Reportase Kursus: Dimsum, Menu Tepat Bisnis Makanan Untuk Buka Puasa

Berbuka dengan yang manis, sudah biasa. Setelah makan kurma dan minum-minuman kesukaan. Setiap orang yang berpuasa akan mencari makanan. Makan nasi? Wah, terlalu berat untuk perut yang habis berpuasa seharian. Nah, aneka Dimsum Halal dapat menjadi pilihan. Karena Dimsum merupakan makanan selingan. Biasanya disajikan diwaktu antara makan pagi dan makana siang, atau diantara makan siang dan makan malam. Bukan makan utama tetapi cukup mengenyangkan.

Kursus Aneka Dimsum Halal di Natural Cooking Club (NCC), diajarkan empat macam varian dimsum. Yaitu Angsioe Kaki Ayam, Hakau udang, Siomay dan Lumpia Udang Mayonese. Semua dikerjakan secara praktek masing-masing berkelompok.

Ketika kelas dimulai, salah satu siswa tiba-tiba angkat tangan:”Ibu, kami belum berkenalan satu persatu?”, oh, baiklah. Mari kita berkenalan dimulai dari saya Fatmah Bahalwan yang kebetulan saat itu menjadi instruktur. Jadilah setiap siswa kursus hari itu berdiri satu-persatu bergantian memperkenalkan diri, nama dan nama usaha. Sungguh luar biasa ternyata diantara peserta kursus banyak yang sudah melakukan usaha makanan dan kue. Ada yang usaha dirumah secara online, ada yang buka kantin dan ada yang sudah membuka usaha catering. Luar biasanya lagi, siswa pertama yang angkat tangan tersebut ternyata seorang Polisi. Hah, polisi? Semua terkejut. Seorang polisi wanita, yang selama ini kita kenal selalu gagah dan cantik, apalagi yang suka menjaga lalu lintas, ternyata tetap feminim dan menyukai pekerjaan memasak didapur. Semua takjub dan senang mengenal beliau yang ramah dan bersemangat.

Serentak setelah selesai memasaka angsioe kaki ayam. Para siswa membuat Siomay ayam jamur. Adonan diaduk kemudian dicetak menjadi siomay cantik. Dilanjutkan dengan membuat Lumpia Udang. Ingat, lumpia harus ‘giling’, yaitu bulat lonjong seperti pipa. Tidak boleh gepeng. Kalau gepeng akan mendapat hukuman. Sambil bersenda gurau pekerjaanpun selesai.

Nah, satu pekerjaan lagi yang harus dibuat yaitu Hakau. Bagaimana supaya kulitnya bakal transparan, gembung ditengah dan berwiron cantik dibagian atasnya? Ayok, praktek semua masing-masing sampai bisa.

Ketika mulai icip-icip hasil praktek yang sudah matang, semua peserta berkomentar ini adalah Dimsum terenak yang pernah saya makan. “bahkan Dimsum sajian catering yang paling ngetop sekalipun masih kalah”. Aha, terimakasih dengan komentarnya yang luar biasa. Mengapa bisa demikian? Rahasianya terletak pada Knorr Chicken Powder yang selalu menjadi bumbu wajib didalam setiap adonan dimsum. Nggak percaya? Silahkan coba.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment