Reportase Kursus: Habis Lebaran, Semangat Bisnis Makin Membara

Waahh, selesai lebaran ternyata banyak sekali yang kembali semangat melakukan bisnis makanan. “Iya Bu Fat, karena restoran saya sangat ramai pengunjung, saya ingin menambah variasi makanan”, begitu kata Ibu Eva yang khusus datang dari kota Ambon untuk mengikuti kelas Siomay Bandung dan Batagor di NCC matraman.

Kelas yang sarat dengan materi makanan populer di Bandung dan kota lainnya ini, memang layak diikuti. Karena setelah mengikuti kelas ini siapapun dapat langsung melakukan bisnis tanpa harus membuat takaran khusus. Resep yang diajarkan sudah pas takarannya. Tinggal diaplikasikan dalam bisnis masing-masing. Bahkan seorang siswa yang juga khusus datang dari Batam, langsung bersiap-siap membuka usaha Siomay dan Batagor disana. Katanya :“ saya mau focus diusaha Siomay & Batagor saja bu, belum mau menambah yang lain. Do’akan sukses ya bu!”. Waah, tentu saja dido’akan dengan ikhlas dan semangat semoga usaha yang direncakana oleh semua siswa akan berjalan baik dan sukses kedepannya.

Kursus dimulai dengan mengenal bahan baku yang digunakan satu persatu. Mengenal ikan yang cocok untuk membuat Siomay juga Batagor, mengenal tepung sagu yang paling tepat dan bahan pelengkap lainnya. Selesai itu, Fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi instruktur, mendemokan cara membuat adonan Siomay secara benar. Tidak boleh diadon terlalu kuat, cukup diaduk rata saja.

Kelas kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, yang masing-masing kelompok mendapat tugas membuat adonan yang sama seperti yang sudah didemokan. Kemudian setiap orang praktek membuat siomay pangsit, siomay tahu, siomay pare, siomay telur dan siomay kentang. Sementara kelompok lainnya bertugas membuat Batagor. Ditengah waktu praktek, para siswa bertukar tugas, sehingga kelompok Siomay-pun ikut serta membuat Batagor, demikian pula sebaliknya.

Seru sekali kelas hari ini. Terutama setelah mengetahui rahasia membuat Bumbu Siomay yang sangat enak, creamy dan kentalnya sangat pas.

Ketika sessi demo cara penyajian, semua senang karena hasil sajian boleh dicicip setelah difoto-foto. Rasanya sudah pas, begitu kata semua peserta kursus.Semangat semua yaaa….selamat menjalankan usaha Siomay & Batagor. Percayalah, bila dilakukan dengan semangat dan pantang menyerah, pasti semua kita akan sukses.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Inilah para pemenang kuis Blue Band Master edisi Juni 2016,

Crop-Win-Kuis-Juni2016

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment