Sacher Torte

Alkisah di awal abad 20 pak Eduard Sacher dari Wina membuat kue cokelat berlapis selai apricot yang sungguh enak. Lalu di atasnya beliau tuliskan namanya menggunakan cokelat. Jadi kalau Sacher Torte gak dikasih tulisan “Sacher” di atasnya, berarti bukan kuenya Pak Sacher, tapi kuenya Bu Fatmah, hihihi.. Bikin yuuuk!

Sacher Torte

By Fatmah Bahalwan

Bahan A:

160 gr mentega/margarine
160 gr gula kastor
8 btr kuning telur
1 sdt vanilla
160 gr dark cooking chocolate, lelehkan
150 gr tepung terigu protein sedang

Bahan B:

8 btr putih telur
150 gr gula kastor

Bahan C:

250 gr selai apricot, panaskan

Chocolate Ganache:

350 ml whipping cream, kocok hingga kaku
350 gr dark cooking chocolate, cincang

Cara membuat:

  1. Bahan A:
    Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula kastor secara bertahap sambil tetap dikocok hingga mengembang dan pucat. Masukkan kuning telur kocok hingga rata, masukkan coklat leleh, aduk rata.
  2. Bahan B:
    Kocok putih telur hingga naik, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga gula habis dan putih telur kaku.
  3. Masukkan tepung terigu kedalam adonan mentega bergantian dengan putih telur kocok, aduk rata.
  4. Tuang kedalam 2 loyang bulat, garis tengah 22cm, tinggi 4 cm. Oven hingga matang.
  5. Chocolate Ganache:
    Panaskan whipping cream, angkat, masukkan dark cooking chocolate, aduk hingga meleleh semua, dinginkan.

Penyelesaian:

  1.  Letakkan satu lembar cake diatas alas kue berukuran sama dengan diameter cake, olesi dengan selai apricot.
  2. Letakkan lagi diatasnya satu lembar cake terakhir. Rapikan sudut-sudutnya, dinginkan di dalam lemari es.
  3. Letakkan cake diatas kawat yg ditaruh diatas baskom atau loyang, siram dengan chocolate ganache. Tuliskan “Sacher” di atasnya. Dinginkan.

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

50 Comments

  • Reply
    maria theresia
    December 15, 2013

    ibu Fat, mau tanya yang dimaksud gula kastor –> ini gula apa yah bu ? trims 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 15, 2013

      Gula yang butirannya kecil-kecil, bu. Kira-kira sebesar butiran gula impor.

  • Reply
    December 17, 2013

    Bu untuk sacher kalau pakai mentega sama margarine bisa g brp perbandingannya?untuk gula kastor d ganti dengan gula yang lain brp takarannya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 19, 2013

      1:1.
      Gula pasir jangan diganti, kalau tidak ada gula kastor, gula yg ada diblender sebentar hingga agak kecil butirannya.

  • Reply
    December 17, 2013

    oh satu lgi bu klo dark coklat di ganti dengan milk coklat gmn lebih enak atau tidak. terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 19, 2013

      Itu soal selera saja. Sebaiknya dicoba saja untuk mengetahui apakah kamu suka atau tidak.

  • Reply
    staesy
    December 26, 2013

    Bu fat yg whip creamnya yg cair apa bubuk bu? Jd di kocok mengembang dulu baru di panasin yah bu? Apa kl yg cair bisa langsung di panasin aja?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Whipping cream bisa digunakan yang cair maupun bubuk. Jika menggunakan yg bubuk , campur dulu dg air sesuai petunjuk pada kemasan. Tidak perlu dikocok dulu, langsung dipanaskan sesuai resep.

  • Reply
    ermalia
    January 28, 2014

    Bu fat mohon pencerahan ini ga pake baking powdee sama sekali ya?kmrn saya bikin tp setengah resep.tp ko tipis banget.kl

    • Reply
      ermalia
      January 28, 2014

      Maaf ke send pdhl blm selesai.kalopu
      digabung jd satu resep sepertinya tdk setebal buatan bu fat.ukuran loyangku sama bu… apakah kurang mengembang saat pengocokan kutel ya bu?

      • Reply
        NCC Indonesia Author
        January 30, 2014

        Kalau menggunakan loyang yang sama tentu akan tipis, kamu bikinnya setengah resep kan?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 30, 2014

      Betul, Ermalia. Tidak pakai baking powder sama sekali. Jika terlalu tipis, berarti loyang yang kamu gunakan terlalu besar.

  • Reply
    Bungi
    February 1, 2014

    Ibu Fat .. Mau tanya kalau unt loyang ukuran 16 brp ya Bu Fat komposisi adonannya ? Terima kasih Bu

  • Reply
    Luckyta
    July 20, 2014

    Halo bu fat saya mau tanya dan selalu kebingungan kalo ada resep mnggunakan cooking chocolate itu coklatnya jenis compound/couverture ya bu? Atau bukan keduanya? Mohon pencerahan, terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2014

      Umumnya compound, walaupun coverture juga bisa digunakan. Tapi jika menggunakan coverture biasanya disebutkan spesifik.

  • Reply
    novriwan
    October 15, 2014

    Loyang bulat bisa ga diganti persegi? Klo bisa Untuk loyang uk 26x26x4 takaran bahannya berapa ya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 25, 2014

      Bisa. Anda harus hitung sendiri berapa volume loyang untuk resep ini dan berapa volume loyang yang anda inginkan. Dari angka tersebut diperoleh perbandingan antara resep standard dg resep yg diinginkan, lalu semua bahan tinggal dikalikan dengan nilai perbandingan tsb. Yuk, mulai menghitung!

  • Reply
    Vitta
    September 9, 2015

    Bu Fat,
    Ada 3 pertanyaan saya nih, mohon advise nya:
    1. Mohon info, kalo pake gula pasir, apa efeknya ke hasil akhir?
    2. Apa cake ini cukup kokoh utk didekor dgn fondant?
    3. Kl saya mau manggangnya pake 1 loyang saja, apakah kemudian cake ini bisa di belah 2? Dan mohon tips nya membelah kue spy gak mencong2. Apakah bagusnya kue nya didinginkan dl di kulkas?

    Makasih byk Bu buat advise nya. Sulses selalu.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      1. Gula kastor adalah juga gula pasir, tapi butirannya kecil-kecil sekali. Sebaiknya gula pasir kalau butirannya besar-besar, diblender sebentar hingga agak kecil. Jangan sampai jadi bubuk ya.
      2. Ya, kokoh, karena merupakan jenis buttercake.
      3. Bisa. Tipsnya, tandai dulu garisnya dengan tusuk gigi yang ditancapkan atau dengan irisan tipis pada pinggir kue. Lalu ikuti perlahan dan hati2 mulai dari sisi luar, memutar, bergerak perlahan ke dalam. Practice makes perfect. Semangat yaaa…

  • Reply
    idha
    April 14, 2016

    bu saya mau tanya, kalau selai apricot bisa diganti dengan selai apa gitu? soalnya susah bgt nyari selai aprikot di daerah saya.. mau bikin bingung jadinya
    mohon advice nya bu, trims!

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 22, 2016

      Mengganti selai apricot bisa saja dengan selai yang sama-sama asam seperti selai marmalade/jeruk. Tetapi tentu tidak bisa lagi disebut Sacher Torte, karena pakemnya adalah dengan selai apricot.

  • Reply
    LepeEnava
    August 27, 2021

    https://buysildenshop.com/ – when was viagra released

  • Reply
    August 27, 2021

    Cialis 20 Beschreibung

  • Reply
    August 28, 2021

    Viagra Levitra Cialis Vergleich

  • Reply
    August 29, 2021

    Post writing is also a excitement, if you know then you can write
    otherwise it is complex to write.

  • Reply
    FrustyFes
    August 29, 2021

    http://buystromectolon.com/ – ivermectin cream

  • Reply
    August 30, 2021

    Thanks for sharing your thoughts on what.
    Regards

  • Reply
    smumemo
    August 30, 2021

    http://buypropeciaon.com/ – propecia for sale online

  • Reply
    August 31, 2021

    Prices Cialis

  • Reply
    September 1, 2021

    If some one needs to be updated with newest technologies therefore he must
    be pay a quick visit this site and be up to date everyday.

  • Reply
    September 2, 2021

    Hello There. I discovered your blog the usage of msn. That is
    an extremely well written article. I will be sure to bookmark it and come back
    to read extra of your helpful information. Thanks for the post.
    I will certainly return.

  • Reply
    September 2, 2021

    Hi, its pleasant article regarding media print, we all be familiar with media is a impressive source of
    information.

  • Reply
    September 3, 2021

    hello!,I really like your writing very so much!
    share we communicate extra approximately your article on AOL?
    I require an expert in this area to resolve my problem.
    Maybe that’s you! Having a look ahead to peer you.

  • Reply
    September 4, 2021

    I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was good.
    I do not know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you aren’t already ;
    ) Cheers!

  • Reply
    September 5, 2021

    Article writing is also a fun, if you be familiar with afterward you can write if
    not it is complicated to write.

  • Reply
    September 5, 2021

    Wow! After all I got a weblog from where I know how to really obtain useful facts regarding my
    study and knowledge.

  • Reply
    bilsown
    September 5, 2021
  • Reply
    enfodyday
    September 6, 2021
  • Reply
    affottTOg
    September 16, 2021
  • Reply
    September 16, 2021

    Cialis Y Para Que Sirve

  • Reply
    Myclina
    September 16, 2021
  • Reply
    Purnerb
    September 17, 2021

    http://buyzithromaxinf.com/ – azithromycin 1 gram oral packet

  • Reply
    September 18, 2021

    Can I Buy Zithromax At Walmart

  • Reply
    zidwism
    September 18, 2021
  • Reply
    September 19, 2021

    Viagra Pfizer 100

  • Reply
    Anitielve
    September 20, 2021

    https://buyplaquenilcv.com/ – buy hydroxychloroquine sulfate online

  • Reply
    novoxia
    September 20, 2021
  • Reply
    Geradappy
    October 6, 2021
  • Reply
    Blarkflat
    October 10, 2021

Leave a Comment