Reportase Kursus: Napoleon, Bolu Gulung Dengan Filling Pastry

Konon, ini adalah kue yang sedang kekinian. Bayangkan, banyak orang rela mengantri dilokasi penjualannya dikota Medan demi sepotong kue yang fenomenal ini.

Saya mengenal Napoleon sebetulnya sudah sejak lama, sekitar tahun sembilan puluhan. Pada saat itupun kue ini sudah dikatakan sebagai kue klasik yang berasal dari Prancis. Pastry yang ditumpuk dan diberi filling dan bagian atasnya dihias dengan coklat dimotif-motif. Itu sebabnya ketika Napoleon hadir kembali sebagai kue yang populer, langsung saya berpikir: “Heiy, ini bukan kekinian, ini kue kuno”. Sungguh sangat positif ketika kemudian dipopulerkan kembali dan ternyata disukai banyak orang.

Kelas di NCC Matraman, diawali dengan pengenalan Napoleon Cake. Kemudian berlanjut dengan bekerja secara kelompok membuat adonan cake yang akan dibuat menjadi Roll Cake-nya dan cake untuk filling. Lho koq ada cake untuk filling?. Iya betul, Napoleon yang sedang kekinian ini adalah Bolu Gulung sebetulnya. Tapi didalamnya diisi dengan tumpukan pastry dan cake berlapis tiga. Diantara cake dan pastry inipun diselingi dengan whipped cream cheese dan selai.

Peserta kelas inipun beragam, ada yang pehobby, bakery owner, online shop, dan ibu rumah tangga yang menerima pesanan kue. Malahan Citra yang sengaja datang dari Jambi, semangat sekali ikut praktek mengaduk adonan. Cake yang dibuat dengan bahan baku Blue Band Master Cake Margarine ini, setelah matang sungguh sangat mengagumkan. Teksturnya sangat lembut dan lentur, sehingga ketika dibuat untuk menggulung sususan pastry dan vanilla cake, sangat mudah.

Tersaji kemudian Greentea Napoleon cake, Mocca Napoleon Cake, Pandan Napoleon cake dan Vanilla Napoleon cake. Dengan topping keju gondrong yang banyak, cake ini menjadi tampil cantik dan rasa lezatnya tampak sempurna.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

Leave a Comment