Reportase Kursus: Bisa Naik 500% Harga Cake Bila Didekorasi

Banyak sekali pertanyaan yang datang kepada kami setiap kali siswa kursus selesai  membuat kue. Berapa harga jual yang harus ditentukan? Lalu kami sarankan untuk menghitung harga bahan baku, harga kemasan, biaya transport, dan lain-lain untuk mendapatkan jumlah harga modal. Setelah itu kami bebaskan untuk menentukan besaran keuntungan yang ingin didapatkan. Pada bisnis kue, keuntungan 100 sampai dengan 200% masih mudah diterima oleh pasar. Akan tetapi anda akan menemukan harga dengan keuntungan yang fantantis bila kue yang sudah dibuat itu kemudian dihias dengan bahan butter cream maupun fondant menjadi kue tart. Harganya bisa langsung terdongkrak sampai  500%, dan pasar masih dapat menerimanya dengan sukacita.

Lalu bagaimana cara menghias kuenya? Natural Cooking Club (NCC) yang didukung oleh Unilever Food Solusion mengadakan kelasnya rutin setiap bulan. Ada kelas cake decorating dengan Buttercream, dan ada kelas cake decorating dengan bahan Fondant juga. Reportase kali ini adalah telah berjalannya kelas cake decorating buttercream program empat hari. Adalah kelas yang selalu menjadi cita-cita tiap member NCC untuk mengikutinya.

Kelas yang berjalan selama empat hari ini penuh dengan pelajaran dasar yang sudah disusun dalam modul yang padat tapi mudah diikuti oleh siswa yang mengikutinya. Terbagi dengan modul  satu diberikan sebagai pelajaran hari pertama. Berisi pelajaran dasar membuat bintang (Star), swirl, kerang (shell), standing shell, string work, coma, ruffle, spiral dan rose, hingga pelajaran cover cake. Modul ini dikerjalan langsung oleh siswa secara hands on mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00. dengan bimbingan guru kaliber internasional, Fatmah Bahalwan.

Pada hari kedua, siswa diajak menggunakan warna, mencampur warna dan membuat gradasi warna. Dipraktekkan pada model cake bulat diameter 25cm. Cake dibuat dengan model sangat cantik untuk mempraktekkan ulang pelajaran cover cake, ditambah dengan pelajaran baru membuat Lace, dan standing shell, string work, coma, rose dan finishing. Pelajaran ini selesai dalam waktu setengah hari. Setelah diselingi dengan istirahat makan siang dan sholat, kelas berlangsung lagi dengan semangat untuk pelajaran membuat kue keranjang bunga. Menggunakan spuit wilton no.48 setiap siswa kemudian berlatih membuat motif anyaman, Basket Wave. Hasilnya dapat dilihat pada parade foto-foto terlampir.

Hari ketiga adalah, how to handle square cake. Cake dengan empat sudut, yang sering sekali sulit di-cover karena sudut siku-siku-nya harus utuh. Bagaimana cara agar sudut tetap utuh siku-nya tapi kue tak terlihat. Pelajaran ini sungguh membutuhkan kesabaran. Satu harian ini dua cake selesai dengan tambahan pelajaran membuat Cornelli Lace, ruffle,dan mini basket wave.

Pada hari keempat, pelajaran utamanya adalah Frozen Buttercream Transfer. Yaitu membuat gambar-gambar cartoon menggunakan buttercream. Setelah itu siswa diharuskan menutup cake dan menghiasnya dengan ide bebas memanfaatkan pelajaran selama tiga hari sebelumnya.

Alhamdulillah, pelajaran terserap dengan baik terbukti dengan hasil karya siswa yang sungguh membuat mereka sendiri tak percaya. Mereka yang mengaku belum pernah menghias kue, menjadi pandai dengan semangat belajar selama empat hari berturut-turut.

Selama empat hari berturut-turut itu kami hanya menggunakan Buttercream yang dibuat dari Blue Band Master White Fat, atau lebih dikenal dengan nama Mentega Putih Blue Band atau Blue Band shortening. Dengan bahan ini buttercream yang didapat kokoh, tidak ngendal, dengan warna putih sempurna.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment