Reportase Kursus: “One Dish Meal” Ini Bernama Bakwan Malang

Coba deh hitung berapa nilai gizi untuk satu porsi bakwan Malang? Pasti sangat lengkap. Ada bakso sapi, ada bakso goreng, ada bakso tahu, pangsit goreng dan siomay. Bahan baku yang digunakan ada daging sapi, daging ikan dan daging ayam. Mau dibilang bukan makanan lengkap? Belum lagi bila dilengkapi dengan mie kuning dan mie putih, satu porsi rasanya sudah cukup bisa menggantikan menu makan nasi.

Kursus Bakwan Malang di Natural Cooking Club, dimaksudkan untuk para ibu yang ingin menghadirkan menu bakso buatan sendiri dirumah. Tapi juga sangat cocok untuk siapapun yang ingin membuka usaha makanan yang sangat banyak penggemarnya ini.

Materi yang diajarkan sangat detail. Misalnya membuat bakso daging sapi. Dimulai dari mengenalkan daging bagian sapi yang paling cocok untuk bakso. Kemudian dihaluskan sampai layak dibuat bakso bulat. Para siswa praktek membulatkan bakso secara manual. Satu resep akan menghasilkan dua puluh lima biji bulatan bakso. Hitungan ini menjadi penting terutama bagi calon pelaku usaha bakso untuk menghitung harga jualnya.

BAKWAN MALANG-2Kelas dilanjutkan dengan membuat adonan Bakso Tahu, adonan Siomay, adonan Pangsit Goreng, dan adonan bakso goreng. Seluruh peserta kursus ikut serta membuat varian isi bakwan Malang itu satu persatu. Paling menarik adalah saat melihat Bakso Goreng dari bulatan kecil menjadi besar saat digoreng mekar. “waahh, kalau mau ukuran lebih kecil bagaimana ini Bu?” tanya Ibu Poppy yang khusus datang dari Medan. Berarti bulatan adonan yg digoreng harus lebih kecil lagi, jawab fatmah yang saat itu menjadi instruktur.

Terakhir didemokan cara menyajikan Bakwan malang lengkap didalam satu mangkok. Nah, sekarang boleh dicicip bersama!. Hmm, bakso sapinya kenyal lho, meskipun cukup menggunakan bahan yang sangat natural yaitu : daging sapi, es batu, dan garam kasar.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Comments are closed.