Pempek

Adonan dasar pempek

Adonan dasar ini bisa untuk membuat pempek kapal selam, pempek lenjer dan pempek keriting.

Bahan:

600 gr        daging ikan tengiri
400 ml       air
400 gr        tepung sagu tani
30 gr           tepung terigu
2 sdm         garam
1 sdt            vetsin – optional
Siap sepanci air untuk merebus.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan vetsin, uleni rata.
  2. Adonan siap dibentuk menjadi Pempek Kapal Selam, Lenjeran dan Keriting.
  3. Didihkan air dalam panci, rebus pempek.
  4. Tips: selalu pilih ikan tengiri betina dengan bentuk badan gepeng.

Kuah cuko

Bahan:

1 kg             gula aren
2 ltr            air
10 bh         bawang putih
250 gr       cabe rawit
40 gr          garam
5 sdm        cuka atau 200 gr  asam jawa

Cara membuatnya:

  1. Masak semua bahan menjadi satu.
  2. Kemudian saring.

About the author  ⁄ NCC Indonesia

20 Comments

  • Reply
    October 23, 2014

    Bu barusan saya nyoba resep pempeknya. Mantep rasanya tapi bentuknya masih ngasal… makan pempek jadi ngingetin pas kuliah beberapa tahun lalu, kalau udah puyeng ama rumus rumus apalagi udah ujian saya dan sahabat saya pasti pulangnya makan pempek yang pedes. Nyam nyam… pikiran jadi plong deh.. Waduh, maaf malah curhat. Lain kali saya mau coba lagi resep pempeknya n nyoba resep yang lainnya.

    Makasih ya bu resep-resepnya…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 26, 2014

      Alhamdulillah.. Jangan khawatir, kalau sering bikin pasti bentuknya menjadi cantik deh. Semoga selalu bermanfaat.

  • Reply
    Ayu
    October 26, 2014

    Bu, kalau sagu tani diganti tepung kanji masalah ga ya? Terimakasih sebelumnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 7, 2014

      Untuk pembuatan pempek, tepung sagu bisa diganti tepung tapioka.

  • Reply
    January 27, 2015

    Bu ada resep pempek yang hemat tapi tetep pake ikan. Untuk pesenan, mereka ingin pempek enak tapi harga terjangkau. Atau ada tips??
    Terima kasih bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Dear Rismayanti. Banyak sekali resep pempek yang beredar dijagad internet maupun dibuku-buku. Silahkan browsing deh untuk mendapatkan resep sesuai selera Anda. Sementara NCC masih tetap menggunakan resep ini. Salam pempek ya.

  • Reply
    February 26, 2015

    Bu,, saya ingin tanyakan kira2 pada saat menguleni pempeknya apakah dengan teknik mencampur saja (dengan menggunakan jari2 tangan) atw harus di uleni dng teknik jari & telapak tangan ikut mencampurnya?karna saya pernah membaca di bbrp artikel untuk mendapatkan tekstur pempek yg tdk keras stlh dingin itu dng hanya menggunakan jari saja pada saat proses mengaduk adonanya.Mohon pencerahannya bu, trims

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Dear Yasinta. Benar sekali adonan pempek cukup diaduk sampai rata saja menggunakan jari dan jempol tangan digoyang sedemikian rupa sehingga menjadi adonan yg cukup liat. Dilarang dibanting-banting tapi justru harus disayang-sayang spy hasil pempek tetap lembut. Pempek yang dibanting-banting adonannya akan menjadikan pempek terlalu keras.

  • Reply
    March 12, 2015

    sharing ya mba 🙂 lebih akan segar bila ketika air mendidih baru bahan-bahan dimasukkan semua mba. Tapi cabe rawit giling paling terakhir, baunya segar bila tidak dimasak bersama. Btw, resep2nya sesuai dengan lidah saya. Banyak terima kasih untuk semua ilmunya mba2 cantik dan hebat 🙂

  • Reply
    Nisa
    April 2, 2015

    Bu Fatmah, lebih enak lagi kalau cukonya ditambah ebi giling setelah kuah disaring.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 11, 2015

      Wow, iya banget, Nisa. Yummm.. Terimakasih sharingnya.

  • Reply
    nurul
    January 7, 2016

    assalamualaikum. bu,fatma mau tanya dong? klo jenis ikan tenggiri diganti dengan jenis ikan yg lain apakah bisa? terima kasih

  • Reply
    laila
    May 11, 2016

    assalamualaykum bu fatma yg tetap terlihat cantik dan energic….:) mau tanya..saya coba beberapa kali resep nya..cuma kok begitu digoreng pempek nya masih kenyal gt ya,,trus di bagian tengahnya berwarna putih..padahal saat direbus sudah mengapung..apa terlalu lama ngadonnya ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 12, 2016

      Wa’alaikumsalam cantiikkk…. pakai resep plek ketoplek jangan ditambah tepung lagi ya.
      Kalau pempeknya besar, tunggu sebentar lagi jangan langsung angkat walau mengapung.
      Biasanya kalau memakai tapioka pempek akan kenyal dan agak keras. Tapioka terbuat dari tanaman singkong . Tetapi bila menggunakan sagu tani pempek agak kenyal dan lebih empuk. Sagu tani terbuat dari pohon sagu. Cobalah membuat pempek menggunakan sagu tani. Teliti di kemasannya.
      Kasih waktu lagilah 10 menit gitu waktu rebusnya setelah mengapung. Spy matang ke dalam. Coba lagi yaaa..

  • Reply
    December 3, 2017

    Sangat Bermanfaat

  • Reply
    yeni
    January 28, 2018

    saya pengen sekali kursus buat empek2 ,saya didaerah pondok gede tapi sampai skrg blm ketemu tempatnya yg agak dekat dg rmh sy

  • Reply
    novie
    February 26, 2018

    Bu fatma terimakasih resepnya, pempeknya uenak bangetz

  • Reply
    Cornelia
    April 27, 2018

    Bu Fatmah yag baik. Saya sudah mencoba resep ini, ingin bertanya apakah air harus dimasukkan semua ? Soalnya saya sudah mengikuti resep ini,tetapi adonan sangat lengket, tidak bisa dibentuk. Saya harus bolak balik mencelup tangan ke tepung sagu supaya adonan tidak lengket.di tangan. Terima kash sebelumnya.

Leave a Comment