Reportase Kursus: Bisnis Rumahan Bakso dan Bakwan Malang

Assalamu’alaikum, selamat pagi, thok, thok, thok! Waa, maaf saya kepagian. Begitu sapa Ibu Yuli yang datang dari Kebun Jeruk untuk mengikuti kelas hari ini yaitu bakso & Bakwan malang. Semangat sekali ibu ini datang dua jam sebelum kelas dimulai. Tidak kalah semangatnya, Markas NCC (Natural Cooking Club)-pun menyambut baik dan gembira hati. Silahkan menunggu sambil membaca buku dan majalah kuliner yang tersedia dimeja tunggu.

Tepat pukul 10.00, ketika para peserta kursus sudah lengkap berdatangan, kelaspun dimulai. Dijelaskan bahwa Bakwan Malang adalah One Dish Meal, yaitu sajian makanan lengkap dalam satu mangkuk. Isinya mulai dari Bakso Daging Sapi, Bakso Goreng, Bakso Tahu, Siomay dan Pangsit Goreng. Pada setiap sajian kemudian sering ditambahkan Mie kuning yang diikat-ikat, mie putih dan sayuran seperti sawi hijau, jamur atau tauge.

Membuat Bakso sapi kemudian menjadi materi awal kelas ini. Daging sapi segar dihaluskan bersama es batu, sampai benar-benar halus baru diberi garam dan bumbu lainkemudian terakhir diberi sedikit tepung sagu sebagai pengikat. Peserta kursus langsung dapat mengetahui tips dan trik agar sukses membuat bakso sapi yang enak dan kenyal tanpa harus menambahkan bahan pengenyal berbahaya. Cukup gunakan bahan natural yang mudah didapat dan tambahkan satu sendok teh Knorr Chicken Powder pada satu resep yang dipelajari.

Menyusul kemudian dibuat bersama berturut-turut Bakso tahu, Siomay dan Pangsit goreng. Bakso goreng menjadi materi terakhir karena membutuhkan ketelatenan saat mencetak dan menggorengnya. Kunci utamanya adalah: goreng dalam minyak banyak dengan api kecil. Selalu diaduk-aduk agar gorengan rata warnanya dan kokoh. Tidak boleh diangkat sebelum benar-benar kokoh.

Setelah semua kondimen Bakwan malang selesai dibuat. Maka saatnya diberikan contoh cara menyajikannya. “Mau pesan apa saja,bu?”, tiga bakso sapi, dua bakso goreng, satu siomay dan dua pangsit goreng. Siaappp!.

Bagaimana rasanya? Tanya Fatmah yang saat itu menjadi instruktur. “Sungguh sangat enak dan pas. Gurihnya juga pas, tidak perlu ada perubahan resep”, serentak para peserta kursus menjawab. Tentu saja demikian karena semua bumbu natural dan menggunakan hanya Knorr Chicken Powder sebagai penguat rasa.

Ayo, lakukan bisnis mulai dari rumah. Bakwan Malang dapat menjadi pilihan.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

2 Comments

  • Reply
    May 3, 2017

    Bakso malang memang tiada duanya…mantap

  • Reply
    Erawaty
    July 21, 2017

    Mau tanya jadwal kursus bakso area jabodetabek kapan ya?

Leave a Comment