Reportase Kursus: Klappertaart pun Mengenal Au Bain Marie

Kursus Klappertart di TBK Loyang Tebet, Sabtu 26 April 2014, membuat 4 macam Klappertart:

  • Klappertart Hollanda/Original dan Klappertart Karamel, dibuat dengan teknik Au Bain Marie.
  • Klappertart Tape & Pisang Raja dan Klappertart Keju dibuat dengan cara di oven / panggang.

Teknik Au Bain Marie atau waterbath adalah teknik panggang tim, dimana loyang berisi adonan diletakkan dalam loyang lain yang berisi air panas. Teknik ini akan memberi hasil adonan yang bertekstur halus dan lembut. Jadi klappertart yang dihasilkan tidak dapat dipotong-potong seperti cake atau klappertart lain yang dimasak dengan cara di oven/panggang.

Klappertart yang banyak dikenal dan di jual di pasaran adalah Klappertart Hollanda/Original. Kudapan ini termasuk makanan yang berkalori tinggi. Bahannya ada telur, gula, tepung, susu, Blue Band Master Gold Margarine, kelapa muda, kenari, kismis juga kayu manis bubuk.

Tapi rasa yang enak, tekstur yang lembut akan mengalahkan semua perasaan bersalah saat kita menyendoknya, hiyyyaaaa… *salam tiga jari* 😀

Tentunya Klappertart yang lain juga tidak kalah seru rasanya. Klappertart Tape & Pisang Raja contohnya. Rasanya sangat kaya, ada rasa tape dengan potongan pisang Raja dan kelapa muda. Enaaaak banget… (editor cuma bisa nelen ludah nih *cegluk* –ed.).

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

2 Comments

  • Reply
    Nurul
    May 21, 2014

    Dear NCC,
    klo saya buat klappertart Klappertart Hollanda/Original dengan teknik Au Bain Marie. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga saya bisa buat, gak kebayang bisa buat kue tradisional Manado ini dulunya. Tipsnya, terletak pada penggunaan bahan yang fresh, seperti kelapa muda plus air kelapanya. Unggulnya lagi, di Manado jenis kenari-nya memang oke,karena masih dalam bentuk kenari kulit, yang direndam sesaat dalam air panas kemudian dikupas lalu dioven sebentar supaya kering dan mengeluarkan aroma khasnya..hmmm….jadi,gunanya dioven tuh supaya tekstur kenari tetap crunchy meskipun dicampurkan ke dalam adonan klappertart..Tips lainnya lagi, klo dq buat tidak menggunakan aroma kue, mis. rhum, karena menurut ‘ibu pemberi resep klappertart’, kata bliau semua bahan klappertart memiliki aroma khasnya masing-masing, di situlah letak ‘cantik dan seksi’nya si klappertart ini..^_^…pokoknya, slogan ‘back to nature’ sedapat mungkin dipertahankan…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 23, 2014

      Wowww, pasti enak sekali deh klappertart buatanmuuuu.. *tisu mana tisu*

Leave a Comment