Bakso Malang & Pempek Palembang Sukses Bersama Tapioka Bola

Semangat sekali Natural Cooking Club ikut memperkenalkan tepung Tapioka BOLA. Mengapa demikian? Sebetulnya sudah sejak lama kursus kami fanatik menggunakan tepung sagu dan tepung tapioka merk lain. Ketika diperkenalkan dengan Tepung Tapioka BOLA dari FKS Multi Agro, awalnya kami agak ragu. Mungkinkah tepung ini bisa menggantikan kualitas tepung merk lain yang sudah bertahun-tahun sebelumnya kami gunakan?. Akhirnya kamipun mencobanya terlebih dahulu untuk aplikasi pada Kue Basah Jajan Pasar, mulai dari Ongol-ongol. Bika ambon, Cenil, Kue Talam, Kue lapis pepe dan lain-lain, ternyata hasilnya sangat sempurna. Tidak kalah dengan tepung yang biasa kami gunakan. Sementara itu Tapioka BOLA secara harga lebih murah, tapi memiliki kelebihan banyak. Warna cerah dihasilnya pada setiap kue yang dibuat. Lebih menggembirakan lagi adalah tekstur kue-kue yang dihasilkan juga kenyal sempurna. Inilah tekstur yang sudah lama kami cari-cari.

Pada bula Juli 2018, tidak tanggung-tanggung kami aplikasikan sebagai bahan baku utama pada kelas Siomay Bandung dan Batagor, kelas Bakwan Malang dan kelas Masakan Palembang Populer. Tiga kali kelas dilaksanakan pada bulan ini karena begitu banyaknya permintaan siswa kursus yang disampaikan melalui media sosisal.

Siomay Bandung & Batagor merupakan makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Siapapun yang sempat kekota bandung pasti tidak akan melewatkan oleh-oleh makanan ini. Selain itu Siomay & Batagor sangat cocok dijadikan makanan untuk bisnis direstoran, kakilima ataupun rumahan. Bahkan sebagai Frozen Food sekalipun, makanan ini pas banget. Tapioka BOLA diaplikaskan pada resep Siomay & Batagor sangat cocok. Didapat tekstur Siomay yang cukup kenyal dan lembut. Pada kelas ini seluruh siswa praktek langsung membuat adonan dan membentuknya menjadi siomay Pangsit, siomay Telur, siomay Pare, siomay Kol dan Siomay Tahu.

Batagor juga dibuat menggunakan adonan yang sama. Bedanya jika Siomay dikukus, batagor ini dimatangkan dengan cara digoreng.

Pada Kelas Bakwan Malang, Tapioka BOLA sukses diaplikasikan pada pembuatan Bakso Sapi, Bakso Goreng, Bakso Tahu, Sioe may dan Pangsit Goreng. Seluruh siswa kursus diajak langsung membuat Bakso Sapi dan merasakan kekenyalan bakso mulai dari adonannya. Demikian juga ketika dibuat menjadi bakso Goreng, hasilnya mekar kopong tiada cacat. Siswa juga diajak praktek langsung membuat kondimen Bakwan Malang lainnya, dengan tetap berbahan baku utama tapioka BOLA.

Tapioka BOLA kembali diaplikasikan dalam pembuatan Pempek dalam kelas Masakan Palembang Populer. Hasilnya? Tidak diragukan lagi, Pempek tampak lebih bersih, kenyal, lembut dan enak sekali. Pada kelas ini selain dibuat adonan pempek Dasar untuk membuat Pempek kapal Selam, Pempek lenjer dan Pempek Keriting. Dibuat juga Pempek Adaan, Tekwan dan Otak-otak.

Alhamdulillah sekarang kami tidak perlu ragu lagi menggunakan tepung Tapioka BOLA untuk aplikasi beragam masakan tradisional dan juga kue-kue tradisional Indonesia. Karena kualitasnya terbukti bagus. Siswa kursuspun langsung memborong tepung yang kami jual dimarkas Natural Cooking Club.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment