Reportase Kursus: Kulit Hakau Bening Dan Tipis

Jenis makanan yang identik dengan wadah kukusan yang terbuat dari bambu ini, di tanah asalnya konon mencapai 2.000 macam. Saat ini dim sum sudah sangat populer di Indonesia. Salah satu contoh dim sum yang sudah populer di Indonesia, yaitu hakau dan siomay. Di kursus NCC ada empat jenis dim sum yang menjadi favorit peserta, yaitu hakau, siomay, lumpia udang mayonnaise, dan angsio kaki ayam. Dengan mengikuti kursus ini, membuat dimsum di rumah, menjadi sangat mudah. Selain lezat, kita bisa mengontrol bahan-bahan yang dipakai untuk menghindari bahan non halal. Secara keseluruhan pun biayanya menjadi murah bila dibandingkan makan dimsum di restoran. Jika buat jualan? Pasti sangat menguntungkan!

Di kelas Dimsum Halal, peserta praktek masing-masing dalam membentuk hakau, somay dan lumpia. Juga diajarkan cara membuat mayonaise dengan bahan-bahan segar.
Yang paling seru adalah saat membuat hakau udang.Ada dua unsur pokok pembuatan hakau yaitu adonan kulit dan adonan isi. Membuat kulit hakau dimulai dengan menggunakan tepung khusus yaitu tepung tang mien.

Tepung tang mien adalah tepung yang terbuat dari sari pati tepung terigu, yang memang khusus untuk membuat kulit hakau. Yang perlu diperhatikan adalah proses saat pemasakan dan kepekaan terhadap air agar didapat kulit hakau yang bening
Pembuatan Hakau dimulai dengan menimbang bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti tepung tang mien, tepung sagu, minyak sayur, dan air. Penggunaan tepung sagu pada adonan kulit ini berfungsi agar adonan menjadi kenyal dan lentur. Setelah ditimbang, semua bahan kemudian disiram dengan air mendidih, lalu diaduk hingga rata.
Saat masih hangat segera adoni kembali adonan tepung tang mien dengan tangan  hingga kalis. Jika sudah kalis, adonan kulit dipotong-potong dan digilas tipis dengan rolling pin kemudian bentuk bulat.

Melipat dim sum ini juga perlu keahliann. Lipatan hingga berbentuk setengah lingkaran lalu dilipat ujungnya saling bertindihan dengan gerakan maju membentuk wiron dan tampak seperti kantung. Terlihat mudah, namun ternyata perlu kecermatan. Nah rupanya di bagian ini kelas berjalan cukup seru.
Jangan lupa agar hakau terasa lebih sedap gunakan chicken powder, yang dikenal dengan merk Knorr Chicken Powder. Penasaran bagaimana membuat kulit hakau? Ikuti cooking class berikutnya ya !

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment