Reportase Kursus: Siomay Bandung Yang Melegenda

Waaah, kelas Siomay Bandung dan Batagor di Natural Cooking Club (NCC) kali ini sudah seperti kelas Internasional saja layaknya. Peserta kursusnya datang dari segala penjuru dunia. Ada yang dari Inggris, Amerika, Dubai, abudhabi, Asutralia, selain dari Kalimantan, sumatera dan tentu saja dari Jakarta dan sekitarnya. Kalau yang dari Depok, bekasi dan Tangerang sudah pasti ada. Semua semangat dan semua ceria untuk memanfaatkan hari libur akhir pekan belajar membuat makanan selingan yang paling populer di Bandung.

Entah bagaimana ceritanya mengapa Siomay & Batagor bisa menjadi ikon makanan khas Bandung. Yang jelas, belum ke Bandung bila tidak bawa oleh-oleh Batagor. Makanan olahan ikan tengiri ini rasanya sangat enak, apalagi bila diberi bumbu kacang yang juga sangat lezaat. Beberapa brand terkenal dari Bandung bertumbuhan dari makanan ini. Tidak heran bila banyak orang ingin mempelajari bagaimana membuatnya dengan benar dan hasil paling mirip dengan Siomay & Batagor yang ada di bandung.
Dikelas NCC, siomay tidak hanya didemokan tetapi juga dikerjakan secara berkelompok oleh para siswa. Pengajar mendemokan satu resep, kemudian para siswa menirukan dengan cara yang sama. Bahan dan peralatan yang sudah disiapkan tinggal diperiksa ulang timbangan dan takaran lainnya sesuai resep. Knorr Chicken Powder menjadi bumbu wajib yang harus digunakan untuk mendapatkan siomay dan batagor yang lezat sempurna. Setiap kelompok yang terdiri dari 5 sampai 6 orang mengerjakannya secara bersama hingga kemudian adonan siomay dan batagor siap dibentuk. “Bapak, Ibu, siapkan ya dua kelompok membuat Batagor dan empat lainnya membuat siomay!”, demikian Fatmah Bahalwan memberi instruksi kepada para peserta kursus.

SIOMAY BANDUNG-9Siomay yang dibuat terlihat berjajar diloyang-loyang yang sudah dipoles dengan minyak. Ada siomay pangsit,
siomay tahu, siomay pare, siomay telur dan siomay kentang. Sementara batagor memiliki dua model, yaitu batagor a laa Bandung, persis menggunakan tahu ukuran besar dan satu lagi “batagor Abang-abang”, yaitu batagor yang dibuat dengan kulit pangsit goreng.

Terakhir didemokan cara menyajikan Siomay dan batagor yang disiram bumbu kacang yang dibuat diawal kelas. Wah, enak sekali ini mak nyus, demikian komentar para siswa yang mencicip bersama. Kalau demikian siap ya kita menjadi pelaku bisnis siomay & Batagor!.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment