Reportase Kursus: Indonesian Batik Roll Cake

Jika ada kelas yang ‘seperti’ memanggil para member lama untuk datang kembali ke markas NCC (Natural Cooking Club), maka jawabannya adalah kelas Indonesian Batik Roll Cake. Mengapa? Selain karena unik, membuat penasaran siapapun yang melihat fotonya, juga merupakan materi baru, sehingga bisa dijadikan alasan untuk melampiaskan rindu makan soto Matraman. Dan entahlah kenapa, batik membuat setiap warga negara Indonesia tergugah rasa nasionalismenya.

feature3 feature2

adonan2 adonan1

rollcake4

Dan Jika ada kelas yang baru lewat dua minggu, ada peserta yang ingin ikut kelasnya lagi, rela bayar lagi, kelas apa lagi kalau bukan Kelas Indonesian Batik Roll Cake. Sungguh luar biasa kelas ini. Seru dan sangat mengundang setiap orang untuk mengikutinya lagi dan lagi.

Kelas dimulai dengan teori membuat cake berlapis yang bisa dikukus maupun dipanggang.

“Ibu-ibu jangan lupa, kalau dikukus, warna motif batik yang dihasilkan bisa keluar lebih tajam,” begitu diterangkan di awal kelas.

Mulailah para peserta sibuk memilih motif batik yang diinginkan. Kawung, parang, parang rusak, mega mendung, sampai motif batik daster yang tidak ada namanya. “Wooiiyyy, ini seperti daster nenek gue jaduuul,” riang gembira para peserta menyiapkan motif yang diinginkan, kemudian menyiapkan warna-warni adonan untuk membuat motif batik.

Setelah itu apa yang terjadi? Ruang kelas menjadi hening. Peserta serius membatik serapi mungkin. Jika bingung menentukan warna, maka Ipad-pun bicara, buka google langsung terpampang aneka contekan warna batik. Yak, dipilih-dipilih…

rollcake3 rollcake2

rollcake1 rollcakefeat

Selesai menggambar, menyusul kesibukan berikutnya: menuang adonan bolu gulung dan mengukusnya. Cukup 15 menit saja bolu sudah matang, lanjut dengan pelajaran penutup yang sudah dinanti-nanti: menggulung bolu. Saatnya peserta berani unjuk gigi.

“Aku bisa gulung sendiri!” Begitu Indah Murvida memulai.

Wowww, berhasil! Disusul peserta lainnya yang tak mau ketinggalan ikut menggulung bolunya masing-masing.

“Aku mau digulungin saja Bu Guru!” Ahahaaa, baiklah.., barangsiapa tidak berani menggulung bolu, come to mama! 😀

Janganlah khawatir, menggulung bolu harus penuh percaya diri, berani, jangan takut-takut, kata Pak Tino Sidin.

“Tugas kita hanya menekuk ujung cake sedikit dengan bantuan kertas roti alasnya, kemudian tarik kertas roti ke depan dengan cepat, maka.. voilaaa! Bolu akan tergulung dengan sendirinya! Bolu gulung yang sangat lembut dan lentur, “nurut” ketika digulung, salah satunya karena menggunakan Blue Band Master Cake Margarine sebagai bahan bakunya.

Peserta pulang membawa hasil karya masing-masing dan bahkan banyak yang langsung jualan. Masya Allah, laris manis, sukses semua, aamiin.. (fb)

feature4 feature5

ramerame2

Hihihi.. belum pada siaapp..

feature1

nah,.. akhirnya 🙂

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

4 Comments

  • Reply
    kurniawati
    March 29, 2015

    saya pigin ikut kursus kue di nnc

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 13, 2015

      Silakan mendaftar, bu. Kontak lengkap ada di jadwal kursus kami.

  • Reply
    linda
    March 23, 2016

    Bu kpn ada jadwal kursus d sby u bln april ya soalx sy jauh d papua kebetulan mo nengok mertua d sby

  • Reply
    linda
    March 23, 2016

    Klo ada jadwal d sby d mn ya bu u kursusnya sy pengen banget nambah ilmu

Leave a Comment