Reportase Kursus: Musim Bunga di kelas Korean Butter Cream Flower

Musim bunga Butter Cream kali ini sungguh mengalahkan musim bunga di Eropa dan bahkan di Gunung Kidul. Karena sungguh luar biasa minat peserta kursus untuk belajar menghias kue dengan Rangkaian bunga yang dibuat dari bahan Butter Cream.

Bunga-bunga yang populer disebut sebagai Korean Butter Cream Flower ini terdiri dari Bunga Mawar, Bunga Melati kecil-kecil, Bunga Blossom (Sakura), dan bunga Daisy. Semua bunga butter cream ini dirangkai sedemikian rupa sehingga didapat cake berhias bunga sangat cantik.

Trend cake berhias bunga ini sebetulnya merupakan perulangan trend beberapa tahun yang lalu. Sehingga ada tidak heran ketika seorang peserta kursus yang berkata : “Oh, ini jadi seperti kue jadul ya bu?”. Nah, ketahuan kan yang bilang ini kue jadul pasti dia generasi tertentu deh, hehehe.

Kursus Flower  Cake Decorating Butter cream di Natural Cooking Club (NCC) ini materinya focus pada pembuatan bunga-bunga. Cake yang telah disiapkan awalnya dipoles dengan butter cream langsung dikerjakan oleh peserta masing-masing. Setelah itu, peserta kursus diajak focus menggerakkan tangan, menggunakan spuit khusus untuk membuat beragam bunga tersebut diatas. Setiap peserta dapat membuat  15 sampai dengan 25 buah bunga supaya dapat dirangkai cantik.

Pada saat menghias cake, sesungguhnya diperlukan Butter cream dengan tiga macam konsentrasi. Pertama adalah butter cream yang kokoh, diperuntukkan membuat bunga-bunga. Kedua adalah buttercream yang medium, diperuntukkan membuat border dan hiasan sisi kue. Dan yang ketiga adalah butter cream yang lembut, diperlukan untuk menutup dan memoles kue. Darimana didapat ketiga tingkat kelembutan butter cream tersebut? Dari lamanya mengocok, atau bisa juga dari bahan yang digunakan. Blue Band memiliki Blue Band Master White Cream fat, yaitu mentega putih yang sangat cocok dijadikan bahan baku pembuatan buttercream. Didapat butter cream yang warnanya lebih putih dan sangat cocok dijadikan bahan untuk membuat bunga-bunga butter cream, memoles ataupun untuk membuat border.

Kursus akhirnya selesai dengan kepuasan para peserta membawa hasil karya masing-masing. Lihat deh, sudah seperti musim bunga lho!. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

Inilah para pemenang kuis Blue Band Master edisi November  2015,

Selamat kepada para pemenang.

pemenang kuis-crop-9

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment