Reportase Kursus: Menyusun Menu Snack Box

Ketika selesai kelas Set Menu Snack Box I beberapa waktu yang lalu, hampir separuh peserta yang mengikuti kelas langsung memastikan untuk ikut kelas Snack Box II. “Saya mau serius menekuni bisnis Snack Box”, ujar Yolivia yang semangat menghadiri kelas meskipun sedang tidak enak badan.

Meskipun terlihat simpel, menyusun menu snack box memerlukan ketrampilan tersendiri. Misalnya, tidak boleh dalam satu box berisi semua snack asin, ataupun semua snack manis. Harus dibuat agar ada snak asin dan snack manis. Sehingga didalam box merupakan kesatuan menu yang lengkap. Karena snack box sering dijadikan makanan “pengganjal lapar” sementara sambil menunggu saat makan utama tiba, perlu juga dihadirkan snack yang mengenyangkan.

Pada kursus Set Menu snack Box II, dihadirkan menu yang beragam. Yaitu Cente Manis, Bolu tape kenari dan Kue Mangkok Gula merah untuk mewakili jenis snack manis. American Risoles dan Makaroni Schootel cup, sebagai menu snack asinnya. Pada menu ini makaroni menjadi salah satu snack yang dianggap sebagai mengenyangkan.

“waduh, rupanya selama ini kerjaan saya salah semua!”, kata salah satu peserta kursus ketika dibuat Cente Manis. Jenis snack manis ini memang banyak sekali penggemarnya. Rupanya yang bersangkutan baru mengetahui bila Biji Mutiara yang digunakan sebagai bahan baku harus direndam terlebih dahulu, direbus hingga matang, baru boleh dicampurkan kedalam bubur Hungkwe yang sudah masak kental.

Ketika dibuat american Risoles, Fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi instruktur langsung menjelaskan bahwa “Meskipun namanya American Risoles, tapi snack ini tidak ada lho di Amerika”. Disambut gelak tawa para siswa. Dijelaskan kemudian sejarah tercipta snack ini. Risoles yang biasanya berisi ragout, karena sebuah keterpaksaan menjadi berisi smoke beef, telur rebus dan parutan keju, serta tak ketinggalan Best Food Mayomagic. Cara membuatnya yang simpel, menjadikan risoles jenis ini dapat dijadikan varian snack unggulan.

Bolu Tape Kenari, mejadi snack manis yang sungguh enak rasanya. “Duch ibu, menu snack ini enak semua”, ibu Elce berkata sambil mencicip bolu tape yang dibuat dalam cupcases sehingga tampilannya cantik untuk snack box. Tekstur Bolu tape yang lembut, harum dan lembab ini didapat karena digunakan hanya Blue Band Master Cake Margarine saja sebagai salah satu bahan bakunya.

Kursus yang berjalan secara kerja kelompok ini selesai tepat waktu. Setiap peserta kursus dapat pulang membawa hasil kerjanya masing-masing. Bekal yang utama adalah pengetahuan tentang menyusun menu snack box dan memperkiraan apa saja yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis ini. Semua mudah dan dapat dikerjakan oleh siapa saja.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment