Reportase Kursus: Klethikan, Snack Manis Gurih yang Kriuk-kriuk

“Baiklah, mari kita mulai membuat adonan, siapa yang mau mengadon pakai tangan?”, Pertanyaan ini langsung dijawab para siswa “saya, sayaaa!”. Semangat seperti ini selalu ada disetiap kelas-kelas Natural Cooking Class. Hari ini kelas klethikan, yaitu snack kering populer yang bila dimakan mendatangkan suara renyah kriuk-kriuk. Cheese Stick Keju, Keripik Bawang, Egg Roll atau Kue Semprong dan Kacang Madu menjadi materi utama.

Yuli, salah satu siswa yang paling semangat, mengambil bahan dan menguleni adonan Cheese stick dengan semangat. “Saya biasa mengulen satu kilo adonan donat bu, jadi kalau cuma setengah kilo encerlah”, wah, hebat. Jadilah adonan kue bawangpun sukses dia kerjakan juga. Setelah adonan jadi, segera dilakukan proses menggilas hingga tipis. Untuk cheese stick kemudian dibuat potongan lebar-lebar dengan panjang yang sama. Sedangkan kue bawang dibuat potongan bentuk jajaran genjang.

Nah, bagaimana caranya supaya minyak gorengnya tidak berbusa-busa? Pertanyaan ini datang saat sedang menggoreng cheese stick dan kue bawang. Gunakan saja putih telur tanpa kuningnya dalam adonan, dijamin minyak goreng tidak berbusa lagi. Terus bagaimana caranya supaya tekstur cheese stick tetap renyah tapi lembut enak?, tambahkan Blue Band Master Margarine dalam adonan, pasti kerenyahan dan rasa yang diharapkan akan didapat.

Setelah didemokan membuat Kacang Madu, giliran Egg Roll dibuat. Satu persatu kue semprong digulung cepat setelah matang. Kerjanya harus cepat supaya tidak sampai gosong. Kue yang tercetak tipis ini, saat matang digulung langsung dan renyah setelah didinginkan. Horeee, jadi deh Egg Roll. Rasanya enak persis seperti Egg Roll merk terkenal.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

2 Comments

Leave a Comment