Brownies Panggang Dan Kukus Dengan Susu Kental Manis

Apa sih bedanya Brownies Panggang dengan Brownies Kukus? Demikian pertanyaan ini banyak sekali datang dari peserta kursus Natural Cooking Club (NCC) maupun anggota group facebook NCC. Rata-rata mereka bingung dengan sebutan Brownies yang sama sekali tidak brown (Brown Bahasa Inggris = warna coklat ).

Meskipun bernama depan sama-sama Brownies, kedua jenis cake ini pada dasarnya sangat berbeda. Brownies Kukus, merupakan kreasi orang Indonesia. Kreasi resep ini populer bersamaan dengan datangnya krisis negara kita ditahun 1998. Pada saat itu perkembangan bisnis sangat lemah, yang berimbas juga pada bisnis makanan. Datangnya Brownies Kukus menjadi salah satu pencerah diantara bergejolaknya usaha makanan dalam negeri. Adonan sponge cake yang biasanya dimatangkan dengan cara dipanggang, dikreasikan dengan mematangkannya dengan cara dikukus. Ternyata response pasar sangat luar biasa. Brownies kukus menjadi sangat populer. Disusul kemudian populernya cake serba dikukus lainnya.

Cake kukus membuat para pelaku bisnis lebih berani berkreasi. Karena bila terjadi jualan tersisa hari itu, cake dapat disimpan dalam lemari pendingin, untuk esok harinya dikukus kembali. Hal mana tidak dapat dilakukan pada cake yang dipanggang. Cake kukus juga menjadi jawaban buat para pelaku bisnis rumahan yang belum memiliki oven, dapat menggunakan kukusan nasi yang rata-rata sudah dimiliki oleh mereka sebagai kebutuhan sehari-hari.

Dalam perkembangannya Susu Kental Manis Indomilk ikut membantu dan mendukung perkembangan bisnis brownies kukus ini. Menggunakan gula saja, sering tidak cukup menhadirkan rasa dan aroma susu yang kuat. Susu kental manis Indomilk menjadi jawabannya. Didalam resep, jumlah gula dapat seratus persen diganti dengan bahan ini, atau bisa juga digunakan 50% saja menggantikan gula. Dengan demikian brownies kukus dan atau brownies panggang hadir dengan rasa dan aroma susu yang sangat enak karena susu Kental Manis Indomilk asli dibuat dari susu murni dan gula yang diproses sedemikian rupa sehingga dapat membantu adonan lebih stabil.

Pada kelas Cake Dasar NCC, selain Susu Kental Manis Indomilk (Indomilk SKM) digunakan juga susu UHT. Susu UHT Indomilk diproduksi dari 100% susu segar tanpa campuran susu bubuk lainnya. Sudah pasti tanpa bahan pengawet dan tidak menggunakan garam. Sehingga harum dan gurihnya susu UHT Indomilk benar-benar asli berasal dari lemak susu yang terjaga kualitasnya.

Nah, Brownies Panggang adalah jenis kue yang sering diistilahkan sebagai kue bantet. Karena tekstur brownies panggang relatif lebih padat dibandingkan dengan brownies kukus. Rasa cokelatnya sangat kuat karena memang digunakan Dark Cooking Chocolate jumlah banyak. Susu bubuk Fullcream Indomilk menjadi salah satu bahan bakunya.

Mentega yang digunakan merk apa Bu Fat?, hampir semua peserta kursus menanyakannya. Kami menggunakan Orchid Butter untuk membuat brownies Panggang dan Brownies Kukus. Silahkan coba, dan rasakan bedanya.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    June 13, 2017

    Mau dipanggang atau dikukus… Buat aku sih enak semua…hehe

Leave a Comment