Ilmu Warisan Ibu: Membuat Daftar Menu Masakan Sebulan

Sejak saya mulai bisa mengingat, di dapur rumah keluarga kami sudah selalu ada tertempel di dinding Daftar Menu 1 Bulan. Menu ini mempermudah Ibu saya yang karena kariernya harus berangkat pagi-pagi untuk mengajar, sementara asisten rumah tangga yang belanja ke pasar dan membantu memasak. Dengan adanya Daftar Menu ini, rutinitas pagi “Hari ini masak apa, Bu?” yang dijawab dengan berpikir dulu dapat Ibu hindari.

Namun tentu saja, menu ini bukanlah harga mati. Ketika sesekali kami ingin masakan yang sedikit berbeda dari menu yang ada, kami akan bilang pada Ibu, “Bu, masak sarden kecap dongggg…” 😀 Ah, seorang anak memang selalu akan merindukan masakan Ibunya – tentunya untuk seorang Ibu yang bersedia “belajar” memasak.

Beberapa hari yang lalu, kebetulan saya membaca email salah seorang member NCC dan tergelitik dengan cerita dan permintaan bantuannya. Apakah cerita dan bantuan yang diminta? Tidak lain tidak bukan cerita tentang bingungnya sang member karena baru saja “pisah rumah” dengan orangtuanya dan bingung setiap pagi masak apa untuk keluarga kecilnya. Menu menjadi kurang variatif, cenderung itu-itu saja. Karena selama tinggal bersama Ibunya tidak pernah perlu memikirkan hari ini masak apa, besok masak apa hanya tinggal makan saja. Jadi selain bingung soal menu, kemampuan memasak pun masih terbatas.

Ada member lain langsung membalas, menyarankan member yang bertanya untuk membeli buku resep yang memuat menu satu bulan. Namun, tanpa bermaksud merendahkan, berdasarkan pengalaman membeli beberapa buku yang berisi menu satu bulan, beberapa resep masakannya ada yang bukan masakan sederhana pembuatannya yang umum kita buat sehari-hari. Cenderung masakan yang agak asing di lidah saya kalaupun bukan rumit pembuatannya.

Sebagai salah seorang moderator NCC yang paling jarang berkecimpung di dunia kuliner (hehehe…) karena lebih fokus mengurus keuangan, saya terpanggil untuk menjawab email tersebut hanya karena akibat tulisan saya yang rapi (ehm…) saya selalu bertugas menuliskan menu 1 bulan yang telah dirancang oleh Ibu saya sejak saya masih duduk di bangku SMP. Akhirnya karena selalu memperhatikan, maka saya mengerti bagaimana cara yang mudah untuk membuat menu tersebut tanpa harus merasa perlu membeli buku resep menu sebulan.

Mumpung menjelang weekend, siapa tahu berguna bagi teman-teman di luar milis NCC yang masih bingung, saya putuskan untuk saya share lengkapnya.

Berikut Cara Membuat Daftar Menu Masakan Sebulan:

  1. Putuskan menu terdiri dari 2 atau 3 macam setiap kali dihidangkan.
  2. Buat daftar sayur yang biasa kita buat/makan, minimal 10 macam (jika kurang perbendaharaan sayur, bisa lihat di berbagai buku resep, search di google, atau beli buku resep masakan NCC/lihat resep di website NCC)
  3. Buat daftar lauk yang biasa kita buat/makan, minimal 10 macam juga ( jika kurang perbendaharaan lauk, bisa lihat di berbagai buku resep, search di google, atau beli buku resep masakan NCC / lihat resep di Web NCC )
  4. Buat daftar lauk tambahan (jika menu terdiri dari dari 3 macam setiap kali dihidangkan)
  5. Silangkan sayur dengan lauk yang sesuai (misal : sayur berkuah jangan ketemu lauk berkuah, sayur yang pedas jangan ketemu lauk yang pedas, sayur bersantan jangan ketemu lauk bersantan).
  6. Jika ada menu yang harus diulang karena kurangnya perbendaharaan resep, temukan dengan pasangan yang berbeda saat pengulangannya (misal : hari ke 1 sayur bayam + ikan goreng + sambal, hari ke 20 sayur bayam + ayam balado)

Saya beri contoh sederhana ya.

Daftar sayur:
Sayur bayam bening, tumis caisim, cap cay, cah kangkung, sayur asam, terong balado, dst.

Daftar lauk:
Ikan goreng + sambal, ayam goreng, pu yung hai, sarden kecap, teri kentang balado, empal goreng, dst.

Maka contoh pasangannya adalah:
Hari 1: Sayur bayam bening + teri kentang balado
Hari 2: Tumis caisim + ayam goreng
Hari 3: Cap cay + Pu yung hai
Hari 4: Cah kangkung + empal goreng
Hari 5 : Sayur asam + Ikan goreng
Hari 6 : Terong balado + sarden kecap

Oke, selamat mencoba, semoga bermanfaat! Ternyata membuat menu itu mudah kan? 🙂

Jakarta, 25 May 2012
Yeni Suryasusanti

34 Comments

  • Reply
    Wiwik
    March 8, 2013

    oo..gitu caranya ya mb…bermanfaat sekali…makasih ya…

    • Reply
      March 9, 2013

      Sama-sama terimakasih, Wiwik 🙂

  • Reply
    Trinitati
    March 10, 2013

    Sangat membantu. Saya akan terapkan. Memang sih, walo sehari-hari ada di rumah, kalo setiap pagi harus ditanyain “Bu, mau masak apa hari ini?” kadang hal itu bisa menyebalkan 🙂 Pertama harus mikir dulu, kedua kalo pas disebut masak ini si mbak-nya blg, wah wortel kita uda habis Bu. Time consuming dan ga efektif ya. Kalo Mbaknya pinter masak sih enak juga tp entah kenapa kdang masakan si mbak d rumah bisa enak, kadang sekenanya saja. Yg penting kerjaan kelar. Hmmm….

  • Reply
    April 14, 2013

    Perlu dicontoh ini cara menyiapkan menu sebulan agar sesuai dengan anggaran dan sajian tetap maksimal. makasih panduannya.

  • Reply
    May 3, 2013

    Thx tips nya, mw sy praktekin hehehee…

  • Reply
    ilham
    June 20, 2013

    asw, bu fatmah terimaksih sdah di sharing resep 1 bulannya (: bu saya baru memulai usaha katering di wilayah bali, mohon saran menu2 bisa bu ya agar tidak bosen pelanggannya dan mohon bantuan perpaduan menu2 yg cocok. terimaksih Ilham 081802924131

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 22, 2013

      Selamat dan sukses untuk kamu, Ilham. Miliki buku 241 resep anti gagal deh, insya Allah menu2 kamu akan banyak variasinya.

  • Reply
    kinanti
    June 21, 2013

    ibu fat , mau tanya yang dimaksud gula halus pada resep cookies itu apa yah?maaf saya pemula soalnya. Makasih

  • Reply
    erna
    September 6, 2013

    Minta rekomendasi buku ncc untuk resep komplit menu masakan sehari-hari dan resep komplit aneka roti dan kue untuk pemula, trmksh.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 7, 2013

      Hi Erna, paling cocok buku 241 Resep Anti Gagal. Kumplit mulai masakan sehari2, cake, kukis, snack sampai dessert.

  • Reply
    November 7, 2013

    Share..resep nya donk mbak k email ku.. N thank’s bgt y mbak.. Jd ga binggung2 lg klo mau masak…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 11, 2013

      Resep2 dapat ibu kombinasikan dari resep2 ncc di sini maupun di website yang lama. Selamat menyusun menu 🙂

  • Reply
    ayu
    February 15, 2014

    Makasi mba, membantu bgt nie, apalagi buat anak2ku, o iya untuk dapeti buku 241 anti gagal dmna y mba, apakah udh ada d toko2 buku terdekat,, terima kasih,,

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 15, 2014

      Coba ke menu Buku di atas, klik di bagian Buku Resep (recipe books). Jangan lupa baca juga Cara Pemesanannya ya.. Terimakasih atas kepercayaannya kepada buku kami.

  • Reply
    margaretta
    March 21, 2014

    Buku 241 resep anti gagal bisa dibeli di mana ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 21, 2014

      Silakan klik menu Buku di atas, Cara Pembelian.

  • Reply
    margaretta
    March 21, 2014

    Ongkos kirim untuk daerah madiun berapa ya ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 21, 2014

      Madiun masuk area JaTeng kalau di tabel ongkir, bu.

  • Reply
    sila
    September 23, 2014

    Meski sdh hampir 4 tahun nikah masih bingung masak untuk menu sehari-hari,apalagi suami sukanya masakan pedas manis….. tolong kasih saran donk…..:(

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 30, 2014

      Halo Sila, kami punya banyak sekali resep-resep yang rasanya pedas manjs loh. Silakan lihat di menu resep ya. Selamat makan enak bersama suami 🙂

  • Reply
    tia
    December 29, 2014

    Dijual di gramedw ga mba buku resepnya ?

  • Reply
    prima
    January 31, 2015

    Sangat bermanfaat…ternyata mudah..tapi selama ini tdk tahu triknya..terima kasih

  • Reply
    rizvy
    February 7, 2015

    Salam. Terimakasih udah share ilmu warisan nya…mengingat saya masih kuliah dan jauh dr kampung halaman jd tiap pulang kampus pasti bingung duluan mau masak apa, jd seringnya kelaparan dl baru muncul ide mau masak apa dan ini cukup membuat stres saya sbgai ibu rumah tangga yg baru..saya mau coba praktekin cara2nya..semoga sukses…
    Buku resep 241 anti gagal kapan restock lagi? Mau banget….tp masih kosong..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 8, 2015

      Kami pun deg-degan menunggu cetak ulang dari penerbit, banyak yang nunggu. Doakan segera ya bu.

  • Reply
    Yuniar
    November 16, 2017

    Bu Fat kalau masak untuk catering bagaimana perbandingan bumbunya. Apakah dikalikan berapa resep dan menyesuaikan orangmya

  • Reply
    Yuniar
    November 16, 2017

    Terimakasih atasbilmunya selama ini. Yang sangat berguna bagi kami kaum ibu untuk membuat menu yang okebdan di cintai keluarga. Bu Fat saya ingin menanyakan cara perbandingan takaran bumbu atau bahan jika kita masak dengan jumlah yang besar. Nagaimana kiatnya bu midal dalam 1 resep untuk 3 orang lalu kita ratakan klo 9 orang di kalikan 3. Terimakasih bu Fatmah Bahalwan atas jawabannya..

Leave a Comment