Reportase Kursus: Membatik diatas Bolu Gulung

Membatik sudah dipahami pasti diatas kain. Tapi kali ini luar biasa lho, membatik diatas bolu gulung. Lho, memangnya bisa? Iya, bisa banget. Ini dikerjakan pada kelas Indonesian Batik Roll Cake di Natural Cooking Club (NCC) Matraman minggu kemaren.

Kelasnya dimulai dengan pengetahuan tentang batik Indonesia. Pesertapun pertama diajak melihat gambar-gambar sketsa batik, lalu diperbolehkan memilih motif batik kesukaannya untuk diaplikasikan pada Bolu gulung yang hendak dibuat. Maka beberapa motif batik populerpun menjadi pilihan. Sidamukti, parang, pekalonganan, batik Madura, Megamendung Cirebonan, dan lain-lain berjajar diatas meja.

Okay class, sekarang kita berbagi kelompok ya!”, begitu perintah Fatmah Bahalwan yang menjadi guru kelas hari itu. Kelas dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing bertugas membuat adonan untuk dekorasi. Satu kelompok bertugas membuat warna outline, hitam dan putih. Kelompok lain bertugas membuat adonan warna-warni sesuai kebutuhan teman-temannya. Setelah jadi semua, adonan disiapkan dalam piping bag. Jajarkan dimeja supaya setiap orang mudah melihat kebutuhan warna adonan.

Kemudian kelaspun menjadi hening. Semua peserta konsentrasi membatik diatas baking paper yang sudah disiapkan sesuai ukuran loyang. Diawali dengan membuat outline sampai penuh. Lanjut memberi warna. Karena ini membuat kue, maka pakem pewarnaan sebagaimana yang ada pada teori membatik yang sebenarnya, tidak berlaku. Setiap peserta boleh memilih warna sesuai selera. “makin norak makin bagus”, dijelaskan oleh Fatmah yang disambut tawa ceria para peserta.

Selesai membatik, kelaspun riuh kembali dengan praktek membuat adonan bolu gulungnya. Adonan bolu ini harus dibuat dengan seksama untuk mendapatkan bolu yang lembab dan lentur, mudah digulung mengikuti motif batik yang sudah disiapkan. Dalam hal ini Blue Master Cake Margarine sangat menentukan hasil kelembaban dan aroma yang harum. Makanya jangan heran kemudian para peserta dapat melakukan praktek menggulung bolu dengan sempurna.

Nah, jangan lupa ya! Tag line-nya adalah Indonesian Batik Roll Cake.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment