Reportase Kursus: Pudding Polkadot Kekinian

Senang sekali melihat perkembangan kreasi Pudding saat ini. Berawal dari motif polkadot yang cantik pada pudding cokelat yang beredar di sosial media, banyak sekali permintaan untuk mengadakan kelasnya. Tentu saja permintaan ini kami sambut dengan sukacita, karena setiap saat Natural Cooking club (NCC), selalu ingin memenuhi keinginan banyak orang untuk belajar.

Inner Pudding menjadi judul kelasnya dengan materi unggulan Pudding Cokelat Polkadot. Materi yang diberikan tidak melulu pudding polkadot, akan tetapi diperkaya dengan tiga macam inner pudding cantik dan enak lainnya. Ada Inner Pudding Merah Putih, Inner Pudding Durian pandan lumut, Inner Pudding Butterschott. Semua pudding yang diajarkan memiliki citarasa sangat enak. Total yang dipelajari adalah 4 macam pudding dengan empat macam Inner.

Sebetulnya apa sih inner pudding itu? Begitu pertanyaan seorang siswa kursus. Inner Pudding adalah: ada pudding didalam pudding. Masih bingung? Begini jelasnya. Kita buat terlebih dahulu pudding ukuran kecil. Kemudian biarkan dia mengeras. Dilanjutkan dengan membuat pudding ukuran besar untuk meletakkan pudding kecil tadi ditengah bagian dalam pudding besar. menggunakan teknik khusus dan tingkat kehati-hatian yang tinggi, sedemikian rupa sehingga pudding kecil bakal kokoh berada didalam pudding besar. Masih bingung? Ah, sudahlah ikuti saja kelasnya. Karena kami sendiri kebingungan menjelaskan dengan kata-kata.

Kelas dimulai dengan membuat pudding ukuran kecil yang akan dibekukan terlebih dahulu. Peserta kursus membuatnya bersama secara berkelompok. Setelah adonan dimasak hingga mendidih, diaduk-aduk hingga uapnya hilang, langsung dituang kedalam cetakan yang sudah disediakan. Lanjut didinginkan dengan cara direndam air supaya cepat. Teknik ini sungguh tradisional tapi sangat membantu proses beku pudding.

Selanjutnya berturut-turut dibuat motif polkadot, motif tak beraturan dan puding-pudding outer. Tentu saja diperlukan modal sangat besar untuk menghasilkan pudding sempurna. Modal yang paling besar diantaranya adalah “kesabaran”. Setiap step selalu membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Dari kesabaran dan mengikuti step-step pembuatan, dihasilkan pudding yang sangat cantik dengan nilai jual cukup tinggi. Lihat deh deretan Inner Pudding cantik yang telah selesai dibuat pada foto-foto reportase ini.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment