warna agak kecoklatan dibanding dengan tepung tapioka yang putih. Makasih ibu yang cantik.

    • Reply
      rita
      July 27, 2013

      Oh ya bu saya tidak suka yang terlalu manis.., kira kira bisa dikurangi menjadi berapa gram ya bu gulanya. Makasih

      • Reply
        NCC Indonesia Author
        July 31, 2013

        Kue sagu keju ini tidak terlalu manis kok. Kalau masih ingin dikurangi manisnya, jangan lebih dari 10% jumlah gula dalam resep.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2013

      Hi Rita, sangrai dulu baru ditimbang. Namun kalau hasilmu sudah cantik, tidak ada alasan untuk mengubahnya kecuali untuk mencoba dan bereksperimen.
      Tepung sagu tani warnanya sama putih dengan tapioka.
      Dibilang cantik jadi pengen sisiran.. 🙂

  • Reply
    melati
    July 28, 2013

    numpang nanya nih..klo jumlah keju yg digunakan lbh bnyak dri resep akan pengaruh ke adonan gak ya?? klo mau tambah keju, kira2 ada bahan yg perlu ditambah atw dikurangin gak??
    ~makasiii

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2013

      Penambahan bahan apapun pasti akan pengaruh ke adonan. Jika ingin menambah bahan tanpa mengubah bahan yang lain, jangan lebih dari 10%. Penambahan keju akan menambah rasa gurih, namun adonan akan lebih sulit dispuit. Usahakan keju sedikit hancur (kocok kecepatan rendah hingga parutannya menjadi pendek-pendek) supaya tetap mudah dispuit.

  • Reply
    trisni
    October 4, 2013

    salam kenal bu,karna saya suka banget kue sagu keju ini jadi pingin buat sendiri.mau tanya klo pake oven listrik pake panas atas/panas bawah atau dua2nya ya bu??masih bingung klo buat cookies dan untuk santan bisa diganti dengan susu cair.makasih bu.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 8, 2013

      Oven listrik, gunakan api atas bawah utk cookies. Kalau santan diganti susu cair, rasanya akan beda.

  • Reply
    ayena
    November 28, 2013

    siang ibu, slm kenal…
    ibu mau tanya, knp ya sy bikin kue ini jdx meleber pas d oven, jd klu pke spluit bentux dah ilang…trus sy cb resep baru…cm d campur sm tepung maizena… pas d oven hasilx bgs cm rapuh banget..kegoncang distoples kuex pecah… knp ya?

    trims.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 28, 2013

      Halo Ayena, sepertinya kamu terlalu lama mengocok mentega/margarinenya. Kocok sebentar saja, cukup 1-2 menit saja dengan kecepatan tinggi.

  • Reply
    hari
    December 19, 2013

    mbak2 yang pny info tentang buat toping donat mohon dibantu y..ato klo ada bukanya bole share saya di 08192006147 or inbox fb hari widiono

  • Reply
    hommy
    January 2, 2014

    Halo Ibu, salam kenal. Bu, saya beli sagu di toko tradisional, sampai di rumah baru sadar kalau warna tepungnya abuabu. waktu disangrai jelas banget keliatan arna abuabunya. Hasilnya lumayan enak sih untuk percobaan awal, hanya karena warna abu jadi jelek tampilannya burem. Apa mmang begitu ya bu? Terima kasih.

  • Reply
    fenni
    January 18, 2014

    Salam kenal,
    Bu fat mau tanya,sy sudah sering buat kue sagu ini selalu berhasil. Kali ini sy buat terlalu lembek,sepertinya santan terlallu banyak. Bagaimana y bu memperbaikinya?tambahkan sagu atau taro didalam kulkas saja?
    Terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 18, 2014

      Hallo Non, senang berkenalan denganmu. Bila terlalu lembek boleh disimpan dalam kulkas saja dulu.

  • Reply
    kacia
    January 26, 2014

    Halo Bu Fat sumber inspirasi,
    Kalo santan kental nya bisa pake santan kental yg instant kyk merk kara gitu ga ya? Thank you

  • Reply
    itsna
    April 4, 2014

    Ass bu fat.. salam kenal..
    saya masih bingung dg tepung sagu..dulu saya pernah beli tepung sagu, saya minta yg sagu tani..lalu dikasi tepung tulisannya tepung tapioka merk pak tani..saya bingung, lalu saya tanya apa ini benar tepung sagu..penjualnya bilang itu tepung sagu..berhubung saya baru pertama kali beli, saya ngikutin saja..
    warna kemasannya kalo tdk salah putih dan hijau..
    apa itu benar yg dinamakan tepung sagu tani bu fat?
    maaf klo pertanyaannya dasar sekali.. terima ksih sbelumnya..

  • Reply
    defi
    April 12, 2014

    Salam kenal bu fat,,kl ga pake keju komposisi yg lain jadi brp bun?? Makasih

  • Reply
    Asti
    April 28, 2014

    Thanks Ibu Fat/NCC Team,

    sudah hampir 5tahun setiap lebaran selalu kebanjiran orderan kue ini.
    emang uenakkk bener hasilnya.
    Semoga selalu barakah buat NCC Team!

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 29, 2014

      Amiiin.. Barakallah buatmu juga dan buat kita semua.. *peluuukk*

  • Reply
    husnul
    April 29, 2014

    ibu,,sy dh brp x nyoba resep ini,rasanya memang enak skli,tp kok rapuh skli y?apa ad trik khusus biar g trlalu rapuh??

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 29, 2014

      Kocok mentega/margarin jangan terlalu lama, 30-60 detik saja. Sagu tidak perlu disangrai jika ingin yang agak keras.

  • Reply
    Nur
    April 30, 2014

    Ass Bu Fat, mau nanya supaya sagu keju gak cepet mlempem tipsnya gmn ? makasih sebelumnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 2, 2014

      Jangan dikemas sebelum kue benar-benar dingin, in syaa Allah gak melempem kok.

  • Reply
    Melani
    May 5, 2014

    Assalamualaykom bu,,
    Mau Tanya nih, berhubung saya tinggal di luar indo tidak Ada tepung sagu tani, tp yg banyak tepung tapioca, bagaimana ya? BSA di substitusi tdk dengan tapioca ? Pengen bgt bikin sagu keju,, thx

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 7, 2014

      Beda hasilnya, Melani, tapioca lebih keras dan kurang melting di mulut. Tapi tetap enak kok, seperti sagon jadul teksturnya. Yuk dicoba saja.

  • Reply
    dilla
    May 8, 2014

    Ass bu fat..
    salam kenal..
    Saya mau tanyak perbedaan tepung sagu ama tepung larut itu apa ya bu,
    thx

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 9, 2014

      Tepung sagu terbuat dari pati batang pohon sagu. Tepung larut dari umbi garut. Tepung tapioka dari singkong. Eh gak nanya tapioka ya. *mimin dikeplak*

  • Reply
    itsna
    June 4, 2014

    Selamat malam buu..
    saya sdh mencoba resep ini..
    enak bu..pruuull…
    saya pakai sagu tani merbabu.
    tapi warna kuenya kok gak mirip kyk di foto di atas ya buu..
    punya saya warnanya agak kuning..foto di atas lebih ke warna putih ya buu..hehee

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 5, 2014

      Warna bisa dipengaruhi oleh tepung yang disangrai hingga kecokelatan dan proses pemanggangan. Untuk hasil yang putih bersih, tepung sagu disangrai sebentar saja dan pemanggangan kue menggunakan api lebih kecil dengan waktu panggang lebih lama.

  • Reply
    ella
    June 8, 2014

    Ass bu fat
    Salam kenal…mau nanya nih,sekedar info sy kan tinggal dimedan,sy udh cari sagu tani dgn merk merbabu,tp gk ada..yg ad kiloan tp warnanya gk putih seperti yg digambar alias butek,hasilnya pun bleber tapi uenak..
    Apakah benar merk sagu bisa mempengaruhi hasil kue setelah dipanggang,atau krn pengocokan terlalu lama..makasih y buk..!!

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 14, 2014

      Wa’alaiykumsalam Ibu Ella di Medan. Sebetulnya bukan merk tepung sagu tertentu yang mempengaruhi hasil jadi sagu keju, tapi kualitas tepung sagu-lah yang terpenting. Kalau disana adanya tepung sagu butek tapi enak rasanya, ya marilah kita nikmati saja. Yang penting enak to? Tetap semangat ya!

      Sedangkan pengocokan mentega dan gula yang lama hingga pucat dan mengembang pada resep sagu keju ini, justru harus. Jadi bukan salah bunda mengandung, eh salah kelamaan kocok yg membuat sagu keju mleber, tapi salah satunya adalah kualitas tepung sagu.

      • Reply
        Nelly
        March 27, 2020

        Kalo tepung saguNya pake tepung sagu aren Gpp kah bu?

    • Reply
      Rully
      January 18, 2017

      Cobain produk terbaru tepung sagu asli dari pohon rumbia (Metroxylon Sagoo) di https://www.tokopedia.com/cv-podomoro/tepung-sagu atau https://www.bukalapak.com/p/food/dairy-products/1mxflj-jual-tepung-sagu-palopo bahan terbaik untuk produksi kue sagu keju anda

  • Reply
    Titin
    June 9, 2014

    Aslkm…bu tanya seumpama santan diganti kental manis gmn?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 10, 2014

      Wa alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.
      Gak bisa.

  • Reply
    ella
    June 12, 2014

    Ass bu fat..
    Salam kenal sekali lg,mungkin gk kenal maka tak sayang..
    Makanya pertanyaan sy gk dijwb hehehe,sy cm mau tanya apa benar merk sagu akn mempengaruhi hasil hasil kue setelah dipanggang,atau pengocokan yg lama…?
    Pdhl sy cm 5menit lho wkt pengocokanny..sblmnya trim’s y bu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 15, 2014

      Wa alaykumussalam warahmatullah ibu Ella. Sudah dijawab di atas, bu. Mohon maaf ini lagi ketimbun loyang, hehehe. Sukses selalu, ibu.

  • Reply
    lis
    June 17, 2014

    salam kenal ibu Fat yg cantik dan baik hati …

    mohon pencerahannya, bu, buat pemula seperti saya …

    menyangrai tepung sagu sampai daun pandan layu kira2 brp lama ya, bu? takutnya malah terlalu coklat

    terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 19, 2014

      Kurang lebih 5-10 menit. Atau ketika disangrai tepung terasa ringan, berarti sudah cukup.

  • Reply
    Tiara
    June 20, 2014

    Assalamualaikum bu.. saya mau tanya waktu saya bikin adonan ini dan mau dispuit kok agak susah ya? Adonan terlalu kental sampai dispuit pun gak bisa. Cara mengatasi nya bagiman ya bu? Terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 20, 2014

      Jika mengocok mentega/margarin sudah cukup lembut, adonan bisa dispuit. Tapi jika terpaksa, bisa diatasi dg menambahkan 1-2 sdm santan sampai mudah dispuit.

  • Reply
    Tiara
    June 20, 2014

    Cara mengatasi supaya adonan gampang dispuit gmana ya bu? Thanks 🙂

  • Reply
    lego
    June 24, 2014

    ass… Bu, Fat.. mohon infonya. td sy sdh bikin resep ini. kuenya enak banget. tp knapa ya kok kuenya rapuh banget? sebnya sy salah pemakaian tepung, tepung yg sy pakai ternyata tepung tapioka merk sagu tani. dan sy jg tdk memakai santan. sebenarnya bagaimana tekstur kue ini jika menggunakan resep aslinya? apakah rapuh sekali? trmksh. www

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2014

      Teksturnya melt in your mouth, tapi tidak rapuh, masih bisa diangkat dan dipegang dengan aman. Terlalu rapuh biasanya kalau pakai full butter. Coba campur dengan margarin atau gunakan margarin seluruhnya. Tapioka seharusnya malah lebih keras dari sagu. Cobalah santannya tidak ditinggalkan bu, in syaa Allah lebih enak lagi.

  • Reply
    sisis
    June 26, 2014

    Assalamualaikum bu Fat, salam kenal…saya sudah coba resepnya. sagu kejunya uenaaaaakkk bu trus kuenya juga ga rusak alias melebar seperti yg temen2 diatas cerita. cuma bentuk bunganya aja yg jelek hehe ga kayak punya bu Fat. saya ga bisa pake plastik segitiga bu makanya bikinnya bunganya manual tanpa plastik tapi jadi lama. minta tipsnya dong bu? trus mau tanya cara hitung buat jualannya gmn ya bu? insyaaAlloh pengen coba resep yg lainnya. pengennya ikutan kursusnya juga tapi saya di Bandung….ehhh malah curhat hehe maappp. trims bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2014

      Tipsnya, belajarlah mencetak menggunakan plastik segitiga dan spuit, in syaa Allah lebih cepet 🙂
      Menentukan harga jual ada artikelnya di web ncc ini, coba buka menu Artikel

  • Reply
    Cygnus
    June 27, 2014

    Sy sudah bikin bentuknya bagus mba tapi kok kurang garing/renyah gmn ya caranya spy lbh garing. Untuk rasa sih sudah enak.
    Mkasih….

  • Reply
    Netci
    June 28, 2014

    Assalammualaikum Bu Fat,

    Saya hanya ada microwave oven (katanya bisa buat mengoven) merek Samsung. Apa bisa uat memanggang sagu keju ini? Jika bisa bagaimana caranya?

    Makasiy banyak sebelumnya
    Netci

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 30, 2014

      Microwave oven bisa mematangkan tetapi tidak ada efek bakaran. Dicoba saja bu. Caranya tentu dengan mengikuti petunjuk pada buku manual microwave oven anda.

  • Reply
    rini
    July 2, 2014

    Assalamualaikum, ibu

    saya mau tanya, kalau santan diganti dengan susu cair bisa tidak
    dan merk susunya yang bagus apa

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 7, 2014

      Bisa tapi nanti rasanya beda loh, gak segurih kalau pakai santan.

  • Reply
    fannu
    July 7, 2014

    Ass..bu fat yg baik mau nanya
    kl mengocokny secara manual dg spatula bisa?aku takut trlalu lama mengocokya…takut meleber lagi bu
    Dan kl aku tdk pakai butter gimana…aku ganti dg blueband aja sepenuhnya…
    trimakasih ya bu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Diganti margarin ok.
      Pengocokan dg spatula boleh saja, malah sehat pake fitness 🙂

  • Reply
    Irin
    July 8, 2014

    Assalamualaikum Ibu Fat,
    Di kota saya (Jayapura, Papua) adanya tepung sagu merk lokal yg ada tulisannya “cocok untuk snack-kue-papeda”. Kalo pakai itu bisa gak ya bu? Dan kira2 rasanya gimana? Wassalam.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Bisa, asalkan sagu yang kering ya. Dari indonesia timur biasanya malah lebih enak aromanya.

  • Reply
    resti
    July 8, 2014

    Ass.wr.wb.
    Gimana kalau mentega dan margarine nya saya ganti dengan blue band cake and cookies yang khusus untuk kue itu lho..

  • Reply
    aulia
    July 22, 2014

    Salam kenal Bu Fat.., kemarin sy buat kue sagu keju, tp gagal total dioven jd meleber kaya emping tipis, bahkan dioven smp gosong juga tdk bisa kering, lembek. apa krn santan kara tdk saya campur air ya ? saya buat 3 resep sekaligus, jd santan kara murni saya pakai 150 cc. Sya mixer total juga sekitar 6 menit saja dr awal mentega-telur dan keju. Tahun lalu saya membuat msh bisa enak walo bentuk tdk secantik gambar, dan bisa renyah (dulu sy mixer terlalu lama 15 menit). dimana kesalahan saya ya Bu Fat ? Mohon pencerahannya. terima kasih

    • Reply
      aulia
      August 4, 2014

      kok belum dijawab, smp lebaran sudah selesai. hiks..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 5, 2014

      Hallo Ibu cantik, senang berkenalan dengan anda. Waaahhh, mohon maaf, sabar ya, ini pertanyaan ketelisut. Sagu kejunya nakal ya. Kejadian seperti ini biasanya karena kualitas tepung sagunya kurang bagus. Saya tidak pernah gagal bila menggunakan tepung sagu merk Alini atau Merbabu. Jangan lupa tepungnya disangrai dulu sebentar ya supaya sagu kejunya lumer dimulut. Mikser mentega dan gulanya boleh sampai sangat lunak 5 s.d 10 menit nggak masalah. Tapi kalau buatnya 3 resep ya tentu saja perlu waktu kocok lebih lama. Sesuaikan saja dengan jumlah bahan, yang penting ibu tahu standard lunaknya adonan sagu keju. Tetap semangat ya, dicoba lagi.

1 2 3

Leave a Comment