Review Category : Articles

Membuat Air Kapur Sirih

by Fatmah Bahalwan

Perhatikan dengan saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya yah !

Ini step by step membuat air kapur sirih:

  1. Taruh kapur sirih dalam mangkuk atau gelas, tuangi air hingga dua kali lipat jumlah kapur.
  2. Aduk rata, lalu diamkan hingga kapur mengendap.
  3. Terlihat dua lapis dalam rendaman, yaitu kapur yg mengendap dan air bening .
  4. Air kapur sirih adalah bagian bening yg diatas. Ini yg digunakan sebagai bahan campuran membuat kue. Kalau didiamkan semalaman akan didapat air kapur sirih yg sangat bening, sangat baik untuk digunakan sebagai bahan campuran kue atau jajan pasar, cendol, rempeyek, dll…. Ingat, yg digunakan adalah bagian air beningnya saja. Dijamin anda terhindar rasa pahit.(fb)

 

Read More →

Table Manner a la Indonesia

By Ophoeng & Fitri Susanti
Image by Getty Images

Ophoeng (ophoeng at yahoo.com):

Kemaren dulu, saya pas lewat kawasan P.Jayakarta, Jakarta, di depan hotel Quality, ada spanduk besar dipasang (kalau kecil ya gak nampak dong ya,hehehe..) di depan gerbangnya, menawarkan kursus singkat ‘table manner’ seharga Rp 150 k.

TABLE MANNER BARAT

Mestinya yang dimaksud ‘table manner’ di situ pastilah yg ala barat punya, yang mennyediakan jejeran sendok garpu & pisau aneka ukuran dan aneka fungsi. Refot memang, kalau kita satu saat diberkahi diundang oleh penggede barat ala dubes, atau bahkan presiden AS atau ratu Inggris, ya siapa tahu toh nasib kita kelak? Bisa sajah anda suatu saat besanan ama pangeran Charles yang tetep ajah pangeran tuh walau sudah tuwek (pan kalau di buku, namanya pangeran ya kudu muda, ganteng, gagah, naek kuda putih, hehehe……), lha kalo anak-anak anda satu sekolah ama anak-anak beliau pan bisa aja kesempatan itu datang, jeh! Who knows?

Read More →

Menikmati Enaknya Sambal Goreng Tempoyak

By Wisnu Ali Martono
(wisnuam2003 at yahoo dot com dot au)

Photo by Wisnu Ali Martono and Phil’s Page

Sebagai orang Jawa, rasanya agak aneh pertama kali saya mendengar nama tempoyak. Apalagi dengan “bumbu-bumbu” keterangan tentang cara pembuatan yang berlebihan, dan mungkin tidak benar, membuat membayangkan rasanya pun sudah enggan. Beruntung, saya memiliki keingintahuan yang besar untuk menikmati makanan di luar yang biasa saya nikmati. Itulah awal perkenalan saya dengan tempoyak.

Read More →

Menyusun Menu Prasmanan

by Fatmah Bahalwan

Menu, adalah kata kunci dalam penyajian hidangan rumah ataupun pesta. Menyusun menu meski sekilas terlihat mudah, akan tetapi sering membuat seseorang kehilangan ide.

Kiat menyusun menu yang baik dimulai dengan menghindari hal-hal sebagai berikut:

  1. mengulang bahan dasar yang sama
  2. mengulang cara masak yang sama
  3. mengulang warna masakan yang sama
  4. mengulang rasa masakan yang sama
  5. mengulang bentuk yang sama
  6. mengulang kekentalan yg sama

Bila dalam sajian prasmanan anda menyajikan Nasi Goreng Sosis, maka hindarkan menghadirkan Sup Sosis juga. Demikian pula, bila sudah disajikan Semur daging, maka hindari menyajikan Ayam Goreng Mentega. Kedua masakan terakhir ini sama-sama menggunakan kecap sebagai bahan yang dominan. Demikian juga apabila anda menyajikan Tengiri masak kuning, jangan menyajikan masakan dengan warna sama, misal Ayam Opor Kuning.

Contoh susunan berikut, bisa dijadikan acuan menu prasmanan dirumah maupun di tempat pesta:

Nasi Putih
Nasi Goreng
Sup
Masakan Ayam
Masakan Daging
Masakan Ikan
Salad / sayuran
Kerupuk
Buah
Soft Drink / Fruit Juice
Air mineral
Snack mini / Jajan Pasar

Mulailah menyusun jenis makanan dari setiap jenis menu, misalnya Jenis Masakan Ayam/Unggas: buat daftar masakan apa saja yang anda bisa sajikan. Kemudian buat juga daftar masakan dengan jenis bahan lain, seperti daging, ikan, sayuran dan lain-lain. Dengan demikian, ketika customer mendiskusikan menu yg dibutuhkan, dengan mudah anda dapat memberikan panduan.

Pekerjaan membuat daftar masakan, kue dan lain-lain ini kelihatannya sederhana. Akan tetapi bila dikerjakan dengan seksama, suatu saat anda akan merasakan manfaatnya.

Menu harus dirancang sesuai keinginan tamu atau klien, bukan disesuaikan dengan keinginan anda sendiri. Mengenali selera klien menjadi suatu kewajiban bagi anda sebagai penyedia jasa catering ataupun sekedar masak untuk keluarga.(fb)

Read More →

Blanching

by Fatmah Bahalwan
Image by MarthaStewart.com

Blanching adalah teknik memasak sayur mayur dengan cara :

  1. Masak air hingga mendidih
  2. Masukkan sayur mayur yg sudah bersih, rebus hingga titik hijau (atau warna lain) yang dikehendaki, lalu segera angkat serentak, dan langsung dicelupkan kedalam air dingin (air es).

Mengapa harus dilakukan Blanching?

Blanching dimaksudkan untuk mendapatkan kematangan yg persis seperti dikehendaki oleh juru masak. Teknik memasukkan sayur rebus kedalam air dingin adalah untuk menghentikan proses pematangan.

Read More →

Mengatur Karyawan pada Usaha Rumahan

by Fatmah Bahalwan
(naturalcatering at cbn.net.id)

Ada beberapa pertanyaan yg datang perihal diatas. Rasanya pertanyaan ini mewakili banyak sekali pertanyaan para “pengusaha” rumahan seperti saya juga.

Setelah hampir 6 tahun mengelola usaha rumahan, saya seperti bisa memahami sifat karyawan rumahan. Mirip-mirip karyawan kantor dimasa jaya negeri kita. Suka berpindah-pindah atau bertualang mencari kerjaan, tanpa alasan mendasar.

Rasanya kurang baik apaaa ya saya sama dia, tapi koq enak aja udah pinter trus brenti kerja, rasanya gemeeesss deh’ begitu yg sering kita dengar keluhan ibu-ibu.

Lebih gawat lagi, ada beberapa teman yg terpaksa menutup usahanya karena karyawannya berhenti. Sangat memprihatinkan. Ketergantungan kepada karyawan terlalu tinggi.

Keadaan seperti ini disebabkan karena peluang kerja lebih banyak dibanding jumlah orangnya. Bahasa ekonominya ‘tidak seimbang antara supply and demand’, gitu ya? CMIIW. Kemudahan mendapatkan ‘kerjaan lain’ membuat mereka rajin bertualang, dan memilih mana yg paling dia suka. Kadang kejeblos dan balik lagi ke ‘majikan’ lama bukan sesuatu yg aib, toh masih diterima juga.. lha piye, wong butuh 🙂

Read More →

Memilih dan Mengolah Daging Kambing

By Fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id)

Tips memilih daging kambing: cari yg warnanya masih segar dan kenyal.

Saya sendiri kebetulan punya langganan yg memasok daging kambing dan juga kambingnya, krn saya kan terima jasa masak untuk Aqiqah. Jadi kemaren itu juga saya tinggal telpon gitu, dia yg pilihin… soale ini bisnis KKN hehehe… untuk urusan kambing saya percaya banget sama org Arab, bukan SARA ya, tapi saya tahu betul bagaimana dia memotong, membersihkan, dan memeriksakan setiap kambingnya kepada dokter hewan tercatat sebelum dipotong…

Read More →

Menikmati Keunikan Pasar Terapung Sungai Martapura

Stories by Wisnu AM
Photos by Wisnu AM & Awal Subandar

Mengesankan. Ungkapan paling ringkas untuk menggambarkan kesibukan Pasar Terapung di Sungai Martapura, Banjarmasin. Kesibukan menjelang fajar ini telah “diabadikan” oleh sebuah stasiun televisi swasta, untuk menandai pergantian jam tayang. Selain itu, lukisan tentang kesibukan pasar unik ini juga banyak ditemukan di Banjarmasin. Agaknya, pasar ini sudah menjadi ikon tersendiri bagi Banjarmasin.
Belum lama ini, saya melakukan perjalanan kantor di seputar Kalimantan Tengah. Port of entry dan port of exitnya adalah Banjarmasin. Setelah sepuluh hari capek keluar masuk hutan, sehari sebelum pulang rombongan sepakat untuk raun-raun menikmati lokasi wisata sekitar Banjarmasin.
Pasar terapung adalah tujuan pertama. Pasar Martapura adalah tujuan berikutnya.

Read More →

Reportase Tempat Santap : SRABI DAN SELAT SOLO RM MIROSO

Rm Miroso

Stories & Photos by Wisnu AM

Kalau kita sebut makanan steak, hampir dapat dipastikan sedikit sekali orang yang tidak mengerti itu makanan apa. Demikian pula jika kita sebut bistik. Walaupun tulisannya agak berbeda, tidak sulit untuk menebak bahwamakanan ini masih bersaudara dengan steak. Namun, berapa banyakorangyang mengerti makanan Selat Solo? Barangkali lebih banyak yang menggelengkan kepala, dibanding dengan mereka yang segera mengenali makanan ini.

Read More →