Serabi Beras

Serabi beras

Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:

200 gr tepung beras putih
1 sdt ragi instan
3 sdt gula pasir
560ml santan encer
2 btr telur
1/2 sdt garam halus
2 sdm air pandan suji / 3 tetes pasta pandan

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung beras, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. saring bila perlu.
  2. Beri garam dan air suji, aduk rata. Diamkan selama 2 jam (tinggal kerja didapur deh .
  3. Panaskan cetakan serabi. Tuang adonan sampai 3/4 penuh, biarkan terlihat matang berlubang-lubang, tutup. matangkan sempurna. angkat.
  4. Buat kinca dari gula jawa, santan encer dan daun pandan, masak sampai mendidih dan gula larut. saring.
  5. Sajikan serabi dg siraman kuahnya.
Doriyaki maker

Cetakan Serabi/Pancake/Dorayaki

Catatan:

Bila tidak ada cetakan serabi, bisa menggunakan cetakan kue lumpur.

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

15 Comments

  • Reply
    Dyah
    January 30, 2014

    Pada waktu didiamkan, perlu ditutup kain basah kah? Apakah berpengaruh kalau ditutup kain dan tidak? trim’s.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 1, 2014

      Ditutup saja, tapi tidak perlu dengan kain basah.

  • Reply
    July 2, 2014

    Ass bu fat.. aku bikin kok ga bisa bolong2 yah serabinya? Trus tengahnya ga mateng padahal api udah kecil banget.. aku pke cetakan tanah liat

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 14, 2014

      Bila waktu fermentasi sudah cukup akan terlihat adonan berbuih yg menandakan ada banyak udara tertangkap. Buih inilah yg juga memastikan serabi bakal bersarang. Tinggal memastikan wajan sudah cukup panas ketika adonan dituang. Tutup cetakan hanya bila sarang sudah terlihat terbentuk ya. Bila bagian tengah masih mentah berarti kurang lama memasaknya.

  • Reply
    August 12, 2014

    saya lagi nyari referensi resep. ternyata ada banyak variasi bahannya, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. sampe saat ini belum nemu komposisi yang menghasilkan tekstur kenyal, berpori, dan mateng semua. kira-kira biar dapet kenyalnya apa yang harus ditambah atau di kurang?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 13, 2014

      Kami kurang tahu standard kenyal yg ibu harapkan seperti apa. Resep kami memang jadinya seperti itu. Apakah ibu sudah mencoba membuatnya? enak lho jadinya.

  • Reply
    pbasari
    January 18, 2015

    Saya coba, enak. Lupa didiamkan hehe.. Apakah mmg adonannya cair sekali? Atau krn sy lupa mendiamkannya ya? Terima kasih

  • Reply
    ummu avdhal
    February 5, 2015

    Cetakan nya ngga perlu di olesi minyak atau margarin yah…?? Apa ngga lengket

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 8, 2015

      Betul, ibu. Karena kami menggunakan cetakan serabi anti lengket seperti di atas, maka tidak perlu mengoles minyak lagi. Jika menggunakan cetakan biasa, ya, harus dioles minyak dulu.

  • Reply
    Arie
    July 1, 2015

    Bu Fatma,
    Beli cetakan kaya gitu dimana ya, dan namanya apa? Keliatannya praktis dan tidak berat buat dibawa merantau. Makasih. X
    Arie

  • Reply
    neni
    August 3, 2015

    Resep serabinya bisa dibuat jadi serabi asin ga Bu,dengan skip gula pasirnya?
    Terimakasih

  • Reply
    helwah
    February 14, 2016

    itu pake tepung beras rosebrend? atau tumbuk?

  • Reply
    December 3, 2017

    Sangat Bermanfaat

Leave a Comment