Reportase Kursus: Tak Semua Kulit Dipanggang

Pie (baca: Pai), adalah salah satu jenis snack yang terdiri atas kulit dan isi. Jenis pastry ini memiliki beragam isian populer. Misalnya Pie Susu yang saat ini sedang sangat digemari. Padahal bila diingat, pie susu sudah terkenal sejak lama bukan hanya saat ini saja. Kita kenal Portugeese Egg Tart yang pernah merajai pasar snack diseluruh pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu lalu.

Natural Cooking Club (NCC) memiliki kelas Pie Populer dengan empat macam materi pilihan. Dari keempat macam materi, masing-masing memiliki keistimewaan. Pertama adalah Fruit Pie yang memerlukan kulit pie dipanggang matang terlebih dahulu sebelum difinishing. Sehingga akan didapat pie dengan kulit yang renyah terjaga. Kedua adalah Quiche Lorraine yaitu savoury pie yang memanggang sejak awal bersamaan kulit dan isinya. Sehingga didapat pie dengan kulit yang lembut. Sedangkan Pie Susu (Egg Tart) berada pada dua pilihan, yaitu jika menghendaki kulit yang renyah maka kulit dipanggang dulu kemudian diisi dan dipapnggang ulang. Tapi bila ingin kulit yang renyah lembut maka pie dipanggang bersamaan dengan isinya.

Ada satu pie yang sungguh unik cara membuat kulitnya. Pie yang ini tidak perlu dipanggang kulitnya, tapi justru dibekukan didalam lemari pendingin. Dengan isian mousse yang sangat lembut maka Chiffon pie pun menjadi juara pie dingin.

Kulit menjadi kunci utama sukses membuat pie. Itu sebabnya penggunaan Blue Band Master Gold Margarine, sangat cocok dijadikan salah satu bahan utama pembuatan kulit pie. Baik yang dipanggang sendiri, dipanggang bersama isi maupun yang dibekukan.

Kelas Aneka Pie Populer NCC menggunakan system hands on, alias setiap peserta praktek membuat kulit pie dan kreasi isinya. Sehingga setiap peserta sangat puas ketika pulang membawa hasil karyanya.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment