Reportase Kursus: A-Z Olahan Lezat Ayam

Ayam relative murah, mudah disajikan dan cocok dikombinasikan dengan bermacam bumbu, Oleh karena itu ayam menjadi hidangan yang sangat popular dan digemari banyak orang. Kursus Aneka Msakan Ayam Populer menyajikan hidangan ayam  goreng ala KFC, Ayam Goreng Tulang Lunak, dan Ayam Goreng ala Suharti disertai kremesannya

Ayam rasanya netral sehingga mudah dikombinasikan dengan macam-macam bumbu. Ayam yang digunakan untuk ayam ala KFC adalah ayam Broiler, sedangkan untuk Ayam Goreng Tulang Lunak dan Ayam Goreng ala Suharti menggunakan ayam kampung. Secara genetis ayam kampung berbeda dengan ayam broiler. Dilihat secara fisik, badan ayam kampung lebih ramping, paha dan cakarnya lebih panjang dengan daging yang tidak terlalu tebal/penuh. Kulitnya lebih liat sehingga tidak mudah robek, tekstur dagingnya lebih keras/padat, karena itu dibutuhkan waktu lama untuk memasak. Bila hendak digoreng sebaiknya dimasak (diungkep) dulu agar matang dan empuk. Sedangkan ayam broiler badannya lebih gemuk, berdaging tebal, pahanya pendek dengan daging penuh, dan bagian cakarnya berdaging. Tekstur dagingnya empuk sehingga cepat matang bila dimasak.

Pada kelas ini yang pertama kali dibuat adalah Ayam Goreng Ala KFC, kuncinya adalah di tepung dan tehnik pembuatannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan minyak yang banyak (deep fried) agar ayamnya tergoreng merata. Setiap peserta mencoba untuk mencelupkan ayam ke cairan putih telur dan melumurinya dengan tepung. Awas ya jangan terlalu tebal nanti ngga crispy…demikian ibu Eka Arei Shanti mengingatkan peserta.

Kemudian lanjut ke resep berikutnya yakni Ayam Goreng Tulang Lunak. Rasanya sudah pasti enak gurih dan istimewanya adalah tulang ayamnya bisa dimakan juga karena tulangnya sudah lunak tidak keras lagi.
Ada rahasia khusus agar tulang ayam menjadi sangat lunak tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Sehingga Ayam Goreng Tulang Lunak aman dikonsumsi oleh siapa saja. Padahal apabila kita mengetahui tips dan trik memasak yang baik dan benar pasti kita juga bisa memasak apapun selezat masakan di restoran.

Terakhir adalah Ayam Goreng Ala Suharti, ini nih pasti favorit dirumah. Yang paling sulit biasanya adalah membuat kremesannya. Wah ternyata pada kursus kali ini, para pesertanya jagoan semua deh, hasil kremesannya bersarang semua.  Penggunaan Knorr Chicken Powder merupakan kunci dari masakan ayam yang gurih dan anak ini. Yang jelas menu makan malam hari ini adalah 3 menu ayam ini….demikian ujar salah satu peserta kursus,di penghujung kursus. Sampai berjumpa di kursus selanjutnya ya.

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment