Aneka Dimsum Halal, Bisnis Yang Tak Pernah Sepi

Dim Sum adalah sejenis Finger Food yang berasal dari Tiongkok. Budaya makan DimSum makin popular di Indonesia. Bahkan juga dijadikan salah satu varian bisnis Usaha Kecil Menengah. Dahulunya, makan DimSum adalah diwaktu antara makan pagi dan makan siang, atau diwaktu antara makan siang dan makan malam. Mengingat DimSum bukanlah makanan utama. Istilah baratnya Brunch, atau ‘ngemil’ dalam istilah Indonesia.

Akan tetapi saat ini Dimsum menjadi makanan yang bisa disajikan kapan saja, saat pagi, siang, malam, atau diantara waktu tersebut. Itu sebabnya bisnis aneka Dimsum menjadi menarik dan tak pernah sepi penggemarnya.

Hampir setiap bulan Aneka Dim Sum Halal diadakan kelasnya di Natural Cooking Club (NCC). Kata “halal” perlu kami beri tekanan karena bisa dimengerti makanan yang berasal dari negara oriental ini aslinya berbahan baku non halal. Nah, dikelas ini diajarkan menggunakan semua bahan yang sudah bersertifikat halal, dan yang terindikasi tidak menggunakan bahan baku non halal.

Materi Aneka Dim Sum terdiri dari : Hakau, Lumpia Udang mayonese, Sioe may dan Angsioe Kaki ayam dan dilengkapi dengan materi membuat Mayonese-nya.

Kelas diawali dengan membuat angsioe Kaki Ayam, materi ini didemokan. Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur pada kelas ini menjelaskan bahwa untuk menyingkat waktu memasak kaki ayam hingga empuk, bisa digunakan panci presto. Cukup 30 menit sejak bunyi desis. Sedangkan bila menghendaki kaki ayam yang gendut melepuh, caranya panas-panas setelah kaki ayam diangkat dari penggorengan langsung direndam dalam air es selama satu atau 2 jam.

Menyusul kemudian seluruh peserta kursus diajak praktek Bersama membuat Sioe May dan Lumpia Udang. Paling seru adalah saat praktek membuat Ha Kau. Jenis Dimsum paling popular ini membutuhkan ketrampilan khusus agar didapat kulit Hakau tipis tapi tidak mudah robek, rimpelnya rapi dan transparan saat setelah dikukus. “ingat ya, kukus cukup 10 menit saja”, menjaga agar Hakau tidak robek kulitnya.

Kelas berakhir dengan wajah sumringah para peserta kursus. “saya akan langsung buat untuk pesanan ini Bu Fat”, seru salah seorang peserta kursus yang langsung posting foto hasil kursus dan saat itu jg mendapat pesanan. Alhamdulillah, sukses milik kita semua.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    Tuti
    January 30, 2020

    Saya pengen order buku puding cantik bagaimana caranya ya

Leave a Comment