Reportase  Kursus: Mengukus Hakau Cukup Sepuluh Menit Saja

“Bu Fat, tungguin aku ya, aku ikut kelas Dim Sum”, demikian pesan singkat yang saya terima dari Ophie. Senang dan kaget saat membacanya, mengingat Ophie yang nama populernya di media sosial Bunda Hafizh adalah aktifis NCC lama yang sudah sukses dengan usahanya di Duri, Riau. Sudah saya bayangkan pasti Ophie sedang rindu berkumpul seri dikelas NCC (Natural Cooking Club).

Benar saja, Ophie datang saat kelas sudah dimulai. Rupanya dia penasaran dengan cara membuat wiron pada Hakau. Aha, senang sekali bisa jumpa lagi dengan Ophie yang selalu semangat dan ceria dengan senyum gembiranya. Suasana kelas langsung menjadi lebih bersemangat. Kelas aneka DimSum Halal berisi empat materi, yaitu Hakau udang, Angsioe Kaki ayam, Sioe May dan Lumpia Udang Mayonese. Materi masih ditambah dengan cara membuat Mayonesenya.

Kelas dimulai dengan membuat Angsioe Kaki Ayam. Masakan yang dibuat dengan semua bumbu dan bahan yang Halal ini sengaja diberikan sebagai materi awal karena saat memasaknya cukup lama. Bisa dimengerti karena kaki ayam dimasak harus sampai benar-benar empuk. Bila menggunakan panci tekan bisa makan waktu 30 menit, bila tidak bisa makan waktu lebih dari satu jam.

Materi kedua dikerjakan adalah membuat semua adonan isian. Mengingat DimSum yang dibuat terbuat dari Isi dan Kulit. Setelah adonan isi terbuat lengkap, berturut-turut kemudian para siswa praktek membuat Sioe may, Lumpia Udang, dan Hakau.

Hakau, merupakan jenis Dim Sum yang paling membuat banyak orang ingin tahu cara membuatnya. Tampilan yang unik putih transparan dengan wiron cantik, bagaimana sih cara membuatnya? tidak heran bila seorang Ophie-pun bela-belain datang jauh dari ujung pulau Sumatera.

Dimulailah menyiapkan tepung Tang Mien. Yaitu tepung khusus untuk membuat Ha Kau. Tepung yang konon sudah diambil sari patinya sedemikian rupa sehingga bila diproses membuat Ha kau, akan didapat tampilan yang bening transparan. Proses yang unik dilakukan dengan cara yang mudah dilakukan oleh para siswa hingga didapat adonan yang kenyal dan dapat digilas tipis tapi tidak mudah robek. “Alhamdulillah, ternyata aku bisa”, seru para siswa ketika mulai mencoba membuatnya sendiri. “Ingat ya, Ha Kau cukup dikukus selama 10 menit saja”, pesan fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi instruktur. Lebih dari itu, biasanya Ha Kau menjadi terlalu lunak bahkan hancur.

Alhamdulillah, empat macam Dim Sum halal terbuat dengan sempurna dengan citarasa yang sangat enak sekelas dengan Dim Sum Hotel atau Restoran terkenal. Salah satu bumbu yang tak pernah tertinggal adalah Knorr Chicken Powder. Penguat rasa Natural ini menjadikan sajian Ha Kau makin lezaat.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment