Reportase Kursus: Banyak Tips di Kelas Kue Kering Klasik

Kue kering sering kita jumpai pada saat hari perayaan besar, seperti hari raya lebaran, maupun natal. Berbagai jenis kue kering kita jumpai seperti kastengel, putri salju, nastar dan aneka kue kering lainnya. Mulai dari kue kering klasik hingga kue kering modern. Yang seru adalah di kue kering klasik, seperti mengingatkan pada resep kuno jaman nenek. Kue Nastar selalu jadi sajian wajib. Kita bisa loh membuatnya sendiri dirumah. Nah bagi yang belum pernah membuat kue kering, ikuti saja kursusnya. Di sana akan dibahas tuntas mengenai kue kering.

Lihatlah bagaimana peserta menyimak dengan asyik semua penjelasan Bu Guru Eka Arei Shanti. Lalu tiap peserta mempraktekkan semua yang sudah diajarkan, termasuk bagaimana menggunakan penggaris kuker untuk mendapatkan ketebalan gilasan yang rata, dan bagaimana mencetak tiap kue kering sehingga sama seragam semuanya.

kuker-eka3 kuker-eka1

feature1

Isian nastar ditimbang juga loh!

Nguping sedikit tipsnya yuk!

Selalu gunakan bahan baku berkualitas baik karena akan memengaruhi rasa, aroma, dan penampilan kue kering. Gunakan tepung terigu protein rendah yang cocok untuk membuat kue kering renyah. Tepung terigu berprotein rendah tidak membentuk gluten, sehingga kue kering yang dihasilkan renyah.

kuker-eka2Agar adonan mudah bercampur rata, ayak bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, garam serta gula halus. Kocok mentega atau margarin dengan gula cukup rata saja. Pengocokan yang terlalu lama akan membuat mentega atau margarin meleleh dan kue akan melebar saat dipanggang. Jangan lupa selalu gunakan Blue Band Master Margarine untuk aroma mentega yang mewah, rasa lezat dan struktur kue kering yang mantap.

Ketika memasukkan bahan kering ke dalam adonan mentega atau margarine jangan sekaligus. Bagi menjadi tiga tahap, dan aduk rata setiap tahap dengan menggunakan sendok kayu, spatula atau pisau pastry secara perlahan agar kue tidak menjadi keras. Terakhir perhatikan waktu dan suhu pemanggangan. Pindahkan kue kering yang sudah keluar dari oven ke cooling wire agar kue dingin. Proses pematangan kue masih berlangsung, meski kue telah keluar dari oven. Gampil kan…. yuk bikin kue sendiri…. (EA)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment