Reportase Kursus: Blueband Pastry Fat Cocok Untuk Membuat Puff pastry

Selamat pagi Bapak Ibu, demikian Fatmah membuka kelas hari itu. Pastry Making Class, demikian judul kelasnya. Dimulai tepat pukul 09.00 untuk menyiapkan lembaran-lembaran pastry fat, dan berlanjut menyiapkan bahan tepung, telur dan lainnya. Kita bekerja berkelompok ya! Langsung saat itu juga para siswa terbagi atas tiga kelompok. Kelompok Croissant, kelompok danis dan kelompok Puff.

Tapi sebelumnya yuk kita cari tahu, apakah pastry itu sebenarnya ? Kita simak : Berdasarkan pada asal katanya pastry berasal dari kata paste yang berarti campuran terigu, cairan dan lemak. Pembuatan pastry mengacu pada berbagai adonan (paste and dough) dan banyak lagi produk turunannya. Produk pastry ada yang menggunakan ragi dan ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Dalam kelas Pastry Natural Cooking Club-pun demikian. Materi diberikan sangat lengkap, mulai dengan membuat Croissant yaitu jenis pastry yang menggunakan ragi tetapi tidak menggunakan telur. Disusul dengan membuat Danish Pastry, yaitu jenis pastry yang menggunakan ragi, telur dan susu. Satu lagi adalah Puff pastry, yaitu pastry yang tidak menggunakan ragi tetapi tetap menggunakan telur.

Tiga perbedaan bahan baku utama ini, akan menghasilkan tekstur yang berbeda-beda juga. Croissant misalnya, tekstur yang didapat akan empuk dan renyah. Sementara Danish bertekstur lebih lembut mirip dengan roti pada umumnya tapi tetap berlapis-lapis. Puff pastri memiliki tekstur yang renyah berlapis sempurna. Dari semuanya, Blue Band Pastry Fat sangat cocok dijadikan bahan untuk membuat  Puff Pastry.

Hasilnya bagaimana? Lihat pada foto Zuppa Soup. Puff pastry yang digunakan sebagai topping Zuppa Soup mengembang sangat sempurna, renyah dan berlapis-lapis. Rasanyapun sangat enak. Karena tidak menggunakan ragi, puff pastry menjadi sangat cocok disimpan dalam freezer untuk penggunaan beberapa hari sesudahnya.

Meskipun membuatnya sedikit rumit, karena proses melipat dan menggilas beberapa kali, tapi ketika melihat hasilnya siapapun pasti akan bangga. Nah, membuat pastry? Siapa takut.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Inilah para pemenang kuis Blue Band Master edisi Agustus 2016,

Crop-Win-Kuis-Agustusi2016

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment