Reportase Kursus: Ratusan Lapis Pastry!

Pastry adalah sebuah keluarga besar. Salah satu anggota keluarganya bernama croissant, kemudian ada danish dan puff. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri dari rasa, kerenyahan dan teksturnya. Selain ketiganya, yang juga termasuk dalam keluaga besar pastry adalah pie dan choux (soes) yang dalam kursus NCC (Natural Cooking Club) dipisah pada kelas tersendiri. Pada hari ini konsentrasi kelas adalah membuat pastry yang berlapis-lapis, yaitu croissant, danish dan puff.

Kelas dimulai dengan menggilas pastry margarine tipis-tipis, supaya mudah nantinya disisipkan kedalam adonan tepung. Membuat adonannya ternyata mudah lho, tidak perlu sampai kalis sebagaimana adonan roti, tapi cukup sampai tercampur rata. Karena kalisnya pastry akan didapat pada proses gilas-lipat, gilas-lipat.

rolling3

rolling2 rolling

rolling4

Ahaaa, semua peserta kursus tampak sangat gembira mempraktekkan acara gilas-lipat, ditambah sedikit stress setiap kali menjaga agar pastry margarine tidak sampai bocor keluar dari lapisan adonan.

“Ingat, jaga gilasan agar bentuk adonan tetap rapi ya!”

Begitu setiap kali bu guru Fatmah mengingatkan. Sebab seringkali karena asyiknya menggilas, ibu-ibu lupa kalau bentuknya sudah menjadi seperti mangga ataupun huruf L. Kalau kejadian seperti ini bagaimana? Ulaaaang! “Huhuhuhu, pegel, bu guru.” Lah, malah gak perlu ke fitness loh, bikin pastry saja dijamin six pack 😀

shapes2 shapes

20141123_125027 pastry1

shaping

Pada gilasan terakhir pastry dibuat sangat tipis untuk dibentuk menjadi roti tanduk, alias croissant, fruit danish, dan khusus adonan puff pastry digunakan sebagai topping zuppa soup. Untuk informasi, zuppa itu bahasa Itali untuk sup. Jadi kalo zuppa soup berarti sup-sup? Hihihi.. *kabur main congklak*

croissant pastry2

zuppaPuff pastry yang mengembang dan membumbung tinggi seperti gunung ini rasanya gurih dan renyah karena menggunakan Blue Band Master Pastry Fat. Aha, baru tahu kan kalau Blue Band Master bunya produk pastry fat? Sangat cocok untuk pembuatan puff pastry yang  gurih, renyah dan mengembang dengan baik.

Psssttttt, diakhir kursus terjadi persahabatan yang sangat tulus diantara semua peserta kursus, loh. Iyaaa, manakala Hayfa yang tak bisa diam, merapikan semua bungkusan Blue Band Pastry Fat yang dibagikan untuk dicoba dirumah peserta, ditimbang sendiri-sendiri. Bungkusannya harus rapi, dan kotak seragam! Sekarang coba katakan padaku, apakah ada setitik penyesalan di hatimu tidak ikutan kursus pastry? :* (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment