Reportase Kursus: Yang Merah Namanya Red Velvet Tiger Rol Cake

Bolu gulung yang sering disebut dalam bahasa asing Roll Cake bisa dibuat dari beberapa jenis cake. Resep cake yang menggunakan banyak kuning telur adalah jenis cake yang paling sering dibuat menjadi bolu gulung. Jumlah kuning telur yang banyak dipadukan dengan sedikit tepung terigu dan kelembapan yang pas dari Blue Band Cake Margarine, akan menghasilkan bolu yang sangat lentur, lemas dan lembab sehingga sangat mudah digulung.

Jenis cake lain yang bisa dibuat menjadi bolu gulung adalah sponge cake, bisa dipanggang ataupun dikukus. Dan satu lagi adalah jenis Chiffon Cake. Masing-masing jenis cake ini memerlukan penanganan yang berbeda untuk dapat menjadi bolu gulung yang sempurna.

Tiger Roll adalah jenis bolu gulung yang dilapisi dengan cake kulit yang dibuat khusus. Kulit cake ini dapat diaplikasikan pada bolu gulung apa saja. Pada kelas Aneka Tiger Roll Cake di Natural Cooking Club, kulit tiger diaplikasikan pada empat macam bolu gulung. Yaitu bolu gulung cokelat, bolu gulung pandan mini, bolu gulung merah dan bolu gulung hitam.

Kelas dimulai dengan teori sukses membuat bolu gulung. Dilanjutkan dengan praktek membuat empat macam bolu gulung, kemudian konsentrasi membuat kulit tiger. Adonan kulit tiger sungguh unik sehingga setiap peserta kursus sangat serius memperhatikan setiap step pembuatannya. “Jangan lupa ayak ulang gula halus saat hendak dimasukkan kedalam adonan. Pastikan tidak ada gumpalan”, begitu pesan Fatmah Bahalwan instructur yang mengajar dikelas kali ini.
Tiger Roll - 4Kulit tiger sengaja dibuat dioven yang ada didalam kelas, supaya setiap peserta kursus dapat melihat proses adonan mengkerut dan menjadi motif loreng-loreng persis seperti kulit harimau (Tiger).

Proses memanggang kulit tiger sangat cepat. Sehingga setelah istirahat makan siang dan sholat, kelas kembali dengan acara melapisi bolu gulung yang sudah jadi dengan kulit tigernya. Maka jadilah bolu gulung yang sangat cantik dan berkulit loreng. Chocolate Tiger Roll cake adalah bolu gulung cokelat yang dilapis kulit tiger. Pandan Mini Tiger Roll yang berwarna hijau. Black Devil Tiger Roll Cake adalah bolu gulung Hitam dan yang merah bernama: Red velvet Roll Cake.

Ahaa, tidak sulit rupanya membuat Tiger Roll Cake seperti yang ada di bakery dan di Mall. Mrs. Joti yang asli India bilang :” I love the Pandan Roll Cake, very deliciouse, very tasty”. Sementara Edith yang datang dari Kanada lebih suka yang Black Devil, tapi Sherly yang asli China dan Ibu Kadir dari Papua suka yang Red Velvet. Kelas kali ini seperti kelas Internasional karena siswanya datang dari berbagai penjuru. Dapur menyatukan kami semua.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment