Reportase Kursus: Black Forest Yang Tak Pernah Kuno

Populer sejak tahun 1980-an, Black Forest cake seperti tak lekang oleh waktu. Hingga saat ini, meskipun banyak sekali ragam kue model baru berdatangan, Black Forest tetap menjadi sajian yang diharapkan. Setiap menjelang hari raya apa saja, Black Forest menjadi salah satu pilihan. Untuk keperluan sajian pesta, kue hantaran acara tertentu dan perayaan lainnya. Tampilan cake yang penuh dengan cokelat serut layaknya hutan lebat dengan sentuhan whipped cream dan cherry merah sebagai pemanisnya sangat cocok dijadikan center piece.

Black Forest merupakan salah satu mata pelajaran Cake Internasional Populer di Natural Cooking Club (NCC). Materi lain yang diajarkan adalah membuat Opera cake, Devil’s Food cake, dan Sacher Torte. Pelajaran lengkap dimulai dari membuat basic cake-nya, membuat chocolate ganache, membuat cokelat hiasan dan Finishing Cake hingga menjadi cake yang sangat elegant. Tampil mewah penuh cokelat.

Sponge cake cokelat menjadi pelajaran pertama yang dipraktekkan sebagai bahan dasar Black Forest cake. Kue yang selalu diawali pengerjaannya dengan mengocok telur dan gula ini, memiliki tekstur yang empuk membal dan berpori-pori. Sehingga saat dibasahi dengan syrup black cherry, meresap sempurna. Selanjutnya didemokan sponge cake untuk Devils cake dan Jaconde cake untuk bahan dasar Opera cake. Terakhir dibuat cokelat cake unik untuk bahan dasar Sacher Torte.

Didemokan kemudian cara membuat hiasan cokelat. Dimulai dengan menyerut cokelat block beragam model. Ada cokelat curly, cokelat rose, cokelat serut, cokelat wafer, dan cokelat transfer sheet. Didemokan juga membuat cokelat hias kombinasi penggunaan cokelat transfer sheet dan cokelat stencil silikon. Dengan demikian peserta kursus langsung kaya pengetahuan membuat cokelat dekor.

Kelas dilanjutkan dengan menyusun Black Forest cake. Sponge cake cokelat yang sudah matang disusun selembar terlebih dahulu, dibasahi dengan syrup cherry, diberi filling dan cacahan dark cherry. Dibuat tiga layer, baru kemudian ditutup seluruhnya, dan dihias dengan cokelat decor yang sudah dibuat. Voilaa, Black Forest tampil mewah siap difoto-foto.

Cake selanjutnya berturut-turut di-finishing hingga tampil cantik dan mewah semua.

Kelembutan dan keharuman cake sangat mempengaruhi rasa dan kekokohan semua cake yang dibuat dikelas ini. Semua ini tentu saja karena hanya Blue Band Master cake margarine yang menjadi salah satu bahan utamanya.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment